10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note20

Ingin memiliki ponsel canggih dari merk yang ternama? Samsung Galaxy Note20 hadir sebagai solusi dari kebutuhan Anda. Berbeda dengan seri S20, kali ini Samsung menghadirkan flagship dengan dukungan stylus.

Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Note10 series, dan menghadirkan perkembangan dari berbagai parameter. Seri Note20 ini sendiri hadir dengan dua varian, model reguler Samsung Galaxy Note20 dan juga Samsung Galaxy Note20 Ultra. Kali ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy Note20 yang model reguler. Yuk simak yang berikut ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy Note20

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 6.7 inch 1080 x 2400 pixels,
  • Chipset: Exynos 990 (7 nm+)
  • GPU: Mali-G77 MP11
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4300 mAh

 

Kelebihan Samsung Galaxy Note20

Akankah model reguler dari Note20 Series membuat Anda tertarik ketimbang Note20 Ultra? Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari Samsung Galaxy Note20 yang perlu diketahui.

 

1. Super AMOLED FHD+ dengan HDR10+

Samsung Galaxy Note20 memiliki kualitas layar yang luar biasa untuk ponsel dengan banderol harga yang ditawarkannya. Layarnya menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran sebesar 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar ini juga hadir dengan kerapatan piksel 393 ppi dan aspek rasio 20:9. Untuk menghadirkan kontras rentang dinamis yang lebih luas, Samsung membekali layar Note20 dengan sokongan teknologi HDR10+.

Dengan ukurannya yang lebih kecil, model reguler ini lebih cocok untuk Anda yang menganggap layar Samsung Galaxy Note20 Ultra terlalu kebesaran.

 

2. Baterai Tahan Lama

Demi menunjang produktivitas yang bertahan lama, Samsung tentu tidak lupa menghadirkan kapasitas baterai yang mencukupi. Galaxy Note20 menghadirkan baterai tipe Lithium-Ion dengan kapasitas 4.300 mAh.

Ini tentunya sebuah peningkatan dari Samsung Galaxy Note10 yang hanya menghadirkan baterai 3.500 mAh saja. Dengan tambahan kapasitas baterai menjadi 4.300 mAh pastinya Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa dibayang-bayangi notifikasi low-batt.

Di pasar HP flagship, ponsel dengan baterai 4.000-an ke atas sudah tergolong besar, terlebih karena Samsung Galaxy Note20 juga sudah dibekali dengan panel Super AMOLED yang menghadirkan tampilan true black sehingga bisa menjaga baterai agar lebih awet.

 

3. Penggunaan S Pen

Seri Note20 memang diperuntukkan untuk produktivitas yang lebih fleksibel, itulah sebabnya Samsung menghadirkan stylus yang pengunaannya sangat nyaman.

Kehadiran stylus bernama S Pen ini memungkinkan penggunanya untuk mencatat, menggambar, ataupun melakukan navigasi dengan cara yang lebih simpel.

Pengembangan perangkat lunak pada ponsel ini juga kian mengoptimasi penggunaan S Pen ketimbang seri terdahulunya. Kali ini Anda bisa menggunakan S Pen untuk berbagai tambahan gesture baru, dan bisa dilakukan pada aplikasi apa saja, kapanpun Anda inginkan.

Memberikan anotasi pada screenshot, mengedit file PDF, atau melakukan navigasi pada kamera, semua bisa dilakukan dengan cara yang berbeda berkat adanya S Pen ini.

S Pen juga dapat berfungsi sebagai remote control pada monitor tambahan seperti Smart TV dengan jarak maksimal sekitar 10 meter. Selain itu, menulis menggunakan S Pen sungguh terasa seperti asli, karena menawarkan latensi sangat rendah yakni hanya 26 milidetik.

 

4. Fitur-Fitur Kamera yang Canggih

Seperti yang sudah bisa ditebak, ponsel sekelas Note20 pastinya menghadirkan kualitas kamera yang sangat baik. Tidak hanya pada bagian kameranya saja, Note20 juga dibekali dengan fitur-fitur kamera yang jarang ditemui pada ponsel lain di kelas harga high-end.

Di bagian belakang tersemat tiga kamera dengan resolusi utama 12 MP, lensa telefoto 64 MP, dan terakhir lensa 13 MP dengan fungsi ultra lebar. Memang, lensa telefotonya ini bukanlah periskop sehingga tidak menghadirkan kualitas zoom sebaik Note20 Ultra. Akan tetapi, hasil foto yang ditampilkannya sangat jernih dengan ketajaman dan rentang dinamis yang unggul.

 

Selain itu, fitur perekaman dari Note20 juga sangat inovatif berkat adanya dukungan resolusi 8K dan fitur Pro Video Mode yang bisa mengatur volume suara saat perekaman sedang berlangsung, menyesuaikan mic dengan arah sumber suara, dan masih banyak lagi. Ini merupakan salah satu pengalaman terbaik dari segi kamera, terlebih bagi Anda yang hobi vlogging atau membuat podcast.

 

5. Wireless Samsung DeX

Ingin mendapatkan pengalaman desktop saat menggunakan ponsel? Dengan fitur Samsung Wireless DeX, Anda bisa menghubungkan ponsel dengan Smart TV sebagai extended monitor tanpa menggunakan kabel HDMI. Alhasil, berbagai kegiatan yang berbeda bisa dilakukan dalam sekali waktu.

Misalnya Anda sedang melakukan presentasi di layar TV, ponsel bisa digunakan sebagai controller ataupun sembari dipakai membalas pesan singkat. Fitur ini sangat berguna bagi pemakai Samsung Galaxy Note20 karena produktivitas bisa meningkat dua kali lipat.

Tak hanya untuk pekerjaan saja, sisi hiburan pun dapat ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan ponsel sebagai alat navigasi, sementara film kesukaan Anda diputar pada Smart TV – semua kegiatan ini hanya diotaki oleh satu perangkat Samsung Galaxy Note20 tanpa perlu menggunakan PC.

 

6. Bobot dan Ukuran Bodi Lebih Kecil

Banyak orang yang dijamin terkesima melihat berbagai kebolehan Galaxy Note20 Ultra. Hanya saja, model yang Ultra memang tergolong sangat besar dan menghadirkan bobot yang juga tidak ringan. Nah, kalau Anda ingin merasakan berbagai fitur canggih dari varian Ultra tapi dengan bobot yang lebih ringan, Galaxy Note20 model reguler ini bisa menjadi pilihan.

Dengan bobotnya yang sebesar 192 gram, angka ini masih terbilang wajar untuk HP pada rentang harga Rp10-jutaan ke atas. Jika lebih berat lagi, HP akan terasa lebih cepat membuat tangan pegal, apalagi saat dipakai lama-lama.

Sementara itu, dimensi HP ini sendiri sebesar 161.6 x 75.2 x 8.3 mm. Walau bukan yang terkecil di pasar harga yang sama, ukuran ini masih terbilang wajar mengingat berbagai teknologi unik yang dihadirkannya.

 

Kekurangan Samsung Galaxy Note20

Jangan hanya lihat dari kelebihannya saja. Pasalnya, Samsung Galaxy Note20 tetap tidak luput dari beberapa kekurangan yang mungkin bisa membuat Anda kehilangan minat. Simak beberapa poin kekurangan berikut.

1. Hanya Menghadirkan Gorilla Glass 5

Sebagai ponsel canggih di harga Rp10-jutaan, cukup disayangkan bahwa Samsung Galaxy Note20 hanya dibekali dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Pasalnya, Note20 series digadangkan sebagai flagship dengan inovasi terkini, sehingga cukup aneh model regulernya ini tidak menghadirkan Gorilla Glass 6.

Pasalnya, Samsung Galaxy Note20 Ultra yang menjadi “kakak”-nya ini menjadi yang pertama untuk dilapisi Gorilla Glass Victus – versi terbaik dari Gorilla Glass saat ponsel diluncurkan.

Varian 5 ini memang bukan pilihan yang terlalu buruk, karena masih sanggup menawarkan pertahanan pada layar yang sangat baik, sekalipun sudah pernah jatuh beberapa kali. Tapi tetap saja, Gorilla Glass 5 bukanlah yang terbaik yang bisa didapatkan dengan harga segini. Terlebih mengingat Samsung Galaxy Note10 saja masih lebih unggul dengan Gorilla Glass 6.

 

2. Hanya Tersedia Refresh Rate 60 Hz

Terlepas dari layarnya yang sudah mengusung HDR10+ dan panel Super AMOLED, Samsung Galaxy Note20 ini masih menghadirkan laju penyegaran yang standar, yakni 60 Hz.

Laju penyegaran yang tinggi biasanya banyak ditemukan pada ponsel-ponsel flagship, seperti Samsung Galaxy S20, OPPO Find X2 Pro, Realme X50 Pro, dan masih banyak lagi. Setidaknya, HP di harga Rp10-jutaan sudah menghadirkan laju penyegaran 90 Hz atau 120 Hz.

Inilah yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy Note20, dengan laju penyegaran 60 Hz yang dimilikinya Anda hanya dapat menikmati tampilan pergerakan layar yang biasa-biasa saja.

 

3. Chipset Kalah Saing

Sebagai ponsel canggih keluaran Samsung, tentunya ponsel ini sudah dibekali dengan kemampuan hardware yang mendukung produktivitas dan gaming. Note20 yang hadir di pasar Indonesia diotaki oleh chipset besutan Samsung, yakni Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nm+.

Chipset ini merupakan generasi termutakhir dari Exynos saat seri Galaxy Note20 dirilis, menghadirkan delapan inti yang terdiri dari dua buah Mongoose M5 berkecepatan 2,73 GHz, dua ARM Cortex A76 (2.50 GHz) dan empat buah ARM Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz.

Chipset yang sama juga turut hadir pada varian Ultra, namun yang menjadi masalahnya, Exynos 990 ini masih tergolong biasa saja dari segi performa dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya pada rentang harga yang sama.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari GSMArena, varian Ultra dari ponsel ini hanya meraih skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 508760. Karena menggunakan chipset yang sama, bisa diasumsikan bahwa Galaxy Note20 reguler juga meraih skor yang tidak jauh berbeda.

Angka ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan beberapa kontestan lainnya, seperti OPPO Find X2 Pro, Xiaomi Mi 10 Pro, dan ASUS ROG Phone 3. Walau Anda masih bisa bermain beragam game tanpa kendala sedikitpun pada Samsung Galaxy Note20, perlu diketahui bahwa ponsel ini bukanlah yang terbaik dari segi performa.

 

4. Fast Charging 25 W yang Tergolong Biasa Saja

Walau Note20 ini menghadirkan fitur wireless charging, tapi rupanya ponsel ini tidak memiliki kemampuan fast charging yang setara dengan para kompetitornya.

Sementara berbagai ponsel di rentang harga yang sama sudah mengusung fast charging dengan daya 40 W atau bahkan 65 W – seperti OPPO Find X2 Pro dan Realme X50 Pro. Cukup aneh mengetahui Samsung Galaxy Note20 hanya menghadirkan fast charging 25 W.

Dengan fitur pengecasan cepat yang terbatas ini, Note20 lebih terasa seperti ponsel yang berada di kelas harga di bawahnya. Ini tentunya menjadi sebuah kekurangan, karena waktu pengecasan yang lambat akan menghambat produktivitas.

Simpulan

Walau terbilang inferior ketimbang model Ultra, Samsung Galaxy Note20 ini masih lebih dari cukup untuk menunjang segala kebutuhan-kebutuhan produktivitas yang demanding.

Bahkan, ponsel ini masih lebih unggul dari segi portabilitas karena menghadirkan bobot lebih ringan ketimbang varian Ultra-nya. Anda hanya perlu rela menggunakan refresh rate yang standar dan juga varian Gorilla Glass 5 yang tergolong jadul untuk HP semahal ini.

Akan tetapi, pengalaman menggunakan S Pen kurang lebih tetap sama di antara keduanya, walau menghadirkan latensi yang tidak sehebat varian Ultra-nya.

Nah, sudah siap mengantongi versi “ringan” dari Galaxy Note20 series? Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp14.499.000,- saja dan bisa Anda dapatkan dari situs resmi Samsung Indonesia. Harganya lebih murah tiga setengah juta dibandingkan Ultra, lho! Berminat?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *