Satpam BRI Pematang Siantar Cegah Aksi Penipuan di ATM

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Satpam BRI Pematang Siantar Cegah Aksi Penipuan di ATM. Beberapa waktu yang lalu, seorang nasabah nyaris menjadi korban penipuan di dalam galeri ATM salah satu kantor cabang BRI Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Terlihat dari rekaman video CCTV, tampak seorang pria tua sedang melakukan transaksi di mesin ATM. Namun, ada seorang laki-laki berkaos putih mencurigakan yang mengawasi dan berdiri persis di belakang nasabah tersebut. Pria itu merupakan pelaku kejahatan yang hendak melancarkan aksi penipuan.

Modusnya, pelaku berpura-pura menawarkan bantuan kepada korban untuk mengambil uang. Namun, sebelum aksi itu berhasil dilakukan, muncul dua orang satpam BRI yang langsung memergoki dan mendatangi pelaku.

Kedua satpam BRI tersebut berhasil menggagalkan aksi pelaku untuk melakukan kejahatan. Alhasil, uang tersebut tetap aman di tangan nasabah. Dalam prosesnya, korban enggan membawa kasus ini ke jalur hukum karena pelaku bersedia mengembalikan uang tersebut.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha mengatakan, bahwa kesigapan dua orang Satpam BRI dalam mencegah tindak kejahatan di Pematang Siantar tersebut patut diapresiasi.

“Apresiasi saya atas kesigapan rekan satpam di Kantor Cabang Pematang Siantar yang sudah menggagalkan upaya social engineering terhadap nasabah kita. Upaya tersebut berhasil menyelamatkan nasabah dari aksi penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Arga dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/1/2022).

Arga juga mengimbau kepada setiap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, lantaran pelaku kejahatan sudah semakin berani melancarkan aksinya lewat berbagai modus.

Jika ada sesuatu yang mencurigakan seperti meminta untuk menyebutkan informasi PIN, nasabah dapat melapor ke Contact Center BRI 14017/1500017 atau mengunjungi Unit Kerja BRI terdekat. Selain itu, nasabah juga bisa memperhatikan kondisi mesin ATM, mengganti PIN secara berkala, dan berhati-hati saat memasukkan PIN dengan menutup keypad untuk menghindari kebocoran PIN.

BRI melalui layanan digital BRImo juga telah menyediakan berbagai fitur untuk mengantisipasi tindakan kejahatan. Nasabah bisa mendapatkan notifikasi atas setiap transaksi secara real time melalui gawai. Apabila mendapati adanya transaksi tidak wajar, nasabah pun bisa melakukan pemblokiran akses ATM melalui layanan BRImo.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *