Warga Malang Dihebohkan Lampor, Ini Fakta Keranda Terbang yang Bikin Merinding

Daftar Indodax

Warga Malang Dihebohkan Lampor, Ini Fakta Keranda Terbang yang Bikin Merinding. Salah satu desa di Malang sempat geger beberapa hari lalu karena salah seorang tengah melihat keranda terbang pada malam hari dan merekamnya. Hal ini diketahui ketika salah satu warga mengunggah video keranda terbang atau lampor di sosial media dan menjadi viral.

Jika dipikirkan secara logis hal ini sangatlah tak masuk akal sekaligus menyeramkan. Apakah lampor memang nyata atau sekedar makhluk mistis semata? Yuk kita simak ulasan mengenai lampor berikut ini.

Asal mula lampor

Mitos lampor sangat terkenal di dalam lingkungan masyarakat Jawa. Diceritakan bahwa makhluk halus menggunakan keranda mayat untuk memangsa manusia. Biasanya muncul pada malam hari dan jika ada manusia yang dibawa lampor setelah maghrib, biasanya tidak akan bisa kembali. Ada yang kembali pun dalam keadaan linglung atau gila. Lampor sendiri biasanya datang bersamaan dengan pagebluk, sebutan jika ada wabah penyakit sedang melanda suatu desa dan menimbulkan banyak orang meninggal.

Bentuk dan ciri adanya lampor

Dikabarkan lampor adalah keranda yang dibawa oleh setan raksasa, oleh karena itu kerandanya terlihat terbang pada malam hari. Keranda terbang ini diikuti oleh ketukan pintu di tengah malam hari yang tidak boleh dibuka atau diintip melalui jendela. Karena bagi siapa saja yang membuka pintu setelah ketukan tersebut, dipercaya ia akan meninggal dunia saat itu juga. Pada zaman dahulu, jika ada sebuah desa yang terlihat didatangi lampor, warga akan memukul kentongan sekencang-kencangnya dan menyalakan api unggun untuk mengusirnya.

Lampor nyata nggak sih?

Ada sebagian yang menyatakan jika lampor memang benar adanya, dikaitkan dengan orang Jawa yang menjelaskan jika Covid-19 ini merupakan pagebluk. Namun dari komentar video Tiktok yang viral tersebut, juga banyak yang menyatakan jika keranda terbang bisa saja merupakan hasil editan. Namun, beberapa orang tua yang sudah hidup lebih lama dari kita, cukup mengiyakan jika mitos tersebut benar terjadi di berpuluh tahun silam.

Cukup mengerikan ya jika kita benar melihat keranda terbang pada malam hari. Mungkin belum sempat merekam keranda tersebut, kita sudah menghilang dibawanya atau pingsan di jalan. Tentang benar atau tidak adanya lampor, ada baiknya kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dijauhkan dari jin, setan, dan makhluk mistis lainnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *