Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Saat Puasa

Daftar Indodax

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Saat Puasa – Pernah nggak sih memiliki keluhan seperti perut mual saat puasa atau lemas dan sangat haus di siang hari? Memang sih, namanya juga sedang puasa pasti energi jadi lebih berkurang dari biasanya. Tapi bisa jadi ini tandanya ada yang tidak beres di tubuhmu loh. Jadi jangan selalu dianggap sepele ya.

Ternyata, keluhan-keluhan tersebut bisa jadi tanda bahwa tubuh kamu kurang terhidrasi. Alasannya mungkin di saat berbuka hingga sahur, kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan ini. Menurutmu mungkin ini biasa saja, tapi ternyata kebiasaan ini bisa bikin tubuhmu tak nyaman selama puasa. Apa saja itu?

Minum teh atau kopi saat sahur dan berbuka

Berbukalah dengan yang manis, sering dengar kalimat itu ya? Memang sih setelah seharian berpuasa tuh energi bisa langsung terisi kembali ketika kita minum sesuatu yang manis. Pilihanmu mungkin jatuh pada teh atau kopi, baik hangat atau dingin. Lalu lanjut makan makanan ringan atau takjil. Tapi setelah itu, kok jadi ingin buang air kecil terus sih?

Ternyata, teh dan kopi memiliki sifat diuretik. Ini adalah semacam zat yang bisa meningkatkan jumlah produksi air kencing dan membantu membuang kelebihan air. Zat ini meningkatkan aliran darah ke ginjal sehingga garam yang mengikat air akan dikeluarkan lebih intens. Akibatnya, jumlah cairan intravaskuler mengalami penurunan dan berdampak pada tekanan darah juga. Kalau ini yang terjadi biasanya kamu akan mudah dehidrasi dan pusing.

Terlalu banyak konsumsi makanan asin saat sahur

Coba ingat-ingat, pernah nggak kamu buang air kecil banyak sekali setelah sahur? Perhatikan deh, apakan ini terjadi karena kamu baru saja mengonsumsi makanan asin saat sahur tadi? Jika iya, maka ini wajar saja terjadi. Sebab, konsumsi makanan asin atau yang mengandung banyak garam memang bisa jadi pemicu dehidrasi.

Garam dalam makanan yang kamu konsumsi akan dikeluarkan bersamaan dengan air karena keduanya memang tak bisa dipisahkan. Sekarang bayangkan jika kamu makan sesuatu yang banyak garamnya, akan makin banyak air juga yang dikeluarkan dari tubuh bukan? Karena itu seimbangkan kadar garam, gula dan lainnya ketika makan sahur atau berbuka.

Berolahraga di waktu puasa

Loh, olahraga yang bikin sehat kok nggak boleh dilakukan sih selama puasa? Memang betul bahwa sebaiknya aktivitas fisik tetap dilakukan saat sedang berpuasa. Tapi kamu mesti tahu bahwa ada baiknya memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Mengapa? Sebab aktivitas ini akan membuat tubuh jadi kehilangan cairan. Jika dilakukan di waktu yang tidak tepat, kamu bisa merasa sangat haus karena kekurangan cairan.

Ada baiknya jika ingin berolahraga saat berpuasa, lakukan di waktu-waktu menjelang berbuka puasa. Misalnya 30 menit sebelum waktu berbuka. Ini dinilai aman karena tak terlalu jauh dari waktu berbuka sehingga selesai berolahraga kamu bisa langsung mengganti cairan yang hilang tadi dengan berbuka. Selain itu, pilih olahraga yang ringan seperti berjalan, stretching atau yoga ketika berpuasa.

Langsung tidur setelah santap sahur

Tidak sedikit orang yang dikalahkan oleh rasa kantuk setelah santap sahur. Akibatnya sering kali banyak yang memilih kembali tidur setelah selesai sahur. Padahal kebiasaan ini ternyata tak begitu baik loh untuk kesehatan. Kebiasaan ini bisa memicu mual dan gangguan kesehatan lain seperti maag, kenaikan berat badan, perut buncit bahkan resiko gangguan stroke.

Rasulullah SAW juga melarang umatnya untuk tidur setelah sahur sebab pagi hari adalah waktu yang penuh berkah. Hal ini senada dengan sabdany yaitu “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” Pun Ibnu Qayyim Al-jauziyyah ra juga berkata “Tidur setelah subuh mencegah rezeki. Karena waktu subuh adalah waktu makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh) kecuali ada penyebab atau keperluan.”

Kurang atau berlebihan minum air

Saat berpuasa, tubuh yang biasanya bisa dapat asupan cairan kapan saja jadi terbatasi hanya saat berbuka hingga sahur tiba. Akibatnya, sering kali kita merasa tenggorokan jadi kering bahkan dehidrasi. Sebab itu, konsumsi air di waktu berbuka hingga sahur harus diperhatikan dengan baik. Jika kekurangan, tentu tubuh akan mengalami dehidrasi. Kamu pasti akan menjalani puasa dengan tubuh yang lemas, aktivitas jadi tersendar akibatnya.

Tapi tak berarti harus menggelonggong diri dengan air ya, karena konsumsi air berlebihan pun juga tak menjamin kamu tak akan haus ketika waktu puasa tiba. Standarnya, seseorang harus minuam setidaknya 8 gelas air dalam sehari. Lantas ketika berpuasa, kamu bisa membagi konsumsi air menjadi 1 gelas ketika adzan maghrib, 1 gelas sebelum berbuka puasa (makanan berat), 1 gelas setelah selesai berbuka, 1 gelas setelah sholat isya dan tarawih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas sesaat setelah bangun sahur, 1 gelas sebelum sahur dan 1 gelas setelah makan sahur. Kamu juga bisa mengonsumsi sayur atau buah yang mengandung banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.

Jika dilakukan dengan benar, puasa tak hanya akan membuatmu mendapatkan pahala tapi juga tubuh yang makin sehat. Sebisa mungkin hindari kebiasaan-kebiasaan di atas agar puasamu lancar hingga hari terakhir Ramadhan ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *