Kekhawatiran Geopolitik dan Data Suram China Mengirimkan NZDUSD Menjauh Dari Puncak

Daftar Indodax

Mata uang Dolar New Zealand melemah ketika berhadapan melawan Dolar AS di sesi Asia hari Jumat (16/4). Pelemahan ini telah memaksa pasangan NZDUSD dalam signal forex hari ini untuk mencatatkan penurunan yang dalam. Sehingga pasangan juga menjauh dari puncak paling tinggi dalam pekan menuju ke sekitar nilai tukar 0,7158.

Sebelumnya aksi kenaikan Dolar New Zealand terbantu oleh adanya pandangan risiko oleh pasar yang positif sementara waktu. Kemudian data dalam negeri New Zealand juga cukup bagus yaitu mengenai performa bisnis manufaktur. Data itu mencatatkan kenaikan yang sangat tinggi ke 63,6% dari awalnya di 54,4%.

Katalis yang mengirimkan Dolar New Zealand melemah adalah data ekonomi utama China tadi pagi. Pelemahan ini juga telah senada dengan arah mata yang tetangga New Zealand yaitu Dolar Australia. Karena kedua negara adalah mitra utama China dalam aktivitas perdagangan.

China merilis data mengenai PDB dengan hasil lebih rendah dari harapan awal. Walaupun data itu sebenarnya juga lebih tinggi dari yang sebelumnya. Tapi tetap saja pasar memandangnya sebagai hasil yang suram. Data produksi industri juga turun cukup suram sampai ke 14,1% dari awalnya di 35%.

Kekhawatiran Geopolitik

Aksi Dolar New Zealand melemah pada analisa hari ini juga disebabkan pembaruan arah risiko global. Para pelaku pasar dan investor masih merasa takut dengan hubungan AS dan China. Terlebih AS akan bertemu Jepang membahas China pada hari ini. Diprediksi China akan memberikan respon yang keras dan bisa memicu risk off lebih kuat.

Fokus pasar berikutnya akan tertuju ke rilis data AS nanti malam mengenai sentimen konsumen.  Kemudian pembaruan kondisi geopolitik global juga akan terus dinantikan sebagai penggerak sentimen risiko global.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *