5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Puasa, Makin Kuat Sepanjang Hari

Daftar Indodax

5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Puasa, Makin Kuat Sepanjang Hari – Bulan puasa memang identik dengan berbagai makanan lezat. Bahkan beberapa makanan tertentu terasa istimewa karena biasanya hanya bisa ditemui di bulan Ramadan. Wajar saja jika kita ingin menyantap semua makanan tersebut kala berbuka atau sahur.

Namun ternyata ada beberapa makanan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan selama berpuasa. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, bisa-bisa kita justru tak kuat menjalankan puasa. Berikut, 5 makanan yang harus dihindari agar tak lemas saat berpuasa.

1. Makanan tinggi garam

Sumber Gambar: suarasurabaya.net

Garam memang membuat masakan terasa gurih dan nikmat, tapi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Garam dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap cairan. Akibatnya, kita sudah merasa haus sebelum jam 12 siang. Selain itu, makanan yang mengandung terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Makanan manis

Sumber Gambar: mamikos.com

Mungkin kita sering mendengar kalimat ‘berbukalah dengan yang manis’. Namun kata-kata tersebut tampaknya sering disalahartikan. Makanan manis yang dimaksud adalah yang berasal dari sari buah alami seperti kurma dan bukan dari gula rafinasi atau tambahan.

Makanan yang terlalu manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat sehingga membebani kerja pankreas untuk menghasilkan insulin. Mengonsumsi gula buatan secara berlebihan juga dapat menyebabkan hiperglikemia dan obesitas. Ciri-ciri orang yang mengonsumsi gula berlebih adalah orang tersebut akan merasa capek, lemas, dan mudah mengantuk saat berpuasa.

3. Makanan pedas

Sumber Gambar: dapursasak.com

Bagi Sobat Wikimedan yang suka makan pedas, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut saat berpuasa. Karena konsumsi makanan yang terlalu pedas akan meningkatkan produksi asam lambung sehingga perut terasa tidak nyaman. Makanan pedas juga menyebabkan diare, mual, dan sakit perut. Jika sampai mengalami diare, tubuh akan dehidrasi karena kekurangan cairan.

4. Gorengan

Sumber Gambar: voxpop.id

Makanan yang satu ini menjadi godaan terbesar bagi banyak orang. Sebenarnya, gorengan tidak akan menimbulkan dampak buruk jika tak dikonsumsi secara berlebihan. Tapi saat puasa, kita harus membatasi makanan berlemak seperti gorengan, apalagi bagi pengidap penyakit maag. Gorengan mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah pada lambung, sehingga asam lambung naik dan tenggorokan akan terasa panas. Makanan satu ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menyebabkan obesitas.

5. Makanan yang mengandung gas

Sumber Gambar: freepik.com

Beberapa contoh makanan dengan kandungan gas yang dapat meningkatkan asam lambung adalah kedondong, kol, nangka, dan durian. Kandungan ini bisa menimbulkan gejala sakit maag seperti mual, kembung, nyeri, dan perih saat berpuasa. Selama berpuasa, hindari makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan pedas, makanan yang terlalu asam, makanan bergas, dan minuman berkarbonasi.

BACA JUGA: Anti Lemas Saat Puasa Besok, Konsumsi 3 Hal Ini untuk Lebih Tahan Lapar

Selain menghindari beberapa makanan di atas, sebaiknya batasi juga konsumsi kafein agar tak cepat merasa haus. Pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan yang kaya kalium dan sayuran yang mengandung air dan serat untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *