Sebut Karyawan Izin Sakit sebagai Sabotase Bisnis, Netizen sampai Dokter Ikut Berkomentar

Daftar Indodax

Sebut Karyawan Izin Sakit sebagai Sabotase Bisnis, Netizen sampai Dokter Ikut Berkomentar – “Kebanyakan orang yang izin sakit, izin sakit, izin sakit, kebanyakan gak benar-benar sakit. Mereka hanya ingin menyabotase bisnis Anda,” Ini adalah penggalan ucapan dari video yang belakangan viral. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @taktekbum dan hingga tulisan ini dibuat sudah lebih dari 1,5 juta orang melihatnya.

Mengaitkan dengan kondisi pandemi sekarang ini, akun tersebut menuliskan “Lho lho lho. Jaman sekarang justru mensabotase bisnis ya dengan cara dateng ke kantor sambil jadi carrier virus lah.” Video ini kemudian dibagikan lagi oleh akun @hrdbacot dan beberapa akun Twitter lainnya. Dengan cepat video ini mendapat hujatan dari netizen, tapi mungkin kamu perlu tahu informasi selengkapnya. Simak berikut ini ya..

Ini dia video viral yang sebut karyawan sakit bisa menyabotase perusahaan

Bisa bangun gak? Bisa. Bisa jalan gak? Bisa. Bisa makan gak? Bisa. Bisa naik motor gak? Bisa. Berarti bisa ke kantor,” adalah ucapan pemilik akun Tiktok @tommcifle yang membuat netizen geram. Tom menyebut bahwa karyawan yang sedikit-sedikit (sering) sakit, sering izin bahkan untuk sakit flu, adalah tipe karyawan yang bisa menyabotase perusahaan.

Nampaknya banyak yang tidak setuju dengan penyataan Tom. Terbukti, sebagian besar komentar yang ada di unggahan Twitter maupun media sosial Tom bernada negatif. Bahkan runtutan pertanyaan “bisa bangun gak?” ini juga jadi template gurauan yang diunggah oleh beberapa akun ber-follower banyak.

Respon netizen, ada yang menghujat ada juga yang curhat

Viralnya video ini tentu disebabkan karena komentar netizen terhadap isi dari kontennya. Netizen dengan cepat merespon video ini dengan hujatan serta curhatan. Seperti akun @dipanggilcece yang mengatakan, “Selemah apa perusahaannya sampe karyawan izin sakit aja dibilang “mensabotase bisnis” 

Dr Tirta bahkan juga mengeluarkan pendapatnya mengenai video yang viral ini. Dikutip dari Pikiran Rakyat, Dr Tirta berpendapat “Demam saja gejalanya meriang, bukan koma. Masih bisa jalan? Masih! Masih bisa naik motor? Masih! Cuma (sambil) keleyengan (pusing). Mintakan surat sakit, jangan suuzan!”  Kalau pendapatmu, bagaimana?

Merupakan penggalan video, seperti ini lengkapnya

Video yang viral di Twitter dan Tiktok ini sebenarnya adalah penggalan video dari kanal Youtube Tom MC Ifle. Dalam video yang berjudul 10 Jenis Karyawan Ini Akan Membuat Bisnis Anda Susah ini, Tom menjelaskan bahwa ada alasan mengapa seseorang bisa masuk dan terkategori sebagai jenis karyawan tersebut. Pada awal video, Tom mengatakan “10 jenis karyawan ini biasanya terjadi karena mereka tidak mendapatkan perlakuan yang benar-benar benar dari Anda sebagai business owner.”

Video ini sebenarnya bukan video yang baru diunggah, melainkan sebuah video lama di tahun 2019. Namun oleh Tom diunggah kembali di akun Tiktoknya lalu kemudian bergulir panas di media sosial lainnya.

Profil Tom MC Ifle, pembuat video viral tentang karyawan sakit

Nama Tom MC Ifle mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Namun ternyata pria ini merupakan salah satu Master Coach paling berpengaruh di Indonesia loh. Pria dengan nama lengkap Tom Martin Charles Ifle ini merupakan salah satu coach pertama dan terbaik di Indonesia. Tom adalah CEO dari TCI atau Top Coach Indonesia yang konon menurut situs resminya, telah memiliki lebih dari 25.000 jam terbang .

Coach Tom, begitu ia akrab disapa, resmi terdaftar di CCF (Certified Coach Federation) and ICF (International Coaching Federation). Prestasinya pun mengagumkan, Tom juga mengantongi sertifikat dari ajang-ajang ternama seperti Six Sigma Black Belt Training di Amerika.

Sudah ada undang-undang yang mengatur tentang izin sakit pekerja

Di Indonesia, hak istirahat bagi pekerja yang sakit ada dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang berbunyi :

(1). Upah tidak dibayar apabila pekerja/buruh tidak melakukan pekerjaan;

(2). Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Ayat (1) tidak berlaku, dan pengusaha wajib membayar upah apabila: a) Pekerja/buruh sakit sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan; b) Pekerja/buruh perempuan yang sakit pada hari pertama dan kedua masa haidnya sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan;

Selain itu, ada juga aturan mengenai cuti sakit dan PHK yaitu “Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan alasan pekerja/buruh berhalangan masuk kerja karena sakit menurut keterangan dokter selama waktu tidak melampaui 12 (dua belas) bulan secara terus-menerus.” 

Bisa jadi karyawan memang ingin mensabotase perusahaan dengan sering izin sakit, di mana alur pekerjaan bisa tersendat dan mengakibatkan kerugian. Tapi bukan berarti karyawan tidak berhak izin sakit. Asal dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, pemilik bisnis sebaiknya tidak perlu khawatir tentang sabotase pada bisnisnya. Di atas semua itu, bukankah sakit itu manusiawi?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *