WHO Beri Peringatan Baru Soal Cacar Monyet

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – WHO Beri Peringatan Baru Soal Cacar Monyet. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan wabah cacar monyet atau monkeypox yang terjadi saat ini kemungkinan hanya puncak gunung es. Dalam beberapa pekan terakhir dilaporkan terdapat 200 kasus penyakit itu.

“Kami tidak tahu apakah hanya melihat puncak gunung es (atau) jika ada lebih banyak kasus yang tidak terdeteksi di masyarakat,” jelas kepala kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi WHO, Sylvie Briand dikutip dari The Guardian, Sabtu (28/5/2022).

Inggris pertama kali melaporkan kasus cacar monyet yang dikonfirmasi pada 7 Mei lalu. Sudah ada hampir 200 kasus yang dilaporkan pada WHO di negara-negara yang jauh dari wilayah di mana virus menjadi endemi.

Cacar monyet terdeteksi lebih dari 20 negara lain di seluruh dunia seperti Amerika Serikat (AS), Australia, Uni Emirat Arab dan lusinan negara Eropa.

Sementara Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa melaporkan jumlah kasusnya 219 orang. Di Spanyol, dilaporkan pada hari Jumat ada 98 kasus dan 90 infeksi terjadi di Inggris.

Portugal melaporkan menemukan 74 kasus yang dikonfirmasi. Otoritas kesehatan setempat mengatakan kasus tersebut terjadi pada pria, khususnya berusia di bawah 40 tahun.

Sementara Argentina mengonfirmasi dua kasus cacar monyet. Ini jadi kasus pertama yang ditemukan di Amerika Latin.

Briand mengatakan saat ini masih dalam tahap awal dan akan ada lebih banyak kasus di masa depan. Namun dia juga mengingatkan masyarakat tidak perlu panik.

“Ini bukan penyakit yang harus dikhawatirkan masyarakat umum. Bukan Covid atau penyakit lain yang menyebar dengan cepat,” kata dia.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220528115611-4-342500/simak-who-beri-peringatan-baru-soal-cacar-monyet

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *