Putri Putin Bikin Medsos Pesaing TikTok

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Putri Putin Bikin Medsos Pesaing TikTok. Konglomerat media Rusia telah meluncurkan saingan TikTok. Perilisan aplikasi ini sebagai upaya Rusia untuk mengurangi pengaruh platform asing.

Gazprom Media, anak perusahaan raksasa gas milik negara Gazprom, meluncurkan layanan yang diberi nama “Yappy,” pada November 2021. Saat dirilis aplikasi itu bisa diunduh di Apple App Store dan Google Play.

Yappy dikembangkan dengan dukungan dari yayasan Innopraktika, sebuah organisasi yang dijalankan oleh Katerina Tikhonova, salah satu putri Presiden Vladimir Putin, demikian dikutip dari Moscow Times, Kamis (21/4/2022).

Aplikasi ini memulai pengujian beta pada September tahun lalu, dengan akses awal diberikan kepada 300 blogger sebelum peluncuran penuh. Layanan ini memiliki sejumlah fungsi yang mirip dengan TikTok dan didasarkan pada berbagi klip video vertikal pendek hingga 60 detik.

Rusia mengumumkan niatnya untuk membuat alternatif TikTok sejak akhir 2020. Aplikasi buatan China itu mendapat kecaman bersama raksasa teknologi AS awal 2021 karena menolak menghapus postingan yang menurut pemerintah Rusia menghasut anak-anak untuk menghadiri protes yang tidak disetujui untuk mendukung kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny.

Rusia sejak itu menyebut TikTok sebagai salah satu dari 13 platform media sosial internasional yang akan diminta untuk membuka kantor di Rusia pada akhir 2021. Perintah ini sebagai bagian dari aturan baru yang menurut para kritikus dirancang untuk menekan dominasi perusahaan teknologi asing dan platform media sosial di Rusia.

TikTok adalah salah satu dari lima platform media sosial paling populer di Rusia dengan 40 juta pengguna bulanan, menurut perusahaan analisis media Mediascope.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *