Yuk, Ketahui 5 Perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro!

Daftar Indodax

Pada akhir tahun 2019, OPPO telah merilis handset berkoneksi 5G dengan dua varian, yakni OPPO Reno3 5G dan OPPO Reno3 Pro 5G. Selang beberapa bulan kemudian, OPPO pun kembali merilis versi 4G dari kedua varian ini pada Maret 2020.

Meski tidak hadir dengan konektivitas terbaru, seri 4G dari OPPO Reno3 masih tergolong baik dengan layarnya yang lebar serta performa kameranya yang oke. Sudah pasti varian Pro memiliki beberapa pengubahan dari versi regulernya, namun seperti apa persisnya perbedaan dari keduanya? Simak perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro pada artikel ini.

Spesifikasi OPPO Reno3

  • Rilis: April 2020
  • Layar: AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2400 pixels
  • Chipset: Helio P90 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi OPPO Reno3 Pro

Oppo Reno3 Pro
  • Rilis: April, 2020
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci 1080 x 2400 piksel, Corning Gorilla Glass 5
  • Chipset: Mediatek Helio P95 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP + 2 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4025 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro

Itu tadi spesifikasi dari kedua varian dari seri Reno3. Baik versi reguler maupun versi Pro sama-sama menghadirkan spesifikasi mumpuni pada beberapa sektor. Berikut adalah 6 perbedaan OPPO Reno3 dan OPPO Reno3 Pro yang wajib Anda ketahui sebelum beli.

1. Desain Layar

layar oppo reno3 dan pro

Meskipun keduanya hadir dengan ukuran layar 6,4 inci, ada beberapa perbedaan dari segi layar yang perlu Anda ketahui. Pertama, ada perbedaan dari peletakkan lensa kamera depan. OPPO Reno3 reguler mengusung desain tetesan air sedangkan OPPO Reno3 Pro memiliki desain punch hole di pojok kiri atas.

Hal ini berpengaruh pada rasio perbandingan layar ke bodi – OPPO Reno3 memiliki rasio sebesar 84,2% sedangkan varian Pronya memiliki rasio 87,4%. Artinya, OPPO Reno3 Pro memiliki layar yang lebih memenuhi keseluruhan ruang pada bodi, membuatnya terlihat lebih lega dan nyaman dilihat.

Kedua, panel yang tersemat pada OPPO Reno3 adalah AMOLED. Meski layar ini sudah mampu menghasilkan kualitas tampilan layar yang cerah dan juga tajam, panel yang dimiliki varian Pro-nya tetap lebih unggul. Pasalnya, OPPO Reno3 Pro sudah hadir dengan panel Super AMOLED yang diketahui memiliki respon sentuh yang lebih baik serta tampilan yang lebih tajam.

Terlebih lagi, OPPO Reno3 Pro sudah dilapisi proteksi Gorilla Glass 5 pada layar yang tentunya menjadikannya lebih tahan terhadap goresan ataupun benturan.

2. Helio P90 vs. Helio P95

mediatek-helio-p95-vs-p90

Berbicara soal perbandingan HP, sektor dapur pacu tentu merupakan sebuah aspek yang tidak boleh terlewatkan. Perlu diketahui bahwa kedua HP OPPO ini mengusung chipset yang berbeda – Reno3 dengan Helio P90 serta Reno3 Pro dengan Helio P95.

Lantas apakah keduanya memiliki perbedaan dari segi performa? Berdasarkan hasil ulasan yang tertera pada video YouTube DroidLime, Helio P90 pada Reno3 meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 197867, sedangkan Helio P95 pada Reno3 Pro sedikit lebih unggul di angka 203639.

Memang, kedua skor tadi tidak begitu signifikan bedanya. Namun jika Anda memang menginginkan HP yang performa lebih baik, OPPO Reno3 Pro lah jawabannya.

3. Varian Memori Internal

varian memori internal

Baik OPPO Reno3 maupun OPPO Reno3 Pro sama-sama hadir dengan dukungan memori internal yang berkapasitas besar. OPPO Reno3 sendiri memiliki ROM sebesar 128 GB dengan RAM 8 GB. Varian Pro-nya juga memiliki varian kapasitas ini, namun untungnya, OPPO Reno3 Pro juga disertai varian tambahan, yakni ROM 256 GB dengan RAM 8 GB.

Keduanya juga memiliki teknologi UFS 2.1 yang cukup standar di kalangan HP Android. Kalau kapasitas memori internal keduanya terasa kurang besar, kedua HP ini juga menghadirkan slot microSDXC. Bedanya, OPPO Reno3 mengharuskan Anda untuk mengorbankan slot SIM kedua, berbeda dengan varian Pro-nya yang sudah hadir dengan triple slot.

4. Resolusi dan Jumlah Kamera

jumlah dan resolusi kamera perbedaan oppo reno3 dan oppo reno3 pro

Seri OPPO Reno3 memang berbeda dengan Reno2. Alih-alih menggunakan kamera depan pop-up bermotor, Reno3 dan Reno3 Pro memperlihatkan lensa depan pada layar meski dengan desain berbeda.

OPPO Reno3 Pro memiliki dual camera yang didesain berupa punch-hole ganda. Kamera ini terdiri dari lensa utama 44 MP dengan bukaan apertur f/2.4 dan sensor kedalaman beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara itu, OPPO Reno3 hanya menghadirkan lensa utama 44 MP dengan desain waterdrop notch.

Beralih ke kamera belakang, dua HP ini sama-sama menghadirkan konfigurasi quad camera yang disusun secara vertikal atau memanjang ke bawah. OPPO Reno3 Pro dibekali dengan resolusi lensa utama sebesar 64 MP sedangkan OPPO Reno3 hanya memiliki resolusi 48 MP.

Selebihnya, tiga kamera lainnya memiliki resolusi yang sama pada dua HP tersebut, yakni 13 MP sebagai sensor telefoto, 8 MP sebagai sensor ultra lebar, serta 2 MP sebagai sensor kedalaman.

5. Kemampuan Fast Charging

fast charging

Sebagai HP keluaran 2020, tentu kemampuan fast charging adalah fitur yang tidak boleh luput dari kedua produk ini. OPPO Reno3 Pro maupun varian regulernya sama-sama mengandalkan baterai Li-Po berkapasitas 4025 mAh yang bisa dicas dengan fast charging 30W.

Meski begitu, OPPO Reno3 Pro sudah mengusung teknologi VOOC 4.0 yang lebih unggul dari varian regulernya yang masih mengandalkan VOOC 3.0. Alhasil, terdapat sedikit perbedaan durasi di mana OPPO Reno3 Pro dapat dicas hingga 50% dalam waktu 20 menit saja, sedangkan OPPO Reno3 biasa memerlukan waktu 30 menit.

Simpulan

Itulah tadi enam poin perbedaan dari HP OPPO Reno3 dengan OPPO Reno3 Pro yang memiliki selisih harga sekitar satu jutaan. Meski keduanya memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda, secara keseluruhan dua HP ini sama-sama mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Apakah Anda lebih menyukai desain layar punch-hole ketimbang tear drop? Maka pilihlah varian Pro-nya. Terutama jika mengingat varian ini memiliki dual camera. 

Berbicara soal kamera, varian Pro memiliki resolusi lensa yang lebih unggul yang tentunya mampu mengambil gambar dengan resolusi yang lebih besar pula. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 Pro atau langsung membelinya melalui link ini.

Cukup dimaklumi bahwa varian Pro lebih unggul ketimbang OPPO Reno3 biasa, hal ini karena memang harganya dibanderol lebih tinggi. Namun, kalau Anda cukup puas dengan performa Helio P90 dan durasi pengecasan baterai yang sedikit lebih lama, belilah varian reguler di link ini. Oh iya, baca juga kelebihan dan kekurangan OPPO Reno3 untuk penjelasan lebih lanjut.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *