Bantu Banyak Orang yang Membutuhkan, Ini 5 Kegiatan ARMY Indonesia yang Nggak Cuma Ngefans

Daftar Indodax

Bantu Banyak Orang yang Membutuhkan, Ini 5 Kegiatan ARMY Indonesia yang Nggak Cuma Ngefans. ARMY merupakan sebutan untuk para fans yang mengidolakan grup asal Korea Selatan, BTS atau Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan. Kumpulan penggemar ini tersebar di berbagai negara di dunia termasuk juga di Indonesia. Seperti fans pada umumnya, ARMY biasanya hadir di momen-momen seperti konser, fan meeting, hingga peluncuran kolaborasi seperti BTS Meal yang belakangan heboh.

Tapi kali ini kita tidak akan melihat ARMY dari sisi itu saja. Ada sisi lain ARMY yang kami rasa akan membuatmu kagum. Atau mungkin, akan membuatmu ingin juga bergabung dan menjadi fans BTS juga. Memang apa sih yang mereka lakukan di luar ngefans oppa-oppa ini?

Kumpulkan ratusan juta donasi untuk ojol saat hype BTS Meal

Kamu pasti tahu dong kehebohan yang terjadi di awal bulan Juni 2021 lalu? Yup, BTS meluncurkan kolaborasi dengan restoran fast food McDonald’s dengan nama BTS Meal. Dan tentu saja, menu spesial ini disambut antusias oleh para ARMY. Karena BTS Meal ini hanya bisa didapatkan melalui Drive Thru, pesan-antar McDonald’s, dan jasa ojek online saja, maka antrian mengular pun tak terelakkan.

Tapi tak sekadar antusias dengan BTS Meal saja yang dipersiapkan para penggemar BTS. Melalui Kitabisa, ARMY menggalang donasi untuk para ojol dengan tujuan berbagi kebahagiaan bersama. Sampai campaign berakhir beberapa hari lalu, dana yang dikumpulkan tembus Rp262 juta loh! Dana yang dikumpulkan ini disalurkan oleh Kitabisa melalui partner penyaluran di lapangan.

Donasi kasih swab gratis untuk driver ojol

Masih berkaitan dengan hype BTS Meal di Indonesia. ARMY tak hanya menggalang donasi untuk berbagi makanan bagi para ojol, tapi juga memberikan swab gratis! Seperti yang kita tahu ya, BTS Meal ini hadir ketika Indonesia masih dilanda pandemi. Kerumunan yang disebabkan oleh antrian ojol dan drive-thru tentu bisa menjadi kluster penularan COVID-19.

Demi mengantisipasi serta menghargai jasa mbak dan mas ojol, dari laman Kitabisa ARMYTEAMID ini menggalang donasi untuk swab sejak tanggal 10 Juni 2021. Hingga waktu donasi berakhir, dana yang dikumpulkan hampir Rp60 juta lho. Dana ini kemudian digunakan untuk memberi swab gratis bagi ojol serta paket Health Kit berupa vitamin C, masker dan hand sanitizer.

Donasi 600 juta untuk korban bencana alam

Masih lekat di ingatan kita, pada awal tahun 2021 Indonesia bagai dilanda bencana yang bertubi-tubi. Kalimantan Selatan dilanda banjir hebat, Sulawesi Barat digoyang gempa berkekuatan tinggi. Ini membuat para ARMY prihatin serta berkeinginan untuk membantu. Karenanya, mereka mengerahkan kekuatan melalui laman Kitabisa.

Hingga periode penggalangan dana berakhir, sudah hampir Rp700juta yang terkumpul. Untuk siapa dan apa sajakah dana ini? Dari laman donasi disebutkan, “Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk membantu kebutuhan masyarakat di sana seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.” Dan agar dana ini amanah, setiap penyaluran di-update melalui laman tersebut. Sejauh ini terlihat, ARMY sudah membantu korban banjir bandang di NTT, membangun kembali masjid di Majene serta membuat hunian untuk korban banjir di Kalimantan Selatan.

Sumbang 100 terumbu karang untuk konservasi bahari dalam rangka ultah SUGA BTS

9 Maret 2021 lalu, salah satu member BTS, SUGA merayakan hari ulang tahunnya yang ke-28 (29 usia Korea). Tentu saja, penggemarnya dari seluruh dunia merayakan dengan cara yang unik dan berbeda-beda. Dari Indonesia misalnya, bukan pesta tapi donasi untuk konservasi bahari yang ada di Desa Morella, Ambon, Maluku.

Acara ulang tahun SUGA BTS ini dinamai dengan proyek SeaSuga dimana para ARMY menyumbang 100 terumbu karang untuk ditanam dilaut. Selain itu, mereka juga memberikan peralatan tulis seperti buku, papan tulis hingga krayon.

Tanam 500 bibit mangrove di Kalimantan untuk rayakan ultah JHope BTS

Hal yang sama juga terjadi ketika JHope BTS berulang tahun pada Februari 2021 lalu. Bedanya, ARMY mengumpulkan donasi yang kemudian disalurkan dalam bentuk bibit mangrove. Bibit tersebut, yang berjumlah 500, ditanam di Bontang Mangrove Park, Kalimantan Timur.

Coba bayangin deh ada satu blok hutan yang semua pohonnya kita kasih nama J-Hope Forest.Wah, kita gak cuma bikin J-Hope seneng, alam pun bakal ikut tersenyum.” tulis BTS ARMY INA PROJECT selaku penggagas donasi. Untuk mewujudkan JHope Forest ini, ARMY bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan.

Perlu diakui bahwa yang kami sebutkan di atas ini masih sedikit dari begitu banyak hal baik yang dilakukan oleh penggemar BTS. Ada yang secara individu memberikan sembako untuk ojol yang rela antri lama untuk mendapatkan BTS Meal, ada juga yang membantu dengan memberi tip besar. Ini tentu membuktikan bahwa kekuatan penggemar jika disalurkan dengan baik pun akan membawa kebaikan untuk sekitar. Jadi tak sekadar fangirling atau fanboying untuk diri sendiri, namun juga untuk mereka yang membutuhkan. Borahae, ARMY!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *