Sar Yazd Castle, Salah Satu Bank Kuno di Masa Lalu yang Menyimpan Emas hingga Hasil Panen

Daftar Indodax

Sar Yazd Castle, Salah Satu Bank Kuno di Masa Lalu yang Menyimpan Emas hingga Hasil Panen. Bank saat ini memang punya peran penting di masyarakat. Baik dari sektor kecil hingga besar, semua berhubungan dengan bank. Entah itu masalah penitipan uang, pinjam-meminjam, hingga pengolahan dana supaya bisa menghasilkan laba. Jadi wajar, banyak bank yang juga mulai bermunculan dan tambah banyak jenisnya, karena kebutuhan manusia yang juga berbeda-beda.

Tapi kamu tau gak sih, kalau bank di masa lalu tidak seperti yang kita kenal saat ini. Alih-alih bisa simpan uang dalam ATM atau transfer ke rekening lain, yang ada malah digunakan untuk tempat penitipan hasil panen hingga emas. Lalu benarkah hal itu, yuk simak bagaimana bank zaman kuno bekerja di ulasan berikut.

Salah satu bank tertua di masa lalu

Sebelum bentuk bank seperti saat ini, dulunya tak lebih dari sebuah kastil yang dibangun dengan pondasi tanah. Dilansir dari laman Detik, Sar Yazd Castle disebut sebagai salah satu bank tertua karena sudah ada sejak abad ke-3.

Terletak di desa Sar Yazd, daerah Mehriz, Provinsi Yazd, Iran, tempat ini layaknya sebuah kastil kokoh yang dibangun untuk melindungi benda-benda berharga. Dengan memiliki 3 lantai dan 450 kamar di dalamnya, tentu jumlah barang yang ada di dalam sana pun bisa dipastikan sangat banyak. Begitu pula ada penjagaan ketat untuk tempat ini di masa lalu oleh banyak prajurit.

Sebuah bank kuno penyimpan benda penting

Bank saat ini diperuntukkan untuk menyimpan uang dan tabungan. Hal itu sangat berbeda dengan Sar Yazd Castle, di mana semua barang yang ada di sana adalah benda berharga di masa lalu. Ya, mulai dari biji-bijian, uang, perhiasan, emas, dan berbagai benda lainnya disimpan dengan rapi di sana.

Jadi bukan hal yang aneh kalau sebagian orang menganggap tempat ini sebagai bank kuno pertama di dunia. Namun tempat ini sudah tidak lagi digunakan, karena memang usainya yang sudah tua sehingga tidak layak untuk dihuni. Namun demikian, Sar Yazd Castle masih bisa dikunjungi jika ingin berwisata.

Kini jadi bangunan yang bersejarah

Sar Yazd Castle memang sudah tidak digunakan lagi sebagai penyimpanan barang berharga, namun tempatnya masih sering dikunjungi oleh banyak orang. Hal itu tidak terlepas dari bentuk bangunan yang unik dan arsitekturnya yang memang luar biasa. Temboknya yang dibangun dengan tanah liat, sampai sekarang masih terlihat sisa-sisa kekokohannya di masa lalu.

Adanya parit yang mengelilinginya dan menara 4 meter di sekelilingnya, menunjukkan perlindungan maksimal. Jadi bukan hal yang aneh kalau Sar Yazd Castle dikukuhkan sebagai warisan budaya oleh Iranian Cultural Heritage Organization di tahun 1975. Dan tentunya semakin menarik wisatawan untuk datang ke sana.

Namun bukan bank pertama yang diakui dunia

Meskipun Sar Yazd Castle dianggap sebagai bank kuno di masa lalu, namun sayang tidak diakui sebagai yang pertama di dunia. Ya, Sar Yazd Castle lebih mengarah pada cikal bakal dari bank modern. Nah, bank pertama yang diakui adalah Bank Medici yang ada di Italia. Bank tersebut sudah ada sejak tahun 1379 dan uniknya masih beroperasi hingga saat ini.

Hampir mirip dengan bank zaman sekarang fokusnya tidak hanya masalah menyimpan uang, namun juga ikut membantu dalam meningkatkan ekonomi rakyat. Karena sudah berdiri lama, banyak orang yang mempercayakan uangnya untuk disimpan atau diolah oleh bank ini.

Keberadaan Sar Yazd Castle ini membuka wawasan kita tentang kehidupan orang di zaman dulu. Kita jadi paham, bagaimana perkembangan sebuah bank yang ternyata dulu bahkan menyimpan hasil panen dan barang tak biasa lainnya. Hal itu tentunya akan semakin menambah pengetahuan kita akan dunia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *