Berawal dari 3 Ekor, Pria Ini Bisa Beternak Ratusan Domba hingga Raih Omzet Ratusan Juta

Daftar Indodax

Berawal dari 3 Ekor, Pria Ini Bisa Beternak Ratusan Domba hingga Raih Omzet Ratusan Juta. Kaum milenilal zaman sekarang, tampaknya lebih memilih kerja kantoran dibandingkan membangun usaha sendiri. Alasannya kerja kantoran mendapatkan gaji yang jelas tiap bulan, tak seperti berbisnis yang mengalami pasang surut. Namun berbeda dengan Ahmad Rizal Firmansyah.

Seorang pemuda asal Mojokerto, Jawa Timur, tersebut justru tak tertarik bekerja memakai seragam rapi di gedung perkantoran. Ia menjalankan usaha sebegai peternak domba. Kini omzetnya pun mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan. Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Pilih ternak kambing lantaran tak mau terkekang jadi pekerja

Setelah lulus SMA, Rizal pernah bekerja di pabrik. Namun ia tak betah terikat dengan sistem waktu yang ketat. Orang tua Rizal sempat memintanya mengikuti tes PNS, tapi Rizal mengaku tak tertarik lantaran gaji PNS yang tidak terlalu besar. Akhirnya ia berpikir untuk merintis usaha sendiri.

Rizal mengenal dunia peternakan dari ayah temannya pada 2017 silam. Alumni SMAN 1 Gondang itu terus memperdalam ilmu berternak domba dan memperluas relasinya. Mulai dari berkunjung ke peternakan hingga pasar hewan, ia lakoni demi mengetahui segala hal tentang dunia peternakan.

Jatuh bangun berternak domba

Awal membangun usaha, Rizal hanya sanggup membeli tiga domba dan sempat mengalami kesulitan untuk merawat domba-domba tersebut. Bahkan Rizal pernah ditipu oleh belantik yang menjual domba dengan harga murah. Ternyata domba tersebut kurang sehat dan mati saat dirawat Rizal, hingga ia mengalami kerugian yang cukup besar. Alhasil, ia harus menggadaikan BPKB motor demi menutupi kerugian tersebut. Rizal juga kerap dipandang remeh lantaran usiannya yang masih muda.

Namun Rizal tak patah semangat. Ia memutuskan untuk menimba ilmu dari sejumlah peternak dari berbagai daerah, seperti Kediri dan Pasuruan. Pemuda berusia 23 tahun ini juga rela menginap berhari-hari di rumah peternak tersebut.

Berbisnis pakan ternak

Berhasil menjadi peternak domba yang sukses, tak membuat Rizal puas. Ia mengembangkan usahanya dengan menjual pakan ternak. Dalam sehari, Rizal mampu memproduksi 1,5 hingga 2 ton pesanan pakan ternak dari para pembeli. Pakan ternak miliknya dibanderol seharga Rp3 ribu per kilogram. Rizal mengaku bisa meracik pakan ternak, berkat belajar dari sahabat baiknya di Magetan, Jawa Timur.

Raup omzet jutaan rupiah

Berkat kerja kerasnya, kini Rizal memiliki 540 domba di peternakan. Harga jualnya mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 juta, tergantung bobot dari domba tersebut. Selama PPKM, penjualan domba milik Rizal justru meningkat. Dalam sebulan, Rizal mampu menjual 100 hingga 200 ekor domba. Omzet yang didapat Rizal dari beternak domba dan menjual pakan ternak pun sangat fantastis. Rizal berhasil mengantongi Rp100 juta tiap bulannya.

Domba milik Rizal diburu pembeli jelang Idul Adha

Mendekati Hari Raya Iduladha, domba milik Rizal semakin diminati pembeli lantaran harganya yang relatif lebih murah dibandingkan kambing jenis lain. Menurut Rizal, kebanyakan pembelinya adalah yayasan dari luar Mojokerto, seperti Solo dan Jogja. Omzetnya pun mengalami peningkatan karena banyaknya pesanan saat hari raya.

Tekad kuat Rizal dan ketekunannya menjadi peternak domba, mampu mendatangkan berkah bagi banyak orang. Ia berhasil melunasi utang-utang dan membiayai orang tuanya. Rizal juga membuka lapangan pekerjaan dengan merekrut karyawan dari masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *