Tak Hanya Padamkan Api, Ini 7 Kasus Unik Yang Diselesaikan Pemadam Kebakaran

Daftar Indodax

Tak Hanya Padamkan Api, Ini 7 Kasus Unik Yang Diselesaikan Pemadam Kebakaran. Ketika terjadi kebakaran, garda penyelamat paling depan yang harus ada tentu saja petugas pemadam kebakaran. Tak cuma memadamkan api yang berkobar, mereka juga akan berusaha sekuat tenaga untuk melindungi nyawa, hingga sebisa mungkin tidak terjadi kerugian atau ada korban yang jatuh. Namun, peran petugas pemadam kebakaran tidak hanya itu saja.

Namanya memang petugas pemadam kebakaran, tapi jasanya lebih dari itu dan mungkin tak semua orang mengetahuinya. Biasanya, mereka juga akan siap siaga ketika dibutuhkan bantuan untuk bencana. Tapi, seringkali ada juga lho kasus unik yang butuh diselesaikan oleh pemadam kebakaran. Apa saja itu? Berikut telah kami rangkumkan beberapa kasus atau tugas unik yang pernah dilakukan pemadam kebakaran di Indonesia.

Selamatkan jari dari cincin yang nyangkut

Biasanya sabun atau minyak akan menjadi penyelamat jari dari cincin yang nyangkut. Tapi bagaimana jika cara ini tidak berhasil dan jari makin bengkak karena aliran darah tersumbat? Jawabannya adalah segera panggil pemadam kebakaran. Mereka dengan senang hati akan membantu melepas bahkan memotong cincin.

Kasus seperti ini cukup sering terjadi di Indonesia. Salah satunya di awal Juni lalu, seorang anak kecil di Sukoharjo yang kesakitan setelah cincin mainannya tidak bisa dilepas akhirnya dibawa oleh sang ibu ke Mako Damkar. Cincin kemudian dipotong, anak dan ibu bernafas lega.

Selamatkan anak kucing

Ternyata, video penyelamatan anak kucing atau kucing tidak hanya ada di luar negeri saja. Di Indonesia juga banyak lho video yang memperlihatkan petugas damkar yang menyelamatkan anak kucing. Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun @jakut.info di Instagram bulan Mei lalu. Seekor anak kucing terlihat terjebak dan butuh bantuan atau akan terancam tenggelam. Dengan segera, pemadam kebakaran datang dan menyelamatkannya.

Semprot orang yang nekad nobar di masa pandemi

Ternyata selang semprotan air yang dimiliki oleh damkar bisa berguna juga di masa pandemi sekarang ini. Seperti yang terjadi di Demak beberapa hari yang lalu, sekumpulan orang nekat nonton bareng Euro 2020 di sebuah warung padahal kasus penularan COVID-19 masih tinggi-tingginya. Setelah sebelumnya pemilik warung sempat mengelabui satgas dan petugas, kerumunan dibubarkan dengan semprotan air tanpa ampun. Lain kali mungkin bisa nonton di rumah sambil meeting online saja, deh.

Tangkap ular piton

Bagaimana jadinya jika suatu ketika kamu menemukan seekor ular piton sepanjang 5 meter di sebuah ruangan? Pasti kaget dan panik. Inilah yang dialami oleh petugas keamanan Kantor Wali Kota Parepare ketika berpatroli. Ia terkejut dan segera memanggil petugas pemadam kebakaran. Ternyata, ini bukan kali pertama personel Dinas Kebakaran Kota Parepare menangkap piton. Kira-kira sudah 10 kali mereka mendapat tugas unik ini. Konon ular-ular ini lari dari habitatnya karena tempat bersarang mereka sering terbakar.

Selamatkan kuda yang terjebak dalam got

Agaknya, petugas pemadam kebakaran memang sering dipanggil ketika ada hewan berkeliaran di lingkungan yang tak seharusnya. Selain itu, mereka ternyata juga bisa lho dipanggil ketika ada hewan yang celaka. Seperti kuda yang terjebak dalam got di Jakarta Selatan, Mei lalu. Dengan alat pengait dan 8 orang, kuda berhasil diselamatkan. Ternyata, kuda ini terperosok karena si pemilik meletakkan makanannya di dekat got.

Memindahkan sarang tawon vespa dari atap

Baik di tempat terbuka atau tersembunyi, sarang tawon adalah ancaman bagi keselamatan. Apalagi jika jenis tawonnya yang memang berbahaya seperti tawon vespa. Seperti yang terjadi di sebuah kampung di Tangerang Selatan tahun 2020 lalu ,sebuah sarang tawon jenis vespa dievakuasi dari atap seorang warga. Sebelumnya warga tersebut disengat oleh tawon hingga bengkak. Komandan Regu Tim Charlie Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel Ilham bersama tim, akhirnya mengevakuasi sarang tersebut agar tidak ada lagi yang tersengat.

Tolong bocah yang terkunci di dalam rumah

Sekali dalam seumur hidup, kamu pasti pernah terkunci di sebuah ruangan atau rumah. Panik? Pasti. Apalagi kalau sampai terjebak dalam waktu yang lama. Ini seperti yang dialami oleh seorang anak kecil di Wonogiri, Jawa Tengah. Karena pintu yang memang rusak, anak ini jadi terkunci dan menangis. Ibunya yang panik langsung meminta bantuan ke Mako Damkar Wonogiri. Langkah yang tepat, bu!

Meski tak selalu berkaitan dengan kobaran api, tapi tetap ada yang diselamatkan oleh pemadam kebakaran. Entah jari bengkak karena cincin atau anak kucing yang tercebur sumur. Besar atau kecil kasus yang ditangani oleh damkar (pemadam kebakaran) tentu patut diapresiasi. Dan, selain kasus-kasus di atas sebenarnya masih banyak kok insiden yang juga bisa dibantu oleh petugas damkar. Jadi, kapan pun kamu mengalami kesulitan atau kasus serupa, jangan lupa untuk langsung hubungi pemadam kebakaran di wilayahmu ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *