BNN Bersama GPAN Dorong Artis Pengguna Narkoba Lapor ke IPWI

Pasang Iklan Disini





Wikimedan – Maraknya pengguna narkoba setiap tahunnya, membuat banyak korban dari berbagai kalangan maupun usia. Tahun 2018 ini pun cukup banyak artis yang tertangkap karena menggunakan narkoba. Sebut saja, Jenifer dunn, Roro Fitria dan banyak lagi.





“Menurut penelitian BNN kes UI tahun 2017 ini, 1,7 persen dari pengguna penduduk Indonesia penyalah guna. Itu di jumlahkan sekitar 3,03 juta orang,” kata Kasie Lingmas Subdit lingjamas Dit Peran Serta Masyarakat Dep Bid Dayamas BNN Ujar Agus YD, dalam diskusi di kantor BNN Jakarta, Selasa (30/10).





Namun tidak dipungkiri, beberapa artis Indonesia yang terjerat kasus narkoba hanya dijatuhkan hukuman rehabilitasi. Hal ini dianggap tidak menimbulkan efek jera, sehingga ada saja artis yang tertangkap karena penyalahgunaan narkoba.


BNN Bersama GPAN Dorong Artis Pengguna Narkoba Lapor ke IPWI

Infografis artis terjerat kasus narkotika dari Februari 2017-Februari 2018. (Rofiah Darajat)





“Jangan dilihat public figure artisnya ini kepada siapapun artis, buktinya Roro divonis tidak direhab. Tapi, siapapun yang dia korban pecandu itu perlu kita rehabilitaai. Bagi korban dan pencandu sebelum kena proses hukum apabila melaporkan diri kepada instansi tidak akan dituntut pidana, kecuali sudah tertangkap harus koopratif,” ujar Ketua GPAN (Generasi Peduli Anti Narkoba), Siswandi.





Oleh karena itu, BNN bekerja sama dengan GPAN siap membantu rekan artis yang merasa kecanduan narkotika tetapi ingin sembuh. Caranya, dengan melapor ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWI).





“Kami punya program rehabilitasi narkoba gratis. Jadi, para pemakai, pengedar, tolong ke institusi penerima wajib lapor (IPWL),” ujar Agus YD.






Sementara itu, mewakili artis, Elly Sugigi mendukung agar para artis dan anak muda untuk berkarya tanpa narkoba. Menurutnya, tanpa narkoba atau minuman keras, anak muda bisa berkreasi dengan baik.






“Aku masih bisa dugem. Aku masih bisa joget tanpa menggunakan narkoba atau minum alkohol. Ada temen yang nggak mau ngajak saya karoke karena saya nggak minum alkohol, ya udah nggak apa-apa. Buktinya umur saya 47 tahun saya masih sehat,” ujar Mpok Ely.





Kemudian, dia berharap tidak ada lagi artis-artis yang tertangkap karena penyalahgunaan narkoba, dan berhenti menggunakan narkoba.





(agi/JPC)



Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/entertainment/31/10/2018/bnn-bersama-gpan-dorong-artis-pengguna-narkoba-lapor-ke-ipwi

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *