7 Cara Pengiriman Frozen Food Dalam dan Luar Kota – Termurah

Daftar Indodax

Pengiriman frozen food menjadi hal penting bagi anda yang terjun bisnis makanan beku ini. Kita beruntung sekali, sekarang banyak pilihan yang murah. Tahukah anda bahwa mengirim frozen food dari jakarta ke surabaya bisa hanya dengan Rp 2.000 per Kg? kita akan bahas hari ini.

Artikel ini saya buat berdasar pengalaman saya dan sharing beberapa pelaku usaha frozen food di Indonesia. Saya sangat senang jika anda menambahkan daftar cara pengiriman frozen food agar mempermudah teman teman kita yang sedang memulai dan mengembangkan bisnis ini.

Saya akan membagi artikel ini menjadi empat bagian, yakni pengiriman dalam kota, luar kota, Tips membungkus agar awet  dan Tips penting jika pengiriman terlambat.

Pengiriman Frozen Food Dalam Kota

Mengirim di dalam kota artinya memastikan frozen food sampai ke tangan konsumen hari itu juga.

1. Menggunakan Kurir Instan Gojek atau Grab

Ini sangat gampang. Anda atau pelanggan cukup memesan gosend dari gojek atau grab express dari grab.  15 menit kemudian barang sudah sampai ke pelanggan. Dengan metode ini frozen food insya allah tidak akan cair. Customer senang, order kembali datang

Kelebihan pengiriman jenis ini adalah :

  • Kurir Gojek atau Grab datang menjemput paket.
    ya, anda cukup di rumah saja dan order via aplikasi.  Beberapa menit kemudian kurir gojek atau grab akan datang menjemput frozen food anda.
  • Cepat.
    Tukang Ojek anda akan mengantar langsung frozen food anda ke pelanggan tanpa mampir mampir untuk urusan administrasi. Untuk jarak dekat hanya beberapa menit sampai.
  • 24/7
    Sungguh, anda bisa mengirim kapan saja. Jam 11 malam pun anda bisa order gosend dan grab express.
  • Bisa dilacak
    Anda bisa menggunakan handphone untuk melacak sudah sampai mana frozen fod anda. Realtime dan tersambung dengan google map.
  • Untuk daerah kota sangat banyak
    Nah jika anda ada di kota menengah atau besar, seperti semarang, bandung, malang , jakarta dan sejenisnya maka
  • Banyak diskonnya
    Yes. Startup gojek dan grab masih di periode bakar uang jadi sering promo.
  • Terhubung dengan ecommerce seperti tokopedia, shopee
    Grab Express dan Go Send menjadi pilihan pengiriman di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada. Ini sangat membantu anda yang menjual frozen food melalui marketplace.
  • Banyak penggunanya
    Tahukah anda bahwa gojek sudah diinstall lebih dari 3juta orang. ini artinya pengiriman ini adalah pilihan yang bagus untuk target pasar milenial atau orang yang biasa menggunakan smartphone

Kelemahan

Iya, Kurir instan via ojek online ini punya kelemahan lho. Yuk simak

a. Hanya tersedia di kota atau kabupaten yang ramai milenialnya.

Tidak dipungkiri bahwa pasar terbesar gojek dan grab adalah kota atau kabupaten yang banyak mahasiswa atau orang kantoran. Misal anda di semarang, Malang, Bandung atau Jakarta maka ini bukan masalah. Nah kalau anda ada di Batang Jawa Tengah atau Tapanuli utara, maka mencari gojek mungkin agak susah

b. Satu Gosend hanya bisa mengantar ke satu tujuan

Misalnya anda mendapat 3 order dari kawasan perumahan X, meskipun berdekatan anda tidak bisa menyuruh tukang gojek untuk mengantarkan ke 3 lokasi. Ia hanya bisa mengantar ke satu lokasi sesuai order.

Padahal ya kalau bisa 3 lokasi sekaligus mungkin lebih hemat dan pelanggan anda senang.

C. Biaya relatif mahal

Target pasar adalah kelas menengah ke atas. Jika frozen food anda seharga 50.000 per bungkus dan ongkir 20.000 saya rasa masih masuk akal. Nah jika anda berjualan frozen food seharga 5.000 – 10.000 maka menggunakan gojek akan berat di ongkir.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menyarankan pelanggan untuk memesan lebih banyak atau patungan dengan temannya.

2. Anda kirim sendiri

Iyes dikirim sendiri. Saya tidak bercanda. Saya beberapa kali belanja online via socmed dan saya kagum dengan penjualnya karena mau mengirim sendiri.

Triknya adalah kumpulkan dulu order, misalnya sampai jam 4 sore lalu kirim dalam satu kali jalan. Ini akan lebih hemat.

Pengririman Frozen Food ke Luar Kota

Sekarang makin banyak pelanggan luar kota yang memesan frozen food. Ini adalah peluang cuan. Yuk kita simak cara hemat mengirim ke luar kota. Pelanggan senang anda untung.

3. Rail Express PT KAI : Juara kirim Paling murah

Saat di Jogja, Saya pernah membeli lumpia boom dari purwokerto untuk diantar ke Jogja. Tahukah anda bahwa biayanya ongkos kirimnya hanya 10.000 rupiah. Malah kurang. Padahal saya pesan 5 Kilo gram

Setelah melakukan berbagai pengecekan dan mendengarkan para  pengusaha frozen food maka dapat saya simpulkan bahwa pengiriman rail express KAI adalah yang termurah.

Kelebihan Rail Express untuk mengirim frozen food

Harganya murah. Lihat tabel di bawah ini. Tarif jakarta Bandung hanay Rp 600 / Kg. Anda mengirim frozen food 6 Kg dari jakarta ke Bandung hanya Rp 3.600

Cara Mengirim frozen food melalui kereta api alias KAI Rail Express

Saya sangat menyarankan anda menggunakan styrofoam box untuk mengirim ke luar kota. Lebih bagus lagi jika menggunakan ice gell.

Tulis lengkap alamat pengirim dan pembeli. Meskipun pembeli harus mengambil di stasiun, anda tetap harus menulis alamat lengkap dan nomor HP pembeli. Bisa juga ditulis dari stasiun mana ke stasiun mana.

Datang ke KAI logistik di stasiun terdekat, bilang ke petugas bahwa anda mengirim makanan beku atau frozen food. Petugas akan menimbang lalu anda membayar. Pastikan data yang ditulis oleh petugas benar.

Pengiriman biasanya dilakukan malam hari dan besok pagi makanan sudah sampai. Pembeli bisa mengambil langsung frozen food tersebut di stasiun terdekat.

Kelemahan KAI Rail Express

Menurut pengalaman saya, berikut kelemahan metode pengiriman ini.

  • Pembeli harus mengambil sendiri di KAI Logistik. Pengambilan dilakukan outdoor. Ini adalah konsekuensi memilih biaya kirim paling murah.
  • Hanya menjangkau daerah yang ada stasiunnya

4. Paxel

Ada Jasa Kurir baru, namanya Paxel. Dia akan menjemput paket langsung di rumah anda lalu mengantarkannya. Mirip seperti gojek tetapi bisa ke luar kota.

Lebih kerennya, Paxel menjanjikan same day delivery untuk beberapa lokasi. Mereka juga punya freezer di Stationnya (konter).

Untuk Jarak Jauh, misalnya Surabaya Bogor, bisa sampai dalam waktu satu hari.

Cara mengirim dengan paxel adalah anda harus menginstall dulu aplikasi paxel dari google play lalu tinggal order.

Kelemahan pengiriman paxel

Paxel makin populer. Sekarang ini sepertinya mereka dalam periode menjadi besar atau kewalahan. Saya mendoakan agar jasa kurir ini semakin baik karena sangat membantu pebisnis frozen food.

Berikut ini kelemahan paxel menurut pengalaman beberapa penggunanya. Banyak Review positif, ini hanya contoh sedikit yang negatif.

  • Paket diterima malam hari. Ini karena Paxel makin populer jadi mereka harus mengantarkan ke banyak lokasi. Akibatnya mungkin paket anda diterima pelanggan saat malam hari.
  • Paket mencair.  Iya, ada pengguna yang mengatakan paket paxel baru diterima terlambat, akibatnya mencair. Jika ini terjadi, anda harus komplain ke Paxel agar mendapat ganti rugi. Kurangi resiko mencair dengan menambah ice gell atau styrofoam box.

5. Bus Antar Kota Antar Propinsi Antar Pulau

Bus adalah cara yang bagus untuk pengiriman luar kota jarak jauh. Misalnya Jakarta Solo atau Jakarta Medan.

Kelebihan pengiriman via bus adalah murah dan cepat sampai. Bayangkan saja, Jakarta Solo hanya sekitar 7 jam alias same day delivery, sampai di hari yang sama.

Kelemahan pengiriman melalui bus adalah penjual harus datang ke terminal atau pool  untuk mengantar dan pembeli harus datang ke terminal atau pool untuk mengambil. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menunggu bus di jalan yang dia lewati yang dekat dengan lokasi anda.

6. Travel atau Shuttle Antar Kota

Untuk pengiriman antar kota yang tidak jauh, anda bisa menggunakan travel. Ini sangat murah.

Misalnya Semarang Jogja. Hanya 2-3 Jam sampai. Biasanya juga murah, 10.000 per Kg. Setelah KG ke 5 biasanya harga makin murah, misalnya RP 2.000 per KG.

Kelemahan mengirim frozen food via travel.

Pembeli harus mengambil paket di pool. Meski demikian ada juga travel yang menawarkan port to door alias mengirim sampai rumah pelanggan anda.

Trik lain adalah coba mencari travel plat hitam, mereka biasanya lebih fleksibel untuk masalah pengiriman.

7. Ekspedisi umum seperti JNE YES atau PosExpress

Betul. Ini sudah sejak dulu ada. JNE YES atau POS  yang satu hari sampai adalah pilihan untuk pengiriman frozen food.

Kelemahan metode ini biasanya ada di biaya. Biayanya tidak murah.

8. Cargo Frozen Food

Anda ingin mengirim dalam jumlah banyak? Solusinya adalah sewa Cargo 1 truk. Pastikan cargo yang anda sewa memiliki freezer di Boxnya.

Cara Mengirim Frozen Food ke luar kota agar aman

Bagiamana agar frozen food anda tahan lama? Tidak mencair di tangan pelanggan? Yuk simak caranya

Vacuum selaer

Vacum sealer adalah alat untuk menghilangkan udara dari frozen food anda. Teknik ini terbukti secara ilmiah membuat frozen food makin tahan lama.

Styrofoam Box

Styrofoam box dilem rapi agar tidak ada udara keluar. Ini sangat bagus untuk mengirim frozen food.

Anda bisa membeli styrofoam box di pasar, penjual sosis, maupun toko online.

Kardus yang dalamnya diberi styrofoam lembaran lalu dikarungi

Bagi sebagian orang, Styrofoam box terasa mahal. Alhamdulillah, Seorang pebisnis frozen food dari Solo bernama Nur fajar Rahman membagikan trik untuk mengatasi masalah ini.

Solusinya adalah anda mengirim dengan kardus dan memasukkan styrofoam lembaran di dalam tepi kardus. Ini nanti berfungsi seperti styrfoam box. lebih bagus lagi jika dibungkus karung.

Ice Gel

Ice Gel  ini seperti es batu tetapi dari gel. Membuat frozen food lebih awet.

Kelemahan Ice Gel adalah harganya yang lumayan. Sekitar 10-15 ribu per biji. Tanyakan ke pelanggan apakah mau ditambah ice gel atau tidak.

Tips Penting jika gagal kirim

Mengirim frozen food dalam jumlah banyak ke banayk pelanggan bukan perkara yang sepele ya teman. Anda harus memastikan barang sampai agar pelanggan melakukan repeat order. Nah bagaimana kalau kiriman terlambat.

Komplain ke jasa pengiriman, minta ganti rugi.

Misalnya anda menggunakan paxel, ya tinggal komplain sama paxelnya. Anda menggunakan jasa JNE YES, ya tinggal komplain sama JNEnya.

Anda atau customer sama sama bisa komplain. Pandu agar komplain berhasil dan mendapat genti rugi senilai produk yang dikirim.

Atasi komplain Customer

Saat customer komplain maka jangan pernah menyalahkan customer tersebut. Jika dia menelpon atau chat, dengarkan dengan penuh empati. Posisikan anda adalah custmer yang dirugikan

Dari 100 pelanggan mungkin hanya 1 atau 2. Jika tidak signifikan anda bisa mengirimkan ulang frozen food agar pelanggan bahagia dan menulis pengalamannya di sosmed.

Tahukah anda bahwa berbisnis frozen food bisa dimulai dengan modal 200.000 rupiah? tetapi ada juga yang perlu puluhan juta? yuk simak di : Peluang dan Analisa Usaha Frozen Food

Oh ya, adakah yang belum saya tulis? maukah anda menambahkan di komentar?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *