Sama-Sama Murah, Ini Perbedaan Infinix Smart 4 dan Smart 5!


Wikimedan.com – Infinix selaku vendor ponsel asal Hong Kong yang rajin merilis HP murah, kini kembali mengeluarkan produk lanjutan dari seri Smart di tahun 2020. Ya, kalau pada tahun 2019 kita punya Infinix Smart 4, kini Indonesia kedatangan Infinix Smart 5 yang sama-sama menawarkan harga murah di angka Rp1 jutaan!

Tapi, tunggu dulu. Jangan dikira kedua ponsel ini menghadirkan spek yang abal-abal, karena para pengguna yang kepentok budget dijamin akan merasa puas berkat teknologi yang dihadirkan pada Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5.

Karena sudah 1 tahun berlalu, para fans pun bertanya-tanya apa saja peningkatan yang terjadi pada Infinix Smart 5 dibandingkan generasi sebelumnya.

Apakah Anda termasuk dari sekelompok orang yang penasaran? Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, langsung saja simak 6 poin perbedaan utama yang dimiliki Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5 berikut ini.

Spesifikasi Infinix Smart 4

  • Rilis: November 2019
  • Layar: IPS LCD 6.6 inches, 105.2 cm2 (~82.9% screen-to-body ratio)
  • Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
  • CPU: Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 1 GB RAM
  • Memori Internal: 16 GB ROM
  • Memori Eksternal: microSD, hingga 256 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Spesifikasi Infinix Smart 5

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.6 inches
  • Chipset: Mediatek MT6761D Helio A20 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + QVGA + QVGA (model X657)
    8 MP + QVGA (model X657C)
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Perbedaan Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5

Seiring perkembangan zaman, HP murah juga kian berevolusi dan menghadirkan standar teknologi baru. Apakah hal ini tercermin pada Infinix Smart 5? Berikut kami sajikan perbedaan Infinix Smart 4 dan Smart 5.

1. Perbedaan Versi Android

Yang membedakan antara Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5 adalah versi dari sistem operasi yang digunakan saat kedua ponsel ini pertama kali rilis. Sementara Infinix Smart 5 sudah dipasangkan dengan Android 10 Go Edition, Infinix Smart 4 memasuki pasar dengan versi Android 9 Go Edition.

Artinya, Anda pun bisa merasakan beragam fitur-fitur baru pada Android 10 seperti Dark Mode untuk keseluruhan sistem, Smart Reply, dan masih banyak lagi.

Memang, ada beberapa fitur yang dipangkas pada Android 10 Go Edition, seperti penghilangan fitur multi-window dan juga Picture in Picture (PIP). Akan tetapi, Android 10 Go Edition ini memang lebih ringan ketimbang yang biasa, cocok untuk ponsel entry-level yang kapasitas RAM-nya terbatas.

2. Varian RAM dan Memori Internal

Ini juga merupakan salah satu perbedaan yang cukup vital, yakni ketersediaan RAM dan memori internal. Sebagai HP di harga Rp1 jutaan, kedua HP Infinix ini memang dimaklumi atas RAM-nya yang kecil.

Tapi di antara keduanya, Infinix Smart 5 tentu saja lebih unggul karena menghadirkan RAM 2 GB dan memori internal sebesar 32 GB. Ini tentu sebuah perkembangan yang patut diapresiasi ketimbang Infinix Smart 4 yang hanya menawarkan RAM 1 GB yang dipadukan dengan memori internal 16 GB.

3. Helio A22 vs. Helio A20

Walau berada pada pasar harga murah, Infinix juga menawarkan chipset dari vendor MediaTek yang sudah cukup teruji kebolehannya. Uniknya, Infinix Smart 4 justru lebih unggul dari Smart 5. Perangkat yang hadir di tahun 2019 ini diotaki dengan MediaTek Helio A22, seri lanjutan dari Helio A20 yang mendiami jeroan Infinix Smart 5.

Baik Helio A22 maupun Helio A20 sama-sama menghadirkan konfigurasi quad core yang terdirikan atas ARM Cortex A53. Bedanya, Helio A22 memiliki clock speed 2.0 GHz sedangkan Helio A20 hanya berkecepatan 1.8 GHz.

Sepertinya perbedaan chipset ini tidak begitu mencolok, karena dua-duanya memang  tidak mampu memainkan game berat pada frame rate yang stabil. Kalau ingin dicoba bermain PUBG Mobile, tentu masih bisa walau dengan performa seadanya.

Dan, performa game tidak hanya ditentukan dari jenis chipset melainkan dari ukuran RAM juga. Infinix Smart 4 memang lebih unggul, tapi karena RAM-nya yang kecil, bukan tidak mungkin performa gamenya jadi lebih buruk ketimbang Infinix Smart 5 yang hanya menghadirkan Helio A20.

4. Kamera

Kamera sudah menjadi bagian penting dari sebuah HP, jadi walaupun sebuah perangkat berada pada harga yang teramat murah, sungguh tidak zaman kalau tidak disertai dengan kamera walau mungkin hasil fotonya ya seadanya. Kira-kira itulah yang menggambarkan kondisi Infinix Smart 4 dan 5.

Infinix Smart 4 hadir di tahun 2019 saat belum zamannya HP murah punya kamera banyak. Itu mengapa Infinix Smart 4 memang hanya dihadirkan dengan satu kamera saja di bagian belakang, yakni lensa berkekuatan 8 MP. Sementara itu di bagian depannya ada lensa selfie yang mendiami layar dalam bentuk desain poni, memiliki resolusi 5 MP.

Sementara itu, Infinix Smart 5  hadir dengan tiga buah lensa di belakang dengan konfigurasi sebagai berikut – lensa utama 13 MP, dan kedua lensa lainnya yang memiliki fungsi QVGA. Perbedaan ini berlanjut, di mana Infinix Smart 4 hanya dihadirkan dengan Dual LED Flash alih-alih Triple LED Flash seperti Infinix Smart 5.

Berikutnya, di bagian kamera depan pun Infinix Smart 5 lebih handal berkat resolusinya yang sebesar 8 MP alih-alih 5 MP seperti Infinix Smart 4.

5. Baterai

Biasanya, masyarakat suka khawatir kalau HP murah tidak akan menawarkan durasi pemakaian yang diinginkan oleh pengguna. Infinix sudah selangkah lebih maju dalam hal ini, karena baik Infinix Smart 4 dan 5 sama-sama mengemas baterai dengan kapasitas yang besar.

Anda mampu mendapatkan durasi pemakaian yang panjang pada Infinix Smart 4 berkat baterai 4.000 mAh yang dihadirkannya. Tapi kalau kapasitas baterai ini belum cukup, sudah ada Infinix Smart 5 yang memiliki baterai 5.000 mAh. Besar sekali, bukan?

Besaran angka 5.000 mAh ini jarang ditemui lho pada HP Rp 1 jutaan. Ini artinya Infinix sungguh melampaui batasan untuk HP seri Smart yang satu ini.

6. Versi Bluetooth

Bertukar data memang semakin mudah sejak adanya internet. Tapi jika berada di situasi tidak dapat menemukan internet, NFC dan Bluetooth pun menjadi solusi. Di tahun 2020 cukup mustahil mengharapkan fitur NFC pada ponsel Rp1 jutaan, alhasil Anda pun harus mengandalkan Bluetooth untuk ponsel-ponsel seperti Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5.

Nah, ada yang berbeda dari versi Bluetooth yang dimiliki pada kedua ponsel ini. Pasalnya, Infinix Smart 4 memiliki versi Bluetooth 5 yang lebih unggul dibandingkan yang dimiliki oleh Infinix Smart 5. Ya, HP generasi penerus ini rupanya hanya memiliki versi Bluetooth 4.2 dengan jarak radius pendeteksian lebih kecil serta kecepatan transfer data yang lebih lambat.

Simpulan

Ya, itulah tadi perbedaan antara Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5. Beberapa poin perbedaan yang perlu di-hightlight adalah versi Android, baterai, dan juga tentunya RAM.

Pasalnya, RAM 1 GB yang dimiliki Infinix Smart 4 terbilang sangat jadul untuk standar kebutuhan zaman sekarang, bahkan Android 9 Go Edition miliknya yang ringan juga tidak akan begitu mampu menutupi kekurangan ini.

Alangkah baiknya Anda langsung mendapatkan Infinix Smart 5, karena baterainya yang sebesar 5.000 mAh serta kemampuan kameranya yang lebih layak. Toh, harga keduanya juga tidak begitu jauh berbeda.

Anda bisa membawa pulang Infinix Smart 4 seharga Rp1.199.000,- dengan mengklik link di sini. Sementara itu, Infinix Smart 5 memiliki harga Rp1.249.000,- dan bisa didapatkan melalui link ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *