Berita : Begini Langkah Jasa Marga Antisipasi Lonjakan Arus Balik Tahun Baru

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Malam pergantian tahun telah berlalu. Musim libur di akhir tahun pun segera berakhir. Menghadapi arus balik libur Tahun Baru 2019 kali ini, PT Jasa Marga memprediksi peningkatan volume lalulintas arus balik yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Jakarta sebanyak 95.000 kendaraan, atau meningkat 76 persen dari lalin normal yaitu 53.849 kendaraan.

Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti mengatakan, peningkatan lalin yang juga signifikan diprediksi terjadi di GT Ciawi 2 (arah Jakarta), yaitu sebanyak 44.614 kendaraan, atau meningkat 112 persen dari lalin harian normal sebesar 21.089 kendaraan, serta peningkatan volume lalin di GT Pasteur arah Jakarta 34,69 persen yaitu sebanyak 36.606 kendaraan, dari volume lalin normal sebesar 27.177 kendaraan.

Sejumlah antisipasi telah disiapkan Jasa Marga menghadapi lonjakan aruas balik ini. Diantaranya, optimalisasi gardu operasi di gerbang tol, penggunaan gardu reversible untuk mengurangi antrean di gerbang tol, serta melayani pembelian dan top up uang elektronik di beberapa gerbang tol dan rest area.

Ilustrasi lalu lintas di jalan tol (DOK.JAWAPOS.COM)

Disamping itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk melakukan Contra Flow dan distribusi beban lalulintas jika dibutuhkan, serta penertiban pembatasan operasi angkutan barang sesuai Keputusan Menteri Perhubungan

Gua mempercepat penanganan gangguan, Jasa Marga juga menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan, khusus untuk di Jalan Tol Jagorawi, dan melakukan kanalisasi pada akses setelah GT Cibubur 2 untuk mengantisipasi crossing dan perlambatan kendaraan pengguna jalan dari arah Puncak (saat one way turun diberlakukan)

“Sedangkan khusus untuk GT Cikarang Utama, jika terjadi antrean dan atas diskresi Kepolisian, lalin akan dialihkan ke GT Cikarang Barat untuk kemudian masuk kembali melalui Kanal GT Cikarang Utama,” ujarnya.

Selain itu, Jasa Marga melakukan zoning rest area untuk memudahkan pengguna jalan sesuai dengan kebutuhannya dan penyiapin Rest Area Monitoring System yang menginformasikan ketersediaan parkir di rest area tersebut.

(mys/JPC)

Kategori : Berita Nasional
Sumber : https://www.jawapos.com/humaniora/01/01/2019/begini-langkah-jasa-marga-antisipasi-lonjakan-arus-balik-tahun-baru

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *