Smartphone RAM 2GB Tidak Bisa Gunakan Android 11


Jakarta, Wikimedan – Google baru saja membuka pengujian beta Android 11 dan sekarang salinan Pedoman Konfigurasi Perangkat yang bocor mengungkapkan detail yang menarik.

Semua perangkat di masa depan yang ingin menjalankan OS Android 11 harus memiliki RAM lebih dari 2GB. Perangkat dengan RAM segitu atau kurang, akan diluncurkan sebagai perangkat Android Go.

Selain itu, ponsel dengan RAM 512MB tidak lagi memenuhi syarat untuk melakukan preloading Google Mobile Services atau GMS, yang secara efektif berarti dukungan Google untuk mereka telah berakhir.

Perubahan di atas dijadwalkan tersedia mulai Q4 2020 ketika OS versi baru bergulir ke publik dan pembaruan akan mulai mengalir dari OEM.

Ponsel yang telah diluncurkan pada versi Android sebelumnya dengan RAM 2GB, jika mereka mendapatkan pembaruan, mereka akan tidak akan mendapat Android 11 versi penuh.

Android Go dirancang untuk menjadi versi ringan dari OS dengan sebagian besar aplikasi datang dalam ukuran kecil dengan sedikit fitur, agar tetap menjaga fungsionalitas yang sama.

Perubahan ini bertujuan untuk memastikan ponsel dengan hardware minimalis akan mendapatkan versi ringan, bukannya Android versi penuh.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *