Tips dan Cara Membersihkan AC Agar Selalu Awet

Jika Anda memiliki AC Samsung terbaru, Anda tidak boleh hanya menggunakannya terus menerus tanpa dirawat dan dibersihkan. Sama seperti barang elektronik lainnya, AC juga butuh dibersihkan. Seringkali, para pemilik AC baru membersihkan perangkat penyejuk ruangan ini ketika sudah mulai muncul tanda-tanda kerusakan.

AC yang jarang dibersihkan memang bisa menimbulkan berbagai masalah. Debu yang menumpuk pada komponen AC akan membuat perangkat ini bekerja tidak optimal. Masalah yang bisa terjadi seperti AC tidak dingin. Selain itu, debu yang menumpuk juga bisa menyebabkan AC tidak bekerja optimal untuk menyaring udara dan alergen yang ada di dalam ruangan. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap sesuatu.

Idealnya, Anda membersihkan AC setidaknya sebulan sekali. Jadi kalau Anda membeli AC Samsung terbaru pada bulan lalu, Anda perlu membersihkannya bulan ini. Mengundang tukang AC setiap bulan untuk membersihkan AC tentu akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membersihkan AC secara mandiri.

 

Membersihkan AC Agar Tetap Awet

Tidak sulit kok membersihkan AC. Anda berpikir membersihkan AC itu sulit karena mungkin Anda belum pernah mencobanya. Coba tips berikut ini untuk membersihkan AC. Dijamin mudah.

Bersihkan filter AC dengan menggunakan vacum cleaner, kemoceng, dan lap

Pemakaian secara terus menerus akan menyebabkan filter AC penuh dengan debu. Karena itu Anda perlu membersihkannya. Caranya mudah, Anda bisa menggunakan vacum cleaner, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada filter AC.

 

Jangan lupakan bagian kumparan evaporator dan kipas

Selain filter, komponen lain yang tidak kalah penting adalah bagian kumparan evaporator dan kipas. Mengingat komponen ini terpasang secara permanen, untuk membersihkan bagian ini Anda bisa menggunakan semprotan pembersih khusus AC.

 

Unit outdoor juga perlu dibersihkan

Tidak hanya unit indoor yang perlu dibersihkan, unit outdoor juga tidak boleh dilupakan. Caranya dengan menyemprotkan air bertekanan ke arah unit agar debu dan kotoran yang menempel bisa segera rontok.

Nah itu tips untuk membersihkan AC. Untuk cara membersihkan AC Samsung terbaru atau AC lainnya yang Anda miliki secara step by step, coba ikuti langkah berikut.

  1. Matikan AC.
  2. Cabut kabel AC dari sumber listrik, baik unit indoor maupun unit outdoor.
  3. Bacalah buku panduan sebelum melepas dan membersihkan komponen-komponen AC agar tidak terjadi kesalahan.
  4. Gunakan alat pembersih untuk membersihkan debu, seperti vacum cleaner, kemoceng, dan lap.
  5. Untuk filter air, setelah bebas dari debu, bilas filter di bawah aliran air. Jika hasilnya kurang memuaskan, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun cuci piring cair.
  6. Jemur filter di tempat teduh. Jangan menjemurnya di bawah terik matahari langsung.
  7. Jangan lupa bersihkan juga unit outdoor dengan menyemprotkan air bertekanan ke arah unit.

Demikian tips dan cara membersihkan perangkat AC. Baik AC lama maupun AC baru, keduanya juga perlu dibersihkan secara berkala jika Anda tidak ingin perangkat penyejuk ruangan yang Anda miliki cepat rusak sehingga tidak tahan lama. Selain dibersihkan, Anda juga perlu melakukan servis pada perangkat AC secara rutin.

Jika AC Anda sudah berumur tua dan sudah sering bermasalah, Anda sepertinya perlu menggantinya dengan AC yang baru. Anda bisa memilih AC Samsung terbaru yang tersedia di Bukalapak. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, beli AC pun tidak perlu pergi ke toko. Anda bisa membelinya secara online melalui laman dan aplikasi Bukalapak yang sudah dijamin aman dan tentu saja mudah.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *