Trik Atasi Nyeri Kaki Akibat Pakai High Heels Seharian


Sepatu hak tinggi menjadi bagian dari gaya hidup wanita yang tidak bisa dilepaskan. Pada acara-acara tertentu, sepatu hak tinggi menjadi semacam barang wajib yang perlu digunakan. Meski kaki terlihat cantik dan jenjang saat menggunakan sepatu hak tinggi, tetapi akibat yang ditimbulkannya tidak bisa disepelekan apalagi jika digunakan terlalu lama dan sering. Lantas, bagaimana cara meredakan nyeri kaki akibat pakai sepatu hak tinggi?

Apa yang terjadi pada kaki saat menggunakan sepatu hak tinggi?

sepatu hak tinggi saat hamil

Lloyd Reed, lektor dari QUT School of Clinical Sciences, Australia menyatakan bahwa berjalan dengan sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebih pada bagian depan kaki, khususnya di bawah sendi jempol kaki.

Hampir seluruh berat tubuh akan ditumpu oleh kaki bagian depan. Maka tak jarang kondisi ini memicu rasa sakit di sendi jempol kaki, di bawah bola kaki atau metatarsalgia dan nyeri di bawah tumit atau plantar fasciitis.

Selain itu, berbagai penelitian juga melihat bahwa pembengkakan di kaki dan pergelangannya menjadi akibat pakai sepatu hak tinggi yang tidak bisa disepelekan. Hal ini diakibatkan karena adanya masalah pada sirkulasi yang akhirnya menekan pembuluh darah di kaki hingga akhirnya membengkak. Kondisi ini pada akhirnya membuat kaki nyeri dan membuat Anda menjadi sulit berjalan.

Bagaimana cara meredakan nyeri kaki akibat pakai sepatu hak tinggi?

Meski bisa menimbulkan berbagai bahaya tetapi tak usah khawatir, Anda masih bisa menggunakan sepatu hak tinggi asal tidak berlebihan. Namun, saat rasa sakit menyerang setelah pakai sepatu hak tinggi selama seharian, maka Anda bisa melakukan berbagai cara berikut untuk membantu meredakannya:

1. Merendam kaki

merendam kaki

Merendam kaki ke dalam air hangat yang telah ditaburi garam Epsom dapat membantu meredakan rasa sakit. Garam Epsom adalah mineral alami magnesium dan sulfat yang dapat diserap melalui kulit dan meredakan bagian tubuh yang sakit termasuk kaki.

Kandungan magnesium di dalam garam ini dapat membantu mengurangi peradangan dan juga kram di kaki. Sementara air hangat membantu melebarkan pembuluh darah dan membuka pori-pori kulit. Rendam kaki selama 20 menit sembari bersandar agar tubuh kembali rileks.

2. Melakukan peregangan

latihan kelenturan, peregangan kaki, stretching kaki

Melakukan peregangan dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat pakai sepatu hak tinggi. Cara melakukannya mudah, Anda hanya perlu duduk dan meluruskan kedua kaki ke depan. Kemudian, bungkukkan tubuh dan raih telapak kaki Anda dengan kedua tangan, tahan selama kurang lebih 10 detik. Kemudian dengan posisi duduk yang sama, tekuk salah satu kaki ke arah dada dan tahan selama 60 detik. Kemudian, ganti kaki dan ulangi hingga Anda merasa lebih baik.

Kemudian, cobalah untuk berdiri dan putar pergelangan kaki searah dan berlawanan jarum jam secara bergantian. Peregangan yang satu ini dapat membantu melancarkan sirkulasi dan menghilangkan kelebihan cairan di kaki bagian bawah yang membuatnya terlihat membengkak.

3. Mengompres dengan es

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Jika kaki terasa berdenyut dan mengalami kemerahan, maka Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan es. Es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan. Caranya mudah, ambil es batu atau es yang telah mencair dengan menggunakan handuk kemudian bungkus kaki bagian bawah Anda. Ingat jangan menempelkan es batu langsung ke kulit Anda karena dapat mengakibatkan kerusakan jaringan kulit. Ulangi hingga Anda merasa jauh lebih baik.

4. Memijat kaki

pijat kaki

Memijat kaki membantu meredakan nyeri dan pegal. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan kepada terapis ahli. Pijat membantu melancarkan sirkulasi darah yang terhambat, mengurangi pembengkakan limfatik, dan meringankan cedera ringan yang mungkin terjadi akibat pakai sepatu hak tinggi.

Baca Juga:



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *