Tinggalkan Kerja Kantoran Mapan, Pria Ini Sekarang Sukses Jadi Petani Milenial

Daftar Indodax

Tinggalkan Kerja Kantoran Mapan, Pria Ini Sekarang Sukses Jadi Petani Milenial. Berprofesi sebagai petani memang kerap dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Namun tidak dengan pria bernama Rio Erlangga. Pria 35 tahun ini bahkan rela meninggalkan posisinya sebagai HRD di perusahaan automotif multinasional demi bisa bertani.

Padahal di luar sana begitu banyak yang sekolah tinggi agar bisa bekerja di kantor bergengsi dan mendapat jabatan tinggi. Lantas, apa yang membuat Rio justru melepas jabatannya dan malah beralih menjadi petani? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Meninggalkan pekerjaan mapan di kantor

Nyatanya, keluar dari perusahaan bukan berarti Rio tidak memiliki pendapatan yang cukup. Justru sebaliknya, sebelum memutuskan resign, Rio bahkan memiliki jabatan yang cukup tinggi di perusahaan automotif. Rio menjelaskan jika sudah sekitar delapan tahun dia bekerja sebagai Sales Operation, kemudian memegang Asset Management, dan pernah juga memegang HR-Compensation Benefit selama empat tahun. Memutuskan keluar dari perusahaan tentu bukan tanpa alasan, bagi Rio, menjadi petani adalah impian.

Nggak asal jadi petani

Menjalani sebuah profesi baru, tentu saja tak boleh asal terjun. Karena menjalani usaha tanpa ilmu sama saja dengan membuang-buang tenaga. Begitu juga dengan Rio Erlangga, setelah resmi resign dari perusahaan pada tahun 2016, Rio mencari mentor yang sudah berpengalaman di bidang pertanian. Setelah menerima ilmu dari mentor senior di bidang yang ia minati, Rio pun langsung memulai usahanya. Rio juga memutuskan fokus dulu dengan bertani lemon dan jahe selama 6 bulan, yang ternyata hasilnya cukup memuaskan.

Sukses besar

Memulai usaha pertanian di tahun 2016, perkembangan bisnis Rio bisa dibilang cukup cepat. Di awal, Rio hanya memiliki dua hektar lahan untuk bercocok tanam. Siapa sangka jika kini lahan yang dimiliki Rio mencapai 300 hektar, tersebar di beberapa kota di Indonesia. Tak hanya itu, dia juga mendirikan CV Cipta Agripratama. Berbeda dengan dulu, Rio bekerja pada perusahaan, kini dia bahkan memberikan peluang kerja bagi banyak orang.

Bukan berarti usaha tanpa hambatan

Membahas soal bisnis, setiap pelaku bisnis pasti pernah merasakan yang namanya kendala, seperti masyarakat yang lebih suka dengan produk-produk impor dari luar negeri. Hingga Rio Erlangga harus menunggu kesempatan untuk bisa mengunggulkan produk lokal andalannya. Rio juga berani memberikan harga yang bersaing, hingga akhirnya produk-produknya mulai diminati masyarakat. Rio selalu memperingatkan  para pelaku bisnis untuk memiliki mental yang kuat dan juga tim yang solid.

Itulah sedikit ulasan tentang kesuksesan Rio Erlangga di bidang pertanian. Meski di awal merupakan karyawan kantoran dengan jabatan cukup menjanjikan, namun kecintaannya di dunia pertanian menjadi jalan baginya untuk menjadi lebih sukses.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *