5 Tips Berhasil Khatam Al-quran di Bulan Ramadhan

Daftar Indodax

5 Tips Berhasil Khatam Al-quran di Bulan Ramadhan – Datangnya bulan Ramadan, sudah pasti disambut dengan sukacita oleh umat Islam di seluruh dunia. Bagaimana tidak, bulan suci ini dilimpahi berkah dan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT. Karenanya, tak heran kalau saat bulan Ramadan tiba umat Islam berlomba-lomba memaksimalkan ibadah dan memperbanyak amalan baik.

Salah satu yang bisa dimaksimalkan ketika bulan suci tiba adalah membaca Al-qur’an. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya.” Itu merupakan keutamaan membaca Al-qur’an secara umum, bayangkan berapa banyak pahala jika amalan baik tersebut dilakukan di bulan di mana Al-qur’an diturunkan?

Jika di bulan Ramadan ini kamu ingin mencoba mengkhatamkan Al-quran, ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan, di antaranya :

Jadwalkan waktu khusus

Setiap orang tentunya memiliki jadwal harian yang berbeda-beda. Tentunya hanya kamu yang tahu kapan waktu yang bisa kamu jadwalkan untuk membaca Al-quran. Misalnya, setelah sholat Tarawih, ketika kamu sudah selesai dengan segala aktivitas penting. Atau setelah sholat Shubuh, ketika aktivitas belum dimulai. Kamu harus konsisten membaca Al-qur’an di waktu yang sudah kamu pilih tersebut. Dengan begitu kamu akan terbiasa menjadikan membaca Al-quran sebagai rutinitas di bulan Ramadan.

Pasang target boleh, tapi harus realistis

Ada yang bisa membaca 1 juz per hari, ada juga yang hanya bisa beberapa surat saja. Tak apa, setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kamu boleh saja kok pasang target untuk khatam di penghujung bulan Ramadan. Boleh juga kalau ingin memasang target satu juz per hari. Namun jika dirasa berat dilakukan dalam satu kali waktu, kamu bisa membaginya lagi. Misalnya, ketimbang membaca satu juz terus menerus setelah sholat Tarawih, kamu bisa membagi dalam beberapa surat di setiap selesai sholat wajib. Ingat, terlalu ambisius juga tidak baik, karena bisa mengurangi kebaikan dari perbuatan itu sendiri.

Jangan batasi baca Al-quran di rumah saja

Meski sekarang ini masih termasuk masa pandemi namun untuk sebagian orang sudah ada yang beraktivitas dan bermobilitas. Ini bukan halangan kok untuk kamu yang ingin mengkhatamkan Al-quran. Kamu bisa menyiasatinya dengan membawa Al-quran mini. Jadi sewaktu-waktu kamu punya kesempatan, kamu bisa isi dengan membaca Al-quran.

Install aplikasi Al-quran di ponsel

Selain membawa Al-quran mini, kamu juga bisa menginstall aplikasi Al-quran digital. Tapi bagaimana hukumnya membaca Al-quran di ponsel? Menurut Quraish Shihab dikutip dari Tempo.co, “Semua itu selama bacaannya benar maka tidak dipermasalahkan apakah dengan melalui kaset mendengarnya, melalui hp (handphone dan sebagainya. Saya kira sama saja.” Lalu apakah wajib berwudhu? “Enggak, karena itu bulan Al-quran. Yang kita sentuh hp.” ujar Ustadz Syafiq Basalamah pada Tempo.co.

Baca lebih banyak surat atau juz di awal Ramadan

Mengapa di awal Ramadan? Ya jujur saja, sebagian besar dari kita lebih punya semangat yang tinggi di awal-awal Ramadan. Lebih rajin bangun sahur, sholat Tarawih dan mungkin juga membaca Al-quran. Dengan mengetahui hal tersebut, ada baiknya kamu perbanyak baca Al-quran di awal, Ramadan jika kamu punya target ingin khatam Al-quran.

Ramadan sudah berjalan beberapa hari, kamu sudah selesai membaca berapa juz? Yuk khatam Al-quran dengan mempraktekkan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat dan membuat ibadahmu lancar ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *