Saingi Apple, Spotify Akan Umumkan Layanan Podcast Berbayar


Jakarta, Wikimedan – Saingi Apple, Spotify Akan Umumkan Layanan Podcast Berbayar – Pekan lalu Apple mengumumkan layanan Podcast Berbayar, sebuah platform bagi pendengar yang ingin menemukan konten podcast berbasis langganan. Layanan ini melibatkan kemitraan dengan Luminary dan perusahaan lainnya, dan akan mencakup judul seperti serial asli Midnight Miracle.

Jelas, rencana Apple bukanlah rahasia bagi pemain besar lainnya di industri podcast. Hanya tiga hari setelah perusahaan mengumumkan Podcast Berbayar, platform streaming musik Spotify diprediksi juga akan bergabung dengan layanan berbasis langganan mereka sendiri.

Berbeda dengan Apple, layanan konten berbasis langganan Spotify diyakini akan gratis untuk podcaster. Spotify juga tidak akan mengambil potongan dari harga langganannya, dan bahkan mungkin mengizinkan mereka menetapkan harga sendiri.

Itu berbeda dari Langganan Podcast Apple, dan merupakan kabar baik bagi pembuat konten. Apple berencana untuk mengambil sebagian besar pendapatan sebagai komisi, tepatnya 15-30%. Nilai itu di luar biaya tahunan $20 untuk keanggotaan.

Baik Apple dan Spotify bukanlah pionir di sini. Perusahaan seperti Stitcher (perusahaan Sirius XM), Wondery (perusahaan Amazon), dan Luminary telah menggunakan praktik ini selama beberapa waktu. Luminary sendiri akan bermitra dengan Apple untuk beberapa konten asli yang dapat diyemukan di kedua platform.

 

Persaingan antara Apple dan Spotify telah berlangsung lama. Ini dimulai dengan perang streaming musik dan sekarang bergerak ke fase baru: perang podcast. Spotify lebih unggul karena layanannya tersedia di lebih banyak platform, dan hampir menggandakan pelanggan aktif Apple Music yang membayar.

Di sisi lain, Apple memiliki keuntungan dari “ekosistem”-nya. Perangkat Apple terkait erat dan menawarkan beberapa pengalaman lintas perangkat terbaik. Menurut Wall Street Journal, layanan podcast berbasis langganan Spotify akan diluncurkan minggu depan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *