Warga Tangkahan Korban Banjir Bisa Lapor Ke DPRD Medan


Foto : Ilustrasi

MEDAN Wikimedan | Belasan tahun permasalahan banjir di Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan tak kunjung selesai. Bahkan banjir yang selalu membawa limbah dari PT KIM (Persero) ke pemukiman warga menjadi momok yang menakutkan, Selasa (16/10/2018).

“Kalau permasalahan banjir yang selama ini tak ada penyelesaiannya antara warga dengan pihak PT KIM. Maka para warga korban banjir dapat mengadu ke DPRD Kota Medan,” kata Ketua LSM Berani Abdul Rahman kepada ketikberita.

Permasalahn banjir yang menimpa warga di Kelurahan Tangkahan sebenarnya telah beberapa kali dibicarakan antara PT KIM dengan warga. Awalnya di tahun 2005. Lalu berlanjut di tahun 2016 setelah didahului dengan demo yang dikerahkan Forum Masyarakat Anti Limbah dan Banjir Kelurahan Tangkahan ke depan halaman PT KIM. Namun saja permasalahan banjir di kawasan Tangkahan itu hingga kini tak ada penyelesaiannya juga.

“Kita menduga kalau demo ke PT KIM tahun yang terdahulu ada kepentingan-kepentingan segelintir orang yang mengatasnamakan warga setempat. Namun setelah ada pembicaraan dengan PT KIM warga ditinggalkan begitu saja,” kesal Rahman.

Terpisah, aliran air limbah warga serta hujan yang memasuki PT KIM adalah dari Sungai Rengas kawasan Mabar Hilir. Air banjir tersebut lalu memasuki KIM 5 dan ke mengarah ke pemukiman warga di Sinar Gunung Desa Pematang Johar .

Lokasi yang kerab menjadi langganan banjir adalah Jalan Rawe 4 Lingkungan 2 Komplek Taman Deli, Jalan Rawe 2 Pasar 5 Lingkungan 3, Jalan Rawe 5 dan Jalan Rawe 6, Komplek Yuka Lingkungan 7 serta 8 serta Perumahan Griya 2 Martubung Kecamatan Medan Labuhan.

Sekolah SD Libur Kalau Banjir Datang

Dua sekolah dasar yang selalu kebanjiran apabila parit warga yang dialiri limbah PT KIM meluap adalah SDN 067692 serta SDN 064997 di Jalan Rawe 5 Komplek Yuka Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan.

Menurut salah seorang guru wanita yang namanya tak mau disebutkan, sekolah selalu kebanjiran apabila hujan turun dan parit warga yang dipenuhi limbah PT KIM meluap. Bahkan 2 hari kemarin sekolah terpaksa diliburkan karena air menggenangi ruangan sekolah.(to)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *