Terdampak Corona, Industri Smartphone di China Anjlok

Jakarta, Wikimedan Tak hanya merugikan secara kesehatan, industri smartphone di China juga turut terdampak wabah virus Corona. Kabarnya, pengiriman ponsel di China diprediksi menurun pada kuartal pertama di 2020.

Lembaga riset terkemuka, Internal Data Corporation (IDC), memprediksi pengiriman smartphone di China bakal menurun lebih dari 30% pada Q1 2020, dibandingkan dengan Q1 2019. IDC menyebut alasannya karena adanya hambatan Corona pada rencana keseluruhan dari proses pengiriman ponsel pintar di China.

“Wabah Corona menciptakan ketidakpastian pada rencana peluncuran, rantai pasokan, saluran distribusi, baik dalam jangka menengah maupun panjang,” terang IDC, dikutip dari CNBC International, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Apple Pindahkan Produksi ke Luar China

Senada dengan hal ini, Canalys juga turut memberikan laporan yang sama. Lembaga riset itu memprediksi industri smartphone bakal anjlok 50% pada kuartal yang sama. Canalys juga menyebut beberapa vendor smartphone justru memilih untuk berhenti memasarkan produk.

“Vendor teknologi memilih menghentikan pemasaran karena tak mungkin mengalihkan perhatian ke perilisan produk, seperti perangkat 5G.” jelas Canalys.

Lembaga riset itu juga memprediksi akan ada penundaan peluncuran hingga penurunan pengiriman perangkat 5G akibat dari wabah Corona.

“Ini akan memakan waktu bagi vendor untuk mengubah roadmap peluncuran produk mereka di China, yang kemungkinan akan mengurangi pengiriman 5G pada 2020.” imbuh Canalys.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *