Berdalih Butuh Regenerasi, BAM Minta Para Sponsor Bersabar

Daftar Indodax

Berita Badminton : Segalanya tampak kurang cerah secara finansial untuk Federasi Badminton Malaysia (BAM) setelah kepergian beberapa pemain kunci di tim nasional. Akan tetapi, mereka meminta para sponsor untuk bisa bersabar dan kesuksesan pasti akan datang.

Presiden BAM Datuk Seri Norza Zakaria mengakui bahwa beberapa sponsor utama mereka gelisah dengan perkembangan terakhir di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM). Norza tentu berkisah seperti sebelumnya di mana sekretaris BAM Datuk Ng Chin Chai dan manajer umum Michelle Chai juga meyakinkan bahwa semua baik-baik saja dengan sponsor, menyusul pengunduran diri para peraih medali perak Olimpiade Rio, yakni Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan Goh V Sem/Tan Wee Kiong.

Norza mengakui bahwa langkah berani BAM untuk melepaskan empat pemain bintang mereka membuat para sponsor merasa tidak puas. Dia juga meminta pengertian tentang perlunya menyingkirkan para senior dan membuka jalan bagi para pemain muda. BAM saat ini memiliki dua sponsor utama dengan Victor dan Celcom Axiata yang masing-masing kontrak sebesar RM 60mil atau berkisar 206 miliar rupiah dan RM 34mil atau berkisar 117 juta rupiah.

“Memang benar bahwa kami menghadapi tantangan (berurusan dengan sponsor), tetapi kami mengharapkannya dan akan menghadapinya,” kata Norza setelah memimpin rapat dewan BAM kemarin (20/1).

“Selama bertahun-tahun, bulu tangkis Malaysia ditentukan oleh beberapa individu termasuk Lee Chong Wei. Kami menjelaskan kepada para sponsor tentang rencana kami untuk bergerak maju. Kami ingin membangun pemain kuat untuk Tokyo 2020 dan Paris 2024,” ungkapnya.

“Tim nasional membutuhkan generasi pemain baru untuk menggantikan yang lama dan BAM berada di jalur yang tepat untuk mengantarkan mereka. Kami membutuhkan semua dukungan,” Norza menambahkan.

Norza juga terkesan dengan penampilan Goh Jin Wei (18 tahun), Lee Zii Jia (20), Aaron Chia (22) dan Soh Wooi Yik (21) di turnamen Malaysia Masters yang berakhir pada pekan lalu di Axiata Arena.

“Pemain profesional Daren Liew, V Shem, Wee Kiong, Peng Soon dan Liu Ying semuanya berusia 30-an. Mereka bermain dengan baik dan ini menyenangkan kami karena menciptakan kompetisi yang sehat,” kata Norza.

“Kami ingin melihat pemain yang lebih muda tinggal di BAM, sementara yang lebih tua terus mewakili Malaysia sebagai pemain tak terikat,” tegasnya.

Norza juga mengungkapkan bahwa BAM akan menghemat pengeluaran RM1mil atau berkisar 3,4 miliar rupiah dengan kepergian keempat pemain senior tersebut. BAM mengeluarkan biaya setidaknya RM250.000 atau berkisar 861 juta rupiah setahun untuk membiayai masing-masing pemain.

“BAM telah berinvestasi dengan mereka selama lebih dari 15 tahun. Dalam dua tahun terakhir, kami telah menginvestasikan rata-rata RM250.000 untuk masing-masing pemain,” pungkasnya.

Artikel Tag: Goh Jin Wei, Lee Zii Jia, lee chong wei


Kategori : Berita Olahraga

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *