5 Tips Aman dan Nyaman Liburan ke Bandung Selama PPKM

Daftar Indodax

Pergi liburan memang tergolong hal yang ‘mewah’ saat ini karena masih banyak yang khawatir bepergian ke luar kota. Bisa dimengerti memang, karena resiko terpapar virus corona jadi jauh lebih besar saat kamu beraktivitas ke luar rumah. Namun liburan sesekali pun bisa dipilih untuk mengusir rasa bosan, jenuh dan stres akibat kelamaan WFH dan juga situasi pandmei yang buat kacau pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Dari Jakarta idealnya liburan kemana di masa pandemi ini? Bandung bisa jadi tujuan yang menarik. Pasalnya kota ini punya banyak wisata alam yang jadi pilihan wisata paling direkomendasikan untuk dikunjungi selama pandemi. Selain itu Bandung juga punya banyak pilihan hotel untuk staycation seru dan berbeda. Kamu bisa pilih naik travel Jakarta Bandung untuk menuju kota ini agar lebih praktis namun tetap aman. Waktu tempuhnya pun hanya sekitar 3 jam saja.

Tertarik main sebentar ke Bandung? Yuk intip tips aman dan nyaman liburan ke Bandung selama PPKM ini.

  1. Main ke wisata alam

Seperti sudah disinggung di atas, Bandung punya banyak pilihan wisata alam yang bisa dikunjungi. Kenapa harus wisata alam? Karena sirkulasi udaranya baik sehingga jika pengunjung dalam kapasitas full pun kondisi udara tetap baik dan jauh lebih aman ketimbang wisata indoor di masa pandemi ini.

Selain itu wisata alam punya pemandangan yang bisa segarkan mata dan pikiran. Dijamin rasa jenuh dan stres kamu bisa berkurang deh.

Namun tetap perhatikan daerah mana di Bandung yang aman dikunjungi. Pasalnya kota ini, sama seperti kota-kota lainnya, punya daerah yang mungkin masuk zona merah hingga hijau. Kamu perlu update mengenai hal ini agar bisa menentukan tujuan wisata yang aman dan tetap bisa bersenang-senang.

  1. Beli tiket travel secara online

Selama pandemi ini, pembelian ini itu secara online lebih disarankan karena kamu tidak perlu kontak fisik dengan orang lain dan tidak perlu keluar rumah karena bisa dilakukan sambil rebahan di rumah saja. Termasuk jika kamu sedang cari tiket travel ke Bandung. Ada banyak kok website yang menyediakan tiket online, misalnya Traveloka.

Kamu bisa pesan tiket dari operator favorit maupun pilih berdasarkan harga tiketnya. Tenang, operator travel ini umumnya sudah menjalankan protokol kesehatan yang baik untuk armadanya dengan rutin dibersihkan dan didesinfeksi.

Selain itu kapasitas penumpangnya pun dibatasi sehingga armada travel yang biasanya lebih lega dari bus, terlihat semakin lapang karena penumpang dibatasi sesuai prokes yang berlaku. Pengemudi dan juga staf di pool juga wajib pakai masker sehingga kamu bisa berangkat naik travel tanpa khawatir. Kenyamanan dan keamanan perjalanan kamu tetap prioritas kok meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan

Naik angkutan darat jarak jauh juga perlu menyediakan dokumen perjalanan sesuai aturan yang berlaku ya. Maka dari itu kamu harus selalu update mengenai syarat naik bus dan travel di masa pandemi. Kamu bis alangsung tanya-tanya ke operator travel langganan lewat media sosial mereka terkait syarat apa yang perlu dibawa jika ingin naik travel ke Bandung.

Sebagai contohnya, dulu sebelum PPKM diberlakukan, kamu bisa naik bus tanpa membawa sertifikat vaksin, namun sekarang aturannya harus membawa atau menunjukkan sertifikat vaksin. Sebagai antisipasi, jangan lupa siapkan sertifikat vaksin kamu di dalam smartphone ya. Sehingga jika ada yang minta ditunjukkan, kamu tinggal buka smartphone saja.

  1. Pakai APD standar

Di hari H keberangkatan, datanglah ke pool lebih awal agar tidak terburu-buru dan mepet jadwal berangkat. Pakailah alat pelindung diri (APD) standar seperti masker medis lapis 3 yang disarankan juga di double dengan masker kain untuk perlindungan maksimal. Jika ingin melengkapi diri dengan face shield juga diperbolehkan, namun tetap wajib pakai masker ya!

Bawa juga hand sanitizer yang bisa dimasukkan ke tas untuk membersihkan tangan selama perjalanan. Masker cadangan juga jangan sampai ketinggalan untuk antisipasi jika masker yang dipakai basah karena ketumpahan air saat makan atau kotor saat ngemil.

  1. Bawa obat-obatan dan cemilan

Jakarta-Bandung biasanya ditempuh selama 3 jam. Waktu yang lumayan lama dan bisa bikin lapar. Sebagai antisipasi, kamu bisa bawa cemilan namun disarankan tidak membuka masker sepanjang perjalanan kecuali ingin minum atau minum obat. Tapi jika lapar beneran ya bisa turunkan masker sebentar lalu makan sambil pakai masker lagi. Jika masker kotor, ganti dengan cadangan yang kamu bawa.

Jangan lupa juga bawa obat-obatan yang sering kamu konsumsi. Misalnya obat mabuk darat, pusing, masuk angin, flu dan sebagainya. Ini hanya untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba kamu merasa tidak enak badan saat perjalanan.

Nah itulah tadi deretan tips yang perlu diketahui jika kamu ingin liburan ke Bandung naik travel di masa PPKM ini. Liburan di masa PPKM bukan hal yang mustahil. Asalkan kamu mengikuti aturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, maka perjalanan pun akan tetap nyaman dan aman. Jadi kapan nih main ke Bandung lagi?

Share :