15 Jenis Anggrek Bulan Lengkap dengan Ciri

Daftar Indodax

15 Jenis Anggrek Bulan Lengkap dengan Ciri – Anggrek Bulan sangat populer di Indonesia. Bunga satu ini dinobatkan sebagai puspa pesona nasional. Lebih keren lagi, ternyata anggrek bulan banyak jenis dan warnanya.

Nama latin dari anggrek bulan yaitu phalaenopsis. Nah untuk jenis anggrek bulan yang paling terkenal di Indonesia nama latinnya phalaenopsis amabilis.

Ciri Anggrek Bulan Secara Umum

Bunga ini disebut anggrek bulan karena saat berbunga dia merekah seperti rembulan. Sangat indah dan bisa bertahan lebih lama dari jenis anggrek lainnya.

Ciri ciri anggrek bulan  alias phalaenopsis:ciri anggrek bulan

  • Mekar sangat lama. Sebagian besar anggrek bisa mekar sampai empat bulan.  Uniknya, jika bunga dipotong saat memudar, bunga anggrek bulan bisa mekar kembali. duh indahnya
  • Tidak memiliki batang yang menggembung (pseudobulb)
  • Termasuk jenis epifit, yaitu menempel pada batang pohon lain atau kayu.
  • Sebagian kecil termasuk  litofit yang bisa tumbuh di bebatuan.
  • Jenis epifit tumbuh secara monopodial dengan seluruh daun yang menutupi batang secara vertikal.
  • Daun anggrek bulan umumnya berwarna hijau, tetapi ada juga yang berbintik dan semu kemerahan.
  • Tangkai umumnya tegak lurus, ada yang bercabang maupun tidak
  • Bisa ditanam di dalam ruangan (indoor).  Anggrek sangat populer karena ini : bisa ditanam di dalam ruangan.  Mereka butuh lebih sedikit cahaya daripada tanaman lain. Anggrek  butuh kelembapan, sebaiknay pot di letakkan di atas nampan yang berisi air.
  • Memerlukan perawatan khusus. Misalnya : akar anggrek harus tetap lembap namun tidak terendam air.

Jenis Anggrek Bulan di Indonesia dan Dunia

Menurut wikipedia, sedikitnya ada 75 Jenis anggrek di dunia ini. Oleh karena itu saya akan memulai dari  jenis anggrek yang populer di Indonesia.

Aneka bunga Anggrek yang Populer di Indonesia

    1. Anggrek bulan bangkok

      Anggrek bulan bangkok atau disebut juga anggrek thailand ini memang digandrungi pecinta anggrek.

      Bayangkan saja, harganya lebih mahal tetapi menurut detik importir siap mendatangkan anggrek ini. menurut pedagang, Kelebihan anggrek thailand adalah segar lebih lama saat dijual

      Ciri khusus anggrek bulan bangkok adalah batangnya lebih panjang dan besar dibandingkan dengan anggrek lokal. Warna anggrek thailand lebih menyala daripada anggrek lokal

    2.  Anggrek bulan taiwan

      Anggrek adalah primadona bagi negara taiwan. Bagaimana tidak, seperti dilansir koran sindo: Anggrek adalah komoditas ekspor unggulan negara tersebut.

      Nah bentuk anggrek thailand ini terlihat cantik dan mudah dibudidayakan. Keunggulan orchid dari taiwan ini adalah warna bunganya yang lebih menyala dan kelopak bunganya lebih tebal sehingga lebih tahan lama.

    3. Anggrek bulan lokal

      Anggrek bulan lokal merupakan salah satu bunga yang digadang sebagai puspa pesona nasional.  Bunga ini banyak ditemukan di tanah air.  Kelebihan anggrek ini mudah ditanam di berbagai lokasi di indonesia.

      Bunga cantik ini seperti anggrek bulan yang lain. Tidak ada gembungan dibatangnya dan bisa mekar lama.

    4. Anggrek bulan black jack

      Warna anggrek ini agak merah kehitaman, kalau didekati akan tetap ada sensasi warna ungu. Gelap tapi anggun.
      Apakah anda punya ini di rumah?

    5. Anggrek bulan novelty alias Anggrek bulan mini

      Anggrek bulan ini disebut novelty karena memiliki ciri ukuran lebih kecil dari anggrek pada umumnya. Warna yang cerah dan bau yang wangi dan sering berbunga.

      ukuran bunga anggrek yang lebih kecil tentu sangat cocok dengan anda yang memiliki taman minimalis bukan? itu sebabnya ia disebut anggrek bulan mini. Di era sekarang, tanaman mini seperti ini mulai digandrungi.

    6. Anggrek bulan Premium

      Sebenarnya semua anggrek bulan bisa menjadi Premium.  Nama premium biasanya disematkan untuk jenis anggrek hasil kultur jaringan yang menghasilkan banyak bunga dalam satu pohon.

    7. Anggrek bulan putih

      Moth orchid satu ini sangat mengagumkan, warnanya di dominasi putih. di bagian tengah biasanya berwarna kuning atau ungu.

      Warna putih sangat identik dengan tempat yang cerah. Meski demikian tidak disarankan terkena sinar matahari langsung

    8. Anggrek bulan merah

      Meski selalu didominasi warna ungu dan putih. Tahukah anda bahwa warna merah juga sangat elegan untuk anggrek, anggrek berwarna merah ini berasal dari kawasan Asia, ia disebut red Asian phalaenopsis

    9. Anggrek bulan kuning

      Anggrek bulan warna kuning memamng jarang ditemui, jadi sangat layak kalau bunga ini harganya mahal. Jenis favorit warna ini adalah anggrek kuning lidah merah.

    10. Anggrek bulan ungu

      Bunga anggrek bulan warna ungu sungguh mengesankan.
      Warna cantik bunga ini bisa muncul selama mekar, yakni 2-3 bulan. Sama seperti anggrek bulan lainnya kita harus menjaga anggrek bulan warna ungu agar tidak kekurangan maupun kelebihan cahaya matahari.

    11. Anggrek bulan Raksasa

      Anggrek bulan raksasasa atau Phalaenopsis Gigantea ini disebut sebut sebagai anggrek bulan paling besar sedunia. Anggrek jenis ini banayk ditemukan di sabah Malaysia.

      Bunga ini disebut raksasa karena daunnya bisa mencapai panjang 50cm  dan daun mencapai 25cm

    12. Anggrek bulan Sulawesi

      Anggrek ini sangat disukai beberapa kalangan, Anggrek ini terkenal hidup tahan lama dan warnanya cantik.

      Anggrek bulan sulawesi, sering disebut sulawesi moth orchid atau punya ciri khusus. Warna bunganya kuning dengan garis garis coklat. Bunga indah ini banayk ditemukan di Maluku dan sulawesi.

    13. Anggrek bulan Borneo kalimantan

      Anggrek bulan borneo alias kalimanatan ini banyak ditemukan di pulau kalimantan, tepatnya di daerah yang lembap dan teduh seperti di sepanjang aliran sungai.

      Bunga yang punya nama latin phalaenopsis bellina ini punya petal berbentuk oval dan melebar.

    14. Anggrek bulan daun lurik

      Bunga yang satu ini sangat unik. Bunganya seindah anggrek dan daunnya seperti lidah mertua. Aggrek bulan satu ini punya nama latin Phalaenopsis schilleriana dan berasal dari filipina.

    15. Anggrek bulan Varigata

      Varigata adalah sebutan untuk tanaman yang memeiliki lebih dari satu warna daun. nah anggrek varigata artinya bunga anggrek yang warna daunnya beragam.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *