Bersihkan Noda Pada Peralatan Dapur dengan 7 Bahan Rumahan









Wikimedan – Membersihkan dapur adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang lumayan melelahkan untuk dilakukan. Terlebih untuk membersihkan kerak atau noda membandel pada peralatan dapur.







Menurut penelitian yang dilakukan NSF International -sebuah organisasi kesehatan dan keselamatan publik- terungkap kalau ruang paling kotor adalah dapur. Sehingga diperlukan langkah mudah dan cepat agara dapur kembali bersih dan makanan yang dimasak tetap higienis.







Tapi tahukah Anda, kalau membersihkan noda membandel bisa dilakukan dengan bahan-bahan rumahan. Disamping sabun cuci, ada tujuh bahan rumahan yang ampuh mengusir kerak atau noda seperti dilansir dari Mind Body Care, Senin (22/10). 


tips bersihkan dapur, peralatan dapur,

Ilutrasi. Noda kopi pada cangkir dapat dibersihkan dengan baking soda. (Unsplash)







1. Talenan Dibersihkan dengan Lemon dan Garam 







Mengingat bahwa talenan rata-rata memiliki sekitar 200 persenlebih banyak bakteri, menjaga kebersihannya sangatlah penting. Tidak perlu menggunakan pembersih mahal untuk membersihkannya, ternyata lemon dan garam kasar dapat menghilangkan kuman dan kotoran tersembunyi.







2. Bersihkan Besi yang Hangus dengan Garam








Singkirkan bagian hangus di peralatan masak besi Anda dengan trik sederhana ini. Sebarkan beberapa sendok makan garam meja di atas kain lembut dan gosokkan besi yang dipanaskan dengan maju mundur sampai tanda hangus menghilang. Setelah dingin, gosok dengan kain basah.








3. Hilangkan Noda Kopi Mug/Cangkir dengan Baking Soda







Kopi selalu meninggalkan noda pada cangkir. Biasanya agak sulit menghilangkannya jika dicuci dengan sabun biasa. Caranya dengan memakai baking soda. Taburkan bubuk baking soda pada noda, basahi dengan sedikit air. Setelah sepuluh menit, gosok lembut bagian dalam cangkir dengan sedikit baking soda pada kain lembab. Setelah itu noda dapat dibilas.







4. Oleskan Minyak Kelapa Untuk Barang Terbuat dari Kayu







Minyak kelapa bermanfaat untuk membuat lemari atau meja kayu menjadi mengkilap. Minyak  juga dapat menghilangkan kotoran dan partikel debu sementara kandungan asam lauratnya membunuh mikroba.







5. Cuci Bagian Dalam Botol dengan Beras







Botol dengan leher sempit akan sulit untuk membersihkannya. Cobalah menggunakan air, sabun, dan sedikit beras. Caranya dengan mengocok botol. Bagian dalam botol tentu akan bersih seketika.







6. Lawan Minyak dengan Minyak







Dapur yang terkena minyak sangat sulit dibersihkan, terutama jika Anda mencoba menggunakan sabun. Teteskan sedikit minyak sayur lalu bersihkan dan gosok seperti biasa. Kemudian keringkan.







7. Bersihkan parutan keju dengan Kentang







Membersihkan keju yang kering dari parutan bukanlah hal yang mudah. Untuk membersihkannya, parut kentang pada parutan keju tersebut. Alhasil keju akan terdorong dari sela-sela parutan dan semakin mudah dibersihkan.







(Inr/JPC)




Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *