Siapa Pemilik Alfamart ? Sempat Masuk Daftar Orang Terkaya RI

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Siapa Pemilik Alfamart ? Sempat Masuk Daftar Orang Terkaya RI. Ritel mini supermarket Alfamart yang ada dimana-mana menjadi penyedia kebutuhan hidup sehari-itu sudah telah tersebar di 18 ribu toko diseluruh Indonesia. Ternyata, dibalik kesuksesan pendiri sekaligus pemilik Alfamart adalah Djoko Susanto. Bahkan, dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia berkat kesuksesan usaha yang dimilikinya.

Bahkan Djoko masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia di tahun 2021. Daftar ini merujuk pada Forbes World’s Billionaires List The Richest in 2021.

Forbes juga mencatat kekayaan riil Djoko per hari ini mencapai US$ 1,8 miliar. Nilai ini merupakan yang tertinggi sejak 2017.

Pada 2017, kekayaan riil Djoko mencapai US$ 1,3 miliar. Lalu turun menjadi US$,12 miliar di tahun 2020. Sebelum akhirnya melonjak jadi US$ 1,9 miliar pada 2021.

Djoko lahir di Jakarta pada 1950 dengan nama Kwok Kwie Fo. Pada umur 17 tahun, Djoko Susanto mulai mengelola kios milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta.

Kios sederhana orang tuanya bernama Sumber Bahagia, yang awalnya hanya fokus menjual bahan makanan. Kemudian ia melihat peluang dari menjual rokok, karena menurutnya, rokok selalu laku dan banyak peminatnya.

Bisnisnya cepat membuat para perokok dan pengusaha grosir serta pengecer menjadi pelanggan tetap. Dia bertaruh, perokok akan membayar lebih banyak daripada yang dibayangkan.

Hal ini menarik perhatian Putera Sampoerna, yang mempunyai perusahaan rokok tembakau dan cengkeh terbesar di Indonesia saat itu. Mereka bertemu pada awal 1980 dan bersepakat pada 1985 untuk membuat 15 kios di beberapa lokasi di Jakarta.

Singkat cerita pada 2009, Djoko pun membawa Alfamart melantai di Bursa Efek Indonesia. Saat itu, Alfamart tercatat sudah memiliki 3.300 gerai.

Bisnis Alfamart terus berkembang sehingga pada 2011, Djoko membuat debutnya dengan masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di urutan 25. Saat itu, kekayaannya sudah mencapai US$ 1,04 miliar.

Selain bisnis supermarket, Djoko Susanto masih memiliki lini bisnis lainnya, satu di antaranya properti.

Menurut forbes.com, kekayaan Djoko Susanto saat ini mencapai Rp 3,2 miliar atau jika dirupiahkan menjadi Rp 47,6 triliun. Dan menjadi urutan nomor 22 untuk orang terkaya di Indonesia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *