Tempat Terkenal yang Sering Bikin Bingung Masuk Wilayah Mana, Salah Satunya Candi Borobudur

Daftar Indodax

Tempat Terkenal yang Sering Bikin Bingung Masuk Wilayah Mana, Salah Satunya Candi Borobudur – Beberapa waktu yang lalu, Yogyakarta menjadi trending di Twitter. Ternyata ini berawal dari cuitan seorang WNA asal Malaysia yang mengunggah fotonya saat tengah berlibur di Borobudur. Tak ada yang aneh memang dari foto tersebut, tapi caption dari foto ini yang bikin netizen Indonesia menggeruduk cuitannya.

Dalam cuitannya, pemilik akun @amer_aljeffrey menuliskan “Borobudur Temple – Yogyakarta”. Ya betul, lokasi yang dituliskan oleh pria ini memang tidak tepat sebab Borobudur berlokasi di Magelang, bukan di Yogyakarta. Namun sebenarnya, kalau disadari fenomena bingung lokasi atau salah kaprah lokasi seperti ini sudah sering terjadi loh. Bahkan tak hanya untuk warga negara asing saja, kita sendiri sebagai orang Indonesia juga sering melakukannya. Mari kita ulas sejenak.

Ini dia cuitan yang sebut Borobudur di Yogyakarta

Awalnya memang bikin penasaran, mengapa Yogyakarta menjadi trending di Twitter. Ternyata asalnya adalah dari cuitan ini. Kamu mungkin tak sempat melihatnya, maka inilah cuitan tersebut. Sebenarnya cuitan ini sudah diunggah pada awal Mei, namun baru pada pertengahan Mei cuitan ini menarik perhatian.

Ini bermula saat si empunya akun membalas “Okay! Still dalam negeri Yogyakarta kan?” ketika seorang netizen Indonesia memberitahu bahwa Borobudur itu berada di Magelang. Tak butuh lama, cuitan Amer Al Jeffrey ini langsung diserbu netizen Indonesia. Tidak sedikit di antaranya berisi nyinyiran.

Fenomena bingung dan salah kaprah lokasi tempat terkenal

Sebenarnya, fenomena bingung atau salah kaprah lokasi tempat terkenal ini tidak asing kok. Untuk orang Indonesia sendiri bahkan masih sering salah menyebutkan lokasi tepat dari sebuah tempat. Salah satunya seperti yang dicuitkan oleh akun Twitter @musthave_it, katanya ,”Aku yang orang Indonesia aja mikir Borobudur di Yogyakarta. Itu bandar (bandara) udara soekarno hatta aja katanya di Jakarta padahal sebenarnya di Tangerang orang tidak ada yang ribut. Sudahlah, yang penting enjoy holiday.”

Tempat-tempat di Indonesia ini juga sering salah disebut lokasinya

Tak percaya kalau fenomena ini sebenarnya sudah jadi hal yang biasa di Indonesia? Coba deh baca dan centang tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini. Ada berapa sih yang bisa kamu sebutkan dengan benar lokasinya? Atau selama ini ternyata kamu juga salah kaprah dengan lokasinya?

  • Bandara Juanda di Surabaya, padahal lokasinya ada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo
  • Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, padahal lokasi tepatnya di Kota Tangerang, Banten
  • Bandara Adi Soemarmo Solo, padahal ternyata masuk wilayah Kabupaten Boyolali
  • Terminal Bungurasih atau Purabaya Surabaya, aslinya terletak di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo
  • Candi Prambanan di Yogyakarta, padahal sebagian wilayah candi ini masuk dalam Kabupaten Klaten
  • UIN Jakarta, alamat tepatnya ada di Tangerang Selatan

Dan kami rasa, masih banyak juga nih tempat-tempat di Indonesia yang terkenal tapi sering salah disebut lokasinya.

Fenomena ini sebenarnya bisa terjadi karena beberapa alasan. Untuk tempat wisata misalnya, sering kali destinasi wisata yang berada di sekitar kota populer disebut berlokasi di kota populer tersebut. Tujuannya ya untuk mempermudah calon wisatawan untuk mengingat. Pun yang terjadi pada tempat-tempat penting lain seperti bandara hingga kampus.

Boleh saja sih mengingatkan atau memberitahu lokasi yang tepat. Asal cara memberitahunya lebih baik dan tidak ngegas ya. Agar tidak terbukti tuh survey dari Microsoft yang menyebut bahwa netizen Indonesia adalah yang paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Hehe.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *