Suka Makan Greek Yogurt? 6 Kebaikan Ini yang Akan Anda Dapatkan


Greek yogurt adalah satu dari beberapa jenis pilihan yogurt yang bisa dengan mudah Anda temui di pasar swalayan. Berbeda dengan yogurt jenis lainnya, greek yogurt hadir dengan tekstur kental, tapi tetap lunak sehingga aman dimakan untuk semua usia. Namun, tidak hanya itu saja manfaat greek yogurt yang bisa Anda dapatkan. Penasaran ingin tahu kebaikan apa lagi yang disajikan oleh yogurt dengan tekstur kental ini? Berikut ulasannya.

Berbagai manfaat greek yogurt yang baik untuk tubuh

1. Kandungan protein tinggi

Protein adalah nutrisi penting yang turut menyumbang energi untuk tubuh sekaligus menjalankan beragam fungsi tubuh lainnya. Mencukupi kebutuhan protein akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, serta mengatur keseimbangan cairan.

Semua jenis yogurt umumnya kaya akan protein, tapi greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dibandingkan dengan yogurt biasa.

Ada 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yogurt, jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak. Itulah mengapa greek yogurt bisa jadi alternatif sumber protein yang baik, bagi Anda yang sedang menghindari makan daging.

2. Mengandung probiotik

Kandungan probiotik dalam yogurt memang sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama greek yogurt. Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik lainnya di dalam usus. Tak heran, rutin mengonsumsi makanan sumber probiotik bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi sakit perut dan diare.

Uniknya, tidak hanya menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, sebuah penelitian membuktikan bahwa probiotik juga bisa memengaruhi kondisi otak. Mulai dari meredam otak untuk berpikir mengenai kesedihan, hingga memperbaiki pikiran mengenai hal-hal baik, dilansir dari Healthline.

3. Mengandung kalsium tinggi

Manfaat greek yogurt lainnya yang tak kalah menarik yakni kaya akan kandungan kalsium. Ya, kalsium merupakan kunci untuk membangun sekaligus mempertahankan fungsi otot dan tulang yang kuat.

Itu sebabnya, greek yogurt bisa jadi pilihan ideal untuk semua kalangan usia, terlebih orang dewasa atau lanjut usia yang rentan kena osteoporosis.

Lebih dari itu, tekstur greek yogurt yang cenderung tebal dan creamy membuatnya lebih mudah saat dikunyah, khususnya bagi orang lanjut usia yang memiliki masalah saat mengunyah makanan.

4. Rendah laktosa

Berbeda dengan jenis yogurt lainnya, greek yogurt hadir dengan kandungan laktosa yang lebih rendah daripada yogurt biasa. Bahkan, jika Anda memilih greek yogurt yang plain alias tanpa rasa, bisa sama sekali tidak mengandung gula susu.

Alasan inilah yang menjadikan manfaat greek yogurt aman dikonsumsi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa).

5. Rendah karbohidrat

Oleh karena greek yogurt mengandung gula yang lebih rendah daripada yogurt lain pada umumnya, maka otomatis total karbohidrat yang terkandung dalam greek yogurt pun akan lebih sedikit pula. Maka itu, greek yogurt merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Pasalnya, kandungan gula dalam greek yogurt berkisar antara 5-8 gram daripada yogurt biasa yang bisa mencapai 12 gram atau lebih.

6. Kaya akan vitamin B-12

Meski hadir dengan kandungan gula yang rendah, namun greek yogurt tetap memberikan vitamin dan mineral yang optimal untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin B-12. Ini karena satu porsi greek yogurt bisa memenuhi hingga 21 persen kebutuhan vitamin B-12 harian Anda.

Disini, vitamin B-12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Greek yogurt juga bisa menjadi makanan sumber vitamin B-12 lain bagi Anda yang sedang menghindari ikan, daging, telur, dengan kandungan vitamin B-12 yang tidak kalah baik.

Baca Juga:



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *