Tips Tepat Mencari Rumah Dikontrakkan Sebelum Memutuskan Kontrak Rumah

Daftar Indodax

Tips Tepat Mencari Rumah Dikontrakkan Sebelum Memutuskan Kontrak Rumah – Rumah kontrakan merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kalangan yang mempunyai budget terbatas, namun  ingin tinggal di hunian yang serasa milik sendiri. Tidak sama dengan kost, rumah kontrakan lebih menawarkan privasi yang eksklusif. Karena Anda memiliki hak menggunakan fasilitas dalam hunian secara utuh tanpa harus merasa terbebani karena harus berbagi dengan penghuni lainnya.

Seperti saat menyewa rumah dikontrakkan, tentunya ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan. Tujuannya pun baik, agar Anda dapat memilih rumah yang ingin Anda tempati sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan.

Tips Tepat Mencari Rumah Dikontrakkan Sebelum Memutuskan Kontrak Rumah

Walaupun hanya digunakan sebagai hunian sementara, faktanya saat akan memilih rumah kontrakan Anda tidak bisa melakukannya dengan gegabah. Anda juga harus memiliki strategi yang tepat dan solutif saat akan mencari kontrakan rumah sewa yang tepat.

Harga rumah yang terus melambung setiap tahun, tentu bukan perkara mudah untuk sebagian orang. Apalagi untuk kalangan menengah bawah. Sehingga tidak heran bila banyak yang memilih tinggal di rumah kontrakan bila harus membeli rumah. Karena faktor biaya sewanya yang lebih murah sangat jauh bila dibandingkan dengan harga beli rumah baru ataupun bekas.

Berikut ini ada 7 tips yang dapat Anda gunakan saat akan memilih rumah dikontrakkan untuk menjadi hunian sementara.

 

Tips Memilih Kontrakan Rumah secara Tepat dan Efisien

  • Menentukan Lokasi yang Strategis

Tips pertama yang harus Anda lakukan saat mencari rumah yang ingin digunakan adalah menentukan lokasi. Dengan menentukan lokasi rumah yang strategis atau sesuai dengan kegiatan, maka segala aktivitas Anda dapat terakomodir dengan mudah.

Sebagai contoh adalah memilih rumah kontrakan yang memiliki lokasi yang dekat dengan tempat kerja. Bila tidak ada, maka Anda harus mempunyai referensi lain, yakni mencari lokasi yang dekat dengan fasilitas umum. Hal tersebut sangat penting, agar Anda dapat beraktivitas sehari-hari dengan mudah.

 

  • Lakukan Riset Harga dan Fasilitas

Tips kedua adalah melakukan riset harga sewa rumah kontrakan. Umumnya harga dari rumah yang dikontrakkan tergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Oleh karena itu Anda sudah harus siap dengan budgetnya. Karena semakin lengkap fasilitas yang tersedia, maka akan semakin mahal pula biaya sewa rumah tersebut.

Pilihlah rumah yang akan disewa dengan fasilitas standar. Dengan demikian Anda dapat menghemat pengeluaran. Tidak harus dengan fasilitas yang mewah, karena yang terpenting dengan adanya fasilitas tersebut sudah harus memenuhi segala kebutuhan Anda dan keluarga.

 

  • Survei Langsung dan Perhatikan Keamanan Lingkungan Sekitar

Saat melakukan survei lokasi secara langsung, pastikan juga untuk memperhatikan keamanan yang ada di lingkungan sekitar. Pastikan dengan tepat kalau keamanan lingkungan tidak hanya aman dari tindak kejahatan saja, tetapi juga harus aman dari segala risiko yang umumnya terjadi saat hujan melanda, yakni banjir.

Selanjutnya perhatikan juga apakah di lokasi rumah dikontrakan tersebut sudah tersedia petugas keamanan yang berjaga. Dan jangan sungkan untuk bertanya kepada calon tetangga Anda, mengenai pengalaman di lokasi tersebut sudah aman dari tindak kejahatan atau tidak. Dan tanyakan pula dengan kondisi lingkungan yang rawan banjir atau sebaliknya.

 

  • Pilih Rumah Kontrakan dengan Jangka Waktu Singkat

Selanjutnya tips yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari rumah kontrakan yang memiliki jangka waktu sewa relatif cukup singkat. Karena saat ini jangka waktu sewa rumah sudah dapat ditentukan oleh pemilik rumah. Misalnya rumah kontrakan yang dapat disewa perbulan, perenam bulan, bahkan maksimal jangka waktu yang paling lama adalah pertahun.

Hal tersebut penting dilakukan guna mengantisipasi apabila Anda harus pindah ke daerah lain sewaktu-waktu nanti. Selain itu juga alasan lain yang dapat menjadi pilihan adalah dengan jangka waktu yang singkat, maka Anda dapat dengan mudah berpindah apabila sudah menemukan kontrakan yang lebih murah.

Apabila Anda seorang mahasiswa, maka Anda harus menyiapkan dana lebih. Karena umumnya mahasiswa memiliki jangka waktu belajar yang lebih lama, sehingga tidak masalah apabila memilih rumah kontrakan dengan jangka waktu sewa yang lumayan lama, yakni per tahun.

 

  • Membuat Rencana Keuangan

Saat akan memutuskan pindah ke rumah kontrakan, tentu Anda sudah harus membuat rencana keuangan. Hal tersebut penting dilakukan agar Anda dapat mengetahui secara pasti mengenai biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan rumah kontrakan adalah mengkalkulasikan biaya sewanya dengan perhitungan pengeluaran lainnya selama satu bulan.

Yang terpenting adalah jangan lupa juga untuk memastikan kalau Anda masih memiliki sisa gaji sebesar minimal 30 persen, setelah semua biaya dibayarkan. Dengan demikian Anda dapat menabung untuk membeli rumah impian bersama keluarga tercinta.

 

  • Tidak Perlu Malu

Bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang menghabiskan pendapatannya untuk melakukan hal-hal yang bersifat tidak penting. Atau biasanya dilakukan hanya untuk menjaga gengsi belaka, termasuk didalamnya saat mencari rumah yang akan ditempati sementara waktu.

Anda harus ingat dengan tujuan awal, yakni mencari rumah dikontrakan hanya sebagai tempat tinggal sementara waktu sebelum akhirnya memiliki rumah idaman. Oleh sebab itu sebaiknya tidak menghabiskan uang terlalu banyak untuk mengisi rumah tersebut dengan perabotan-perabotan yang banyak.

Meski demikian Anda tetap harus menyesuaikan kontrakan rumah yang ingin dipilih sesuai dengan kebutuhan. Karena lebih baik untuk berhemat saat ini dan mendapatkan rumah impian, daripada harus menghabiskan uang hanya untuk kepentingan pribadi saja.

Share :