Begini Cara Memindahkan Semua Aplikasi Dari Hp Lama Ke Hp Baru

Wikimedan – Apakah kalian baru saja membeli atau berganti Hp dengan yang baru? Tentu kalian ingin semua data pada Hp lawas kalian tersebut dipindahkan ke Hp baru kalian kan?, termasuk memindahkan semua aplikasi yang ada didalamnya.

Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu, kuota data dan menjamin data-data tersebut tetap aman.

Pasalnya, alih-alih mendownload ulang semua aplikasi yang tentunya butuh kuota internet yang banyak, memindahkan aplikasi dari hp lama kalian ke perangkat baru bisa menjadi solusinya.

Terutama untuk kalian pengguna smartphone Android, cara memindahkan semua aplikasi ini bisa kalian dengan mudah.

Bahkan, untuk beberapa brand tertentu misalnya Samsung sudah menyediakan fitur bernama smart switch mobile, dimana dengan bantuan aplikasi ini pengguna bisa dengan mudah memindahkan aplikasi di hp samsung lama ke hp android samsung yang baru.

Tapi, jika kalian menggunakan brand atau merk smartphone lain yang belum di bekali dengan fitur tersebut, atau kalian ingin memindahkan aplikasi dari Hp samsung ke Hp merk lain maka kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan ini.

Cara Memindahkan Semua Aplikasi Dari Hp Lama Ke Hp Baru

Untuk membantu proses “pindah rumah” semua aplikasi dari perangkat lawas ke perangkat baru kalian, disini kita membutuhkan bantuan aplikais yang bernama CLONEit.

Aplikasi ini gratis, dan bisa kalian unduh lewat Google Play Store. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan berikut:

  • Pertama silahkan download leboh dahulu aplikasi CLONEit, lalu install di kedua ponsel kalian, baik yang lama maupun yang baru.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut di kedua smartphone. Pastikan kalian sudah memberikan hak akses aplikasi lebih dahulu.
  • Ketika aplikasi sudah terbuka, untuk Hp android yang lama kalian atur sebagai pengirim. Sementara untuk Hp android baru kalian atur sebagai perangkat penerima.
  • Kemudian sistem dari apalikasi akan mendeteksi perangkat yang di gunakan. Ketika sudah terkoneksi maka tampilan layar Hp pengirim kalian menampilkan folder yang berisi aplikasi, kontak, musik, video dan semua data yang ada di Hp lama.
  • Silahkan centang folder mana yang akan dipindahkan, lalu tekan tombol mulai.
  • Tunggu hingga proses pengiriman file aplikasi selesai. Lamanya proses tergantung dari banyaknya aplikasi atau data yang dikirrim.
  • Ketika sudah terkirim semua, kalian bisa mencopot aplikasi tersebut atau tetap membiarkan saja.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara memindahkan semua aplikasi, data, kontak ataupun file lain dari perangkat Android lawas ke yang baru.

Cara ini cukup efektif dan efisien dibanding harus memindah aplikasi satu persatu. Oh ya, untuk link download aplikasi  CLONEit kita tidak menyertakan dalam artikel pembahan ini.

Kalian bisa mencari dan mengunduhnya di Google Play Store dengan mengetikan kata kunci nama aplikasinya.

Selamat mencoba dan semoba berhasil.

(ikhsan)

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *