10 Kelebihan dan Kekurangan Evercoss Tera S6


Kelebihan dan Kekurangan Evercoss Tera S6 - Persaingan ponsel di Indonesia banyak yang membuat produsen lokal kalah telak. Hanya beberapa brand yang bertahan. Contohnya Evercoss atau Advan. 

Advan cukup menarik perhatian karena konsisten hadirkan ponsel Rp1 jutaan. Produk mereka seperti Advan G5 atau Advan G9 cukup menarik para pengguna untuk kelas harga murah. 

Evercoss juga melakukan hal yang sama. Bersama dengan saudaranya, Luna dan GenPro, Evercoss masih cukup konsisten hadirkan produk murah di kelas harga Rp1 jutaan. Contohnya adalah Evercoss Tera S6.

Evercoss Tera S6 cukup menarik karena dari tampilan fisiknya terlihat beda untuk ponsel lokal. Terlebih ponsel ini juga memiliki empat kamera belakang yang tentunya bisa jadi kelebihan yang ditawarkan. 

Lantas, seperti apa Evercoss Tera S6 ini? Langsung saja simak kelebihan dan kekurangan Evercoss Tera S6 berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss Tera S6

Spesifikasi Evercoss Tera S6

  • Layar: IPS LCD 6,6 inches
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa Core (8 x ARM Cortex A55 1.6 GHz)
  • GPU: PowerVR Rogue GE8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 64 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP + Triple Camera + AF + Flash
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh battery

Kelebihan Evercoss Tera S6

Dengan banderol harga di kisaran  Rp1,3juta, Evercoss Tera S6 menawarkan beberapa  kelebihan yang tentunya menarik. Di rentang harga ini, jika ada beberapa poin dan fitur yang kurang tentu masih tahap wajar. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dari Evercoss Tera S6 berikut ini.

1. Desain Cukup Menarik

Evercoss Tera S6 hadir dengan desain yang cukup menarik. Garis desain ponsel ini cukup oke dan tidak ketinggalan zaman. Merek Evercoss yang melekat di ponsel ini juga jadi nilai lebih yang membuat ponsel ini memiliki identitas yang sempurna untuk sebuah ponsel lokal.

2. RAM 4 GB

Keunggulan lain dari Evercoss Tera S6 ada di bagian RAM. Untuk kelas harga di bawah Rp1,5 juta, penawaran RAM 4 GB jelas menarik. Sangat jarang ponsel di harga  Rp1 sampai Rp1,5 juta mampu menawarkan RAM 4 GB. Hal itu pula yang kini berhasil ditawarkan Evercoss Tera S6. 

3. Layar IPS HD+

Di bagian layar, Evercoss Tera S6 hadir dengan dimensi 6,6inci. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel. Layarnya ini memiliki teknologi OGS In Cell dengan tampilan Water Drop Style.

Untuk sebuah ponsel murah, layar ponsel ini mampu menawarkan tampilan yang cukup memikat dan membuat ponsel ini  memiliki kelebihan tersendiri. Layarnya cukup jelas dan sangat oke digunakan menonton  atau sekadar internetan.

4. Baterai Cukup Oke

Evercoss Tera S6 dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Dengan baterai sebesar ini dan sokongan layar HD, membuat daya tahan baterai Evercoss Tera S6 bisa lebih lama. Hal ini berarti, Evercoss Tera S6 bisa digunakan sampai seharian.

5. Kualitas Audio Cukup Kencang

Evercoss Tera S6 memiliki kualitas audio yang tergolong oke. Suara yang dihasilkan ponsel ini cukup kencang. Memang suara yang dihasilkan tidak sebagus ponsel Rp2 jutaan. Namun, untuk kelas harganya, suara yang dihasilkan ponsel ini tergolong kencang. 

6. Kamera Depan Cukup Oke

Evercoss Tera S6 ini memiliki kamera depan 8 MP. Kamera ini tergolong bagus untuk swafoto. Sangat layak di kelas harganya. Terlebih jika memotret di kondisi cahaya yang terang. Menurut Gayafone Channel, kamera depan ponsel ini mampu menghadirkan gambar yang detail. 

7. Kamera Utama Oke di Kelas Harganya

Evercoss Tera S6 memiliki kualitas kamera belakang yang sebenarnya oke. Kamera utamanya adalah kamera 13 MP yang mampu merekam video sampai 1080 piksel. Selain itu, kamera ini juga dapat menangkap gambar dengan baik. 

Menurut Gayafone Channel, Evercoss Tera S6 memiliki kamera belakang yang cukup cerah dan terang. Hal ini jelas membuat kamera ponsel ini tergolong layak dipilih. 

Paling yang jadi masalah adalah “gimmick” 4 kamera di ponsel ini. Ponsel utama memiliki kamera 13 MP dilengkapi Flash. Sisanya adalah tiga kamera yang tidak jelas fungsinya dan hanya menegaskan punya empat kamera. Padahal fungsi kamera itu bisa diwakilkan satu kamera saja.

Kekurangan Evercoss Tera S6

Sebagai ponsel murah, tentu ada beberapa hal yang membuat Evercoss Tera S6  ini agak nanggung dari segi fitur-fiturnya. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Langsung saja simak poin-poin kekurangannya di bawah!

1. Performa Kalah Saing di Kelas Harganya

Evercoss Tera S6 dibekali Unisoc SC9863A,  Chipset ini memiliki fabrikasi 28 nm yang sebenarnya sudah ketinggalan zaman. Tipe chipset ini harusnya ada di tahun 2018, bukan 2020. Chipset ini sebenarnya bisa mencapai angka Antutu 99 ribuan dengan keunggulan angka di CPU dan juga memori. 

Lalu, apakah chipset ini sudah tergolong bagus?  Gayafone Channel menguji ponsel ini dengan berbagai gim. Dari mulai PUBG Mobile, Free Fire, Asphalt 9, dan lainnya.

Di PUBG Mobile, secara default, pengaturan grafisnya ada di smooth medium. Gim masih nyaman dilihat. Dan menurut Gayafone Channel, pergerakan karakter di PUBG Mobile patah-patah dan kurang mulus.

Sementara untuk gim lain yang ringan, performanya cenderung oke dan masih bisa diandalkan.

Namun, kenapa bagian performa jadi bagian kekurangan? Karena di kelas harga Rp1 jutaan, seharusnya chipset yang digunakan memakai fabrikasi 14 nm atau 12 nm. Penggunaan chipset dari Unisoc di ponsel ini membuatnya kurang menarik dan kalah dari produsen ponsel luar negeri.

2. Tanpa Sensor Sidik Jari

Evercoss Tera S6 cukup membuat orang tertipu. Pasalnya, di bagian samping kanan ponsel, terdapat tombol power memanjang yang bentuknya mirip-mirip dengan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Namun, ternyata Evercoss Tera S6 tidak memiliki sensor sidik jari.

Evercoss Tera S6 hanya memiliki Face Unlock yang kemampuannya juga cenderung biasa namun tentu masih bisa diandalkan. Jelas akan lebih menarik jika Evercoss Tera S6 memiliki kemampuan sensor sidik jari dan Face Unlock.

Selain itu, Evercoss Tera S6 tidak memiliki sensor giroskop yang membuat ponsel jadi kurang asik untuk bermain gim yang membutuhkan pergerakan seperti PUBG Mobile.

3. Slot SIM Hybrid

Yang cukup mengecewakan dari Evercoss Tera S6 adalah penggunaan slot Hybrid. Padahal ponsel dari produsen luar di kelas harga Rp1 sampai Rp2 juta, tidak sedikit yang menghadirkan triple slot SIM tray.

Sebagai produsen lokal, Evercoss seharusnya memberikan triple slot karena orang Indonesia terbiasa memakai dua nomor bersamaan tanpa perlu mengorbankan slot microSD. Terlebih kapasitas penyimpanan ponsel ini hanya 32 GB yang membuatnya terasa kurang jika tidak ditambah memori.

Akan sangat dilema, jika pengguna harus memilih opsi menggunakan dua kartu SIM atau satu SIM plus microSD.

4. Masih Tidak Fast Charging

Hal yang sama yang terjadi pada ponsel kelas harga Rp1 jutaan, yakni tidak adanya fitur pengisian cepat. Padahal, jika fitur ini hadir, Evercoss Tera S6 dapat menjadi ponsel menarik karena produsen lokal dengan gagah berani mampu hadirkan ponsel murah dengan pengisian cepat. Setidaknya minimal 18 watt.

Simpulan

Evercoss Tera S6 dibanderol dengan harga Rp1,5 jutaan. Malah ada yang menjualnya lebih murah. Di kelas harga ini, Evercoss Tera S6  harus bersaing dengan ponsel lain yang punya fitur lebih menarik. Sebut saja Redmi 9A atau Redmi 9C. Ada juga Infinix Smart 5 yang tentunya tidak boleh dilewatkan.

Evercoss Tera S6 bukannya tidak menarik. Ponsel ini punya daya tarik seperti desain yang oke, RAM 4 GB, dan lainnya. Namun, penggunaan chipset Unisoc terasa kurang mengasyikan yang membuat ponsel jadi memiliki nilai jual yang kurang.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *