Terobosan Heroik M Nur Latuconsina Menuju Bakornas LKBHMI

Daftar Indodax

JAKARTA Wikimedan | Terobosan Heroik M Nur Latuconsina Menuju Bakornas LKBHMI. Musyawarah nasional lembaga konsultasi dan bantuan hukum Himpunan Mahasiswa Islam (Munas LKBHMI) ke-VII akan digelar di Bandung, Provinsi Jawa barat pada bulan September ini.

Munas LKBHMI ini, tentunya banyak persaingan dari para kandidat merebut bakornas LKBHMI. Namun, dalam menuju munas ini, ada sosok yang tak asing lagi bagi Nusantara. Kandidat ini berasal dari HMI cabang Ambon, bernama M Latuconsina SH, yang sebelumnya menjabat sebaga Direktur hukum tatanegara bakornas LKBHMI.

Pria yang berkelahiran 21 Februari 1993 ini, bertekad membawa pembaharu bagi dunia advokasi dan hukum di himpunan mahasiswa Islam se-nusantara. Kader HMI satu ini, ternyata aktif dalam dunia hukum sejak berkuliah di universitas Pattimura Ambon. Selain menjadi pejabat struktural di LKBHMI pada periode 2018-2020, Latuconsina juga aktif dalam keanggotaan perhimpunan advokat Indonesia (PERADI).

Dengan modal pengalaman dan tekad pada dunia hukum, Latuconsina punya terobosan dan misi yang akan dilakukan, termasuk tentang simposium LKBHMI seluruh cabang di Indonesia.

“Seperti Simposium hukum nasional yang melibatkan temen-temen cabang, buat sekolah kepemimpinan, yang juga melibatkan para direktur cabang,”kata M Nur Latuconsina, selasa (14/09/2021).

Selain itu, kader HMI asal Ambon yang telah menyelesaikan pendidikan sampai jenjang LK-III di HMI ini, menjelaskan misi unggulnya untuk meyakinkan LKBHMI tingkat cabang di Indonesia.

Mulai dari Elaborasi LKBHMI di tingkat Bakornas dengan bidang hukum dan HAM PB HMI, LKBHMI harus lebih serius mengadvokasi masyarakat secara cuma-cuma.

Lebih lanjut, Latuconsina juga berkeinginan Mendaftarkan LKBHMI sebagai OBH (organisasi bantuan hukum) di kemenkumham. “Agar LKBHMI di tingkat cabang bisa melakukan advokasi baik Litigasi maupun non Litigasi,”imbuhnya

Ia juga menambahkan, adanya akselerasi LKBHMI dengan lembaga hukum negara. “Yaitu Kejaksaan, Mahkamah Agung, komisi yudisial, serta lembaga hukum lainya,”ujarnya.

Bahkan langkah heroiknya ini, juga akan dilakukan dengan kolaborasi LKBHMI dengan lembaga-lembaga LBH. “Untuk melakukan sekolah advokasi tingkat Bakornas dan tingkat cabang,”pungkasnya

Latuconsina juga punya rekam karir ke-HMIannya, mulai dari pengurus komisariat HMI, pengurus cabang, LKBHMI cabang, hingga pengurus Bakornas LKBHMI. Tak hanya dilingkup HMI, ia juga punya perjalanan panjang diorganisasi lainnya bahkan menjadi pembina Forum mahasiswa Masohi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *