Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC Yang Patut Kamu Ketahui


Berita Teknologi – Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC Yang Patut Kamu Ketahui. Setelah kehadiran Pocophone F1 dan Poco F2 Pro di Indonesia, hadir kembali kelanjutan dari seri POCO lainnya yaitu POCO X3 NFC. Generasi penerus ini memasuki pasar Tanah Air pada Kamis, 15 Oktober 2020 dan langsung menyita banyak perhatian dari kalangan pecinta gadget.

Mau bagaimana lagi? Daya tarik seri POCO memang selalu menggiurkan dengan penawaran value yang tinggi dan harga yang bersahabat. Siapa yang tidak bakalan suka? Nah, lalu kali ini apakah yang menjadi daya sorot utama POCO X3 NFC? Apa kekurangan yang sekiranya dimiliki perangkat trendi ini? Simak jawabannya berikut.

Spesifikasi POCO X3 NFC

  • Layar: IPS LCD, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (menggunakan slot SIM bersama)
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5160 mAh

Kelebihan POCO X3 NFC

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu, mari ketahui kelebihan yang dimiliki oleh POCO X3 NFC, HP gahar yang disebut-sebut sebagai mid range killer ini.

10 Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

1. Performa Chipset yang Bertenaga

Kalau soal performa, seri POCO sih umumnya jarang mengecewakan. Anda mungkin sudah mendengar beberapa ponsel lainnya di seri POCO seperti Pocophone F1 atau POCO F2 Pro, dan keduanya sungguh menawarkan performa game yang gahar berkat chipset bertenaga.

Nah, hal yang sama juga terjadi lagi pada POCO X3 NFC, di mana pengguna akan merasakan kepuasan maksimal menggunakan chipset Snapdragon 732G yang bertenaga. Chipset ini menggunakan fabrikasi 8 nm dan POCO X3 NFC adalah HP perdana yang menggunakan Snapdragon 732G.

Sebuah spesifikasi yang tidak sesuai harganya, karena Snapdragon seri 700 biasanya hanya bisa ditemukan pada HP dengan rentang harga Rp5 jutaan ke atas. Dengan begini, Anda bisa merasakan serunya performa kelas atas pada HP yang dibanderol dengan harga murah.

Chipset ini tentunya juga didukung dengan RAM dan memori internal yang mumpuni, memunyai pilihan kapasitas 64 GB atau 128 GB UFS 2.1 dan RAM 6 GB/8 GB LPDDR4X. Selain itu, POCO X3 NFC juga menghadirkan sistem operasi MIUI 12 berbasiskan Android 10 yang sangat mulus untuk dijalankan.

Berdasarkan informasi di atas yang kami lampirkan dari GSM Arena, terlihat bahwa Poco X3 NFC meraih skor benchmark AnTuTu v8 dengan angka 283.750 poin. Ini merupakan performa yang terbilang gahar untuk HP sekelasnya, dan game ringan ataupun game berat bisa dijalankan dengan tanpa kendala. Ini soal pengujian benchmark, bagaimana dengan performa POCO X3 NFC sesungguhnya saat bermain game?

Pada sebuah video pengujian oleh Infofull, terlihat kalau perangkat ini bisa mengangkat game PUBG M dengan baik, bisa meraih pengaturan hingga HD – High.

Sedangkan untuk pengaturan grafis Smooth dan Balanced, PUBG M bisa dimainkan pada frame rate Ultra. Sesi permainan berlangsung pada pengaturan HD – High dan sanggup mendapatkan frame rate yang cukup stabil, jarang terlihat ada stutter ataupun lag yang mengganggu.

2. Refresh Rate 120 Hz

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak ponsel segmen menengah yang mulai menawarkan refresh rate yang tinggi, contohnya seperti Realme 7 series dan Realme Narzo. Nah, sekarang giliran POCO X3 NFC yang menawarkan refresh rate tidak lazim, yakni 120 Hz!

Mengapa disebut tidak lazim? Karena sangat jarang HP Rp3 jutaan sudah dilengkapi dengan laju penyegaran dua kali lipat normalnya. Biasanya, HP di segmen ini hanya menawarkan 90 Hz saja. Lagi-lagi ini yang menjadi keunggulan POCO X3 NFC, karena indera visual konsumen sungguh akan dimanjakan dengan refresh rate 120 Hz.

Saat melakukan scrolling, menonton video, dan memainkan game (yang mendukung 120 Hz), pergerakkan pada layar akan terasa lebih smooth dan licin. Kualitas layar ini juga didukung dengan ukuran panel IPS LCD berkualitas, yakni 6,67 inci Full HD Plus. Yang lebih mengesankan lagi, layar POCO X3 NFC juga sudah memenuhi standar HDR10, dijamin kualitas layar yang Anda terima merupakan yang terbaik.

Sementara itu, pemain game profesional juga akan dengan senang hati mendengar fakta kalau POCO X3 NFC mendukung touch sampling rate 240 Hz, mampu merekam perintah dari sentuhan jari dengan lebih cepat.

Untuk menjaga agar layar tidak mudah retak, telah disediakan juga Corning Gorilla Glass 5 yang bisa menjaga bodi layar dari goresan ataupun saat terjatuh.

3. Ketahanan Baterai Memukau + Fast Charging Unggul

Salah satu concern mengenai penggunaan refresh rate tinggi adalah lebih cepat menguras baterai. Tapi tenang saja, karena POCO X3 NFC sudah mengusung baterai berkapasitas 5.160 mAh yang sungguh bertahan lama sekalipun pada mode 120 Hz.

Soalnya, saat mode laju penyegaran tinggi diaktifkan, ia berjalan secara adaptif. Artinya, layar akan secara otomatis kembali ke mode 60 Hz saat menampilkan gambar diam, atau saat layar tidak menunjukkan adanya aktivitas. Hal ini guna mencegah baterai agar tidak terkuras karena pemakaian 120 Hz yang tidak perlu.

Pada video permainan PUBG Mobile yang diunggah lctfix.net, baterai POCO X3 NFC hanya berkurang dari angka 100% menjadi 95% saat dipakai bermain selama 17 menit 24 detik. GSM Arena juga mencatat kalau POCO X3 NFC punya ketahanan baterai yang bisa diandalkan, dengan durasi telepon selama 33 jam, melakukan browsing selama 17 jam lebih, atau pemutaran video selama 14 jam.

Selain itu juga, HP mid-range killer ini menyediakan kemampuan Fast Charging 33 W dengan port pengisian USB tipe-C. Xiaomi sendiri mengklaim kalau durasi pengecasan berlangsung hingga penuh dalam waktu 65 menit saja.

Tapi, sebuah video pengujian lctfix.net mengatakan kalau POCO X3 NFC ini baru mencapai 100% setelah dicas selama 80 menit. Berdasarkan sumber GSM Arena, perangkat baru mencapai baterai penuh pada durasi pengisian 75 menit. Walau sedikit meleset, tapi durasi pengisian daya secepat ini sangat layak diapresiasi untuk ponsel di rentang harga Rp3 jutaan.

4. Speaker Stereo Berkualitas

Untuk menambah immersion di kala bermain game atau menonton film aksi, POCO X3 NFC juga menyuguhkan dual stereo speaker yang menghasilkan suara dengan lantang dan keras.

Kehadiran speaker ini juga didukung oleh sertifikasi Hi-Res Audio, sehingga kualitas suara yang didapatkan membuat Anda serasa berada di dalam studio. GSM Arena menyebut kualitas suaranya ini sangat cocok untuk memperdengarkan suara nge-bass dan nada-nada tinggi, memiliki tingkat kekerasan suara -25,3 LUFS.

5. Konektivitas Serba Ada

Tidak kalah penting, sebuah ponsel juga harus menghadirkan konektivitas yang lengkap supaya bisa lebih memudahkan keseharian penggunanya. Seperti POCO X3 NFC misalnya, yang menyodorkan IR blaster supaya bisa menjadikan ponsel sebagai remote TV.

Selain itu, perangkat juga dihadirkan dengan lubang 3,5 mm audio supaya tidak perlu membeli earphone TWS. Adapun fitur FM Radio miliknya membuat pengguna bisa mendengarkan radio walau tanpa memakai headset.

Dan menariknya lagi, sesuai namanya, POCO X3 NFC juga menghadirkan fitur NFC agar pengguna bisa melakukan transaksi digital dengan mudah. Bahkan, vendor asal Tiongkok ini mengklaim kalau fitur NFC pada perangkat lebih cepat 33% ketimbang NFC pada HP lain pada umumnya.

6. Kehadiran Sertifikasi IP53

Memangnya ada HP di rentang harga Rp3 jutaan yang sudah tahan air dan debu? Tentu ada, POCO X3 NFC ini buktinya. Walau begitu, jangan mengharapkan perangkat bisa tahan saat dibawa ke kolam renang ya! Soalnya, IP rating yang dimilikinya hanyalah IP53, sehingga hanya tahan dari serangan percikan air saja. Misalnya saat terkena air hujan, ataupun ketumpahan tetesan air minum.

7. Desain Bodi Unik

Siapapun yang melihat Anda menggunakan ponsel ini, pasti langsung tahu kalau yang Anda gunakan adalah seri POCO. Bagaimana tidak? Di bodi belakangnya, terpampang tulisan “POCO” dengan jelas. Malahan, modul kameranya juga dibuat dengan tidak wajar.

Alih-alih menghadirkan modul kotak di pojok ataupun persegi panjang vertikal, POCO X3 NFC ini memiliki sederet lensa yang dikumpulkan di tengah dengan modul ala-ala DSLR.

Mengusung bahan material plastik polikarbonat di bodi belakangnya, ponsel ini justru memberikan tekstur metal yang menawan. Sayangnya, tidak terdapat varian warna yang beragam, hanya tersedia warna Cobalt Blue dan Shadow Gray. Tapi secara keseluruhan, POCO X3 NFC sungguh tampil modern dan keren.

8. Kemampuan Fotografi Cukup Bagus di Siang Hari

POCO X3 NFC juga punya keunggulan di sektor fotografi, menghasilkan karya foto dan video yang terbilang bagus di kelasnya. Perangkat ini mengusung sensor Sony IMX686, sensor yang juga dimiliki oleh beberapa ponsel lainnya seperti ASUS Zenfone 7 series dan juga ASUS ROG Phone 3.

Sensor ini memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan f/1.9, ditemani oleh sensor ultra lebar 13 MP dengan sudut keluasan 119 derajat, dan dua lensa 2 MP pada fungsi makro dan sensor kedalaman.

Beragam mode pun bisa Anda pilih melalui menu kameranya, seperti mode Pro, mode ultra lebar, mode makro, HDR, dan penggunaan filter. Karena tidak ada lensa telefoto, POCO X3 NFC hanya bisa melakukan zoom digital sebanyak 2x.

Sementara untuk merekam video, ternyata POCO X3 NFC juga sudah dibekali dengan resolusi perekaman 4K pada frame rate 30 FPS. Untuk stabilisasinya, sudah tersedia gyro-EIS pada lensa utama dan juga lensa ultra lebar.

Kekurangan POCO X3 NFC

Jangan terburu-buru terkesima dengan kelebihannya. Anda pun harus cari tahu kekurangan POCO X3 NFC supaya tidak beli kucing dalam karung. Berikut adalah beberapa poin kekurangannya!

1. Fotografi Malam Hari Kurang Bagus

Walau kemampuan kamera POCO X3 NFC terbilang bagus,tapi sayangnya tidak pada saat kondisi malam hari. Fitur mode malamnya bahkan hanya tersedia pada lensa utamanya saja dan tidak pada lensa ultra lebar.

Selain itu, walaupun mode malamnya tampak bagus dari segi pencahayaan, terlihat banyak detil yang hilang. Ini tentunya bukanlah kualitas mode malam terbaik yang dimiliki ponsel segmen menengah.

2. Rancang Bangun Bodi yang “Bulky”

Dengan beragam keunggulan yang dimilikinya, POCO X3 NFC sayangnya memiliki dimensi bodi yang sangat bongsor sehingga bisa menyulitkan pengguna saat menaruhnya di dalam kantong celana.

Dimensi yang dimiliki perangkat ini sebesar 165,3 x 76,8 mm, dengan ketebalan sebesar 9,4 mm. Sementara itu, hal ini diperparah dengan bobotnya yang mencapai hingga 215 gram, menjadikan POCO X3 NFC sebagai salah satu ponsel yang sangat bulky. Ini bisa mengurangi kenyamanan saat digenggam dalam waktu yang lama, karena lama-lama akan membuat tangan cepat pegal karena beratnya.

Simpulan

Bisa dibilang, POCO X3 NFC lolos sebagai salah satu ponsel terbaik di kelas harga mid range. Di sini, Anda bisa merasakan puasnya bermain game dengan performa yang kencang, menikmati kenyamanan menatap layar dengan refresh rate yang tinggi, dan tidak perlu khawatir saat jauh dari colokan karena baterainya yang tahan lama.

Di sisi fotografi, perangkat ini juga tetap menjadi unggulan walau Anda tidak bisa mengharapkan karya foto sempurna pada malam hari. Keberadaan NFC-nya juga sungguh membantu dalam keseharian, terutama jika Anda sering melewati jalan tol. Seperti yang digadangkan pada laman resminya, POCO X3 NFC pokoknya memiliki semua yang Anda butuhkan.

POCO X3 NFC sudah bisa Anda bawa pulang pada harga Rp3.199.000,- pada varian 64 GB/6 GB RAM, juga seharga Rp3.599.000,- untuk versi 128 GB/8 GB RAM. Untuk kedua harga ini, sungguh tidak masuk akal betapa banyak kelebihan yang ditawarkan pada ponsel ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *