Review OPPO A91: Penerus OPPO A9 2020 dengan Layar Lebih Baik

Daftar Indodax

OPPO kembali memperkenalkan smartphone jagoannya di kelas 3-4 juta rupiah. OPPO A91 hadir sebagai pengganti OPPO A9 2020 yang diluncurkan tahun 2019 silam.

Perbedaan OPPO A91 dan OPPO A9 2020

Salah satu peningkatan penting yang dibawa OPPO A91 adalah layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD. Penggunaan layar AMOLED ini memungkinkan OPPO A91 untuk memiliki sensor sidik jari di layar. Fitur ini belum ditemukan di OPPO A9 2020 yang masih mengandalkan sensor sidik jari konvensional di bagian belakang ponsel.

Perbedaan lain meliputi perbedaan SoC yang kini beralih ke MediaTek Helio P70 (dari Qualcomm Snapdragon 665AIE), kapasitas baterai yang kini menjadi 4025mAh (dari 5000mAh), serta bobot yang lebih ringan.

Desain OPPO A91

Desain layar dengan poni minimalis kembali disuguhkan di OPPO A91. Dari sisi dimensi, bodi OPPO A91 termasuk nyaman di genggaman. Bodinya cukup licin jika digunakan tanpa case bawaannya serta mudah menyerap bekas sidik jari.

Pilihan warnanya yang lebih sederhana, antara hitam dan putih, membuatnya cocok untuk dipakai baik oleh pria maupun wanita. Empat modul kamera yang diposisikan di kiri atas memang agak menonjol, tapi bisa terlindungi dengan baik oleh case bawaannya. Secara keseluruhan, tidak ada hal baru yang ditemukan di konsep desainnya. Tapi itu juga berarti OPPO A91 tetap nyaman digunakan sehari-hari untuk beragam kebutuhan. Seperti kata pepatah, “Jangan memperbaiki apa yang tidak rusak.”

Layar OPPO A91

Review OPPO A91: Penerus OPPO A9 2020 dengan Layar Lebih Baik 17

Kualitas tampilan layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ (2400×1080 pixel, 408 ppi) langsung terasa saat menonton video atau mencermati foto, apalagi bagi pengguna ponsel dengan layar HD. Gambar dengan kontras tinggi, warna-warni cemerlang dan warna hitam yang pekat langsung terlihat saat kami memutar video resolusi tinggi di layarnya. Penggemar game juga akan menyukai kualitas layarnya ini, apalagi untuk game penuh warna seperti 7 Deadly Sins atau Dragon Quest of The Star.

Review OPPO A91: Penerus OPPO A9 2020 dengan Layar Lebih Baik 18

Respons layar terhadap sentuhan bagus. Menggulung layar dan melakukan gesture bisa dilakukan dengan lancar. Membuka kunci layar dengan sidik jari juga bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Selama jari tidak terlalu kotor atau Anda menyentuhkan kuku ke area sidik jari, layar akan terbuka dengan cepat.

Performa OPPO A91

Berbeda dengan OPPO A9 2020 yang menggunakan chipset Qualcomm, OPPO A91 menggunakan chipset Mediatek Helio P70. Chipset yang sama seperti OPPO F11 yang diluncurkan bulan Maret tahun 2019. Bedanya, OPPO A91 dibekali RAM 8GB yang lebih besar.

Dari pengujian, performa gaming OPPO A91 masih memadai untuk tahun 2020. Game populer seperti Call of Duty Mobile bisa dimainkan dengan lancar di setting High dengan frame rate High. Begitu juga dengan PUBG Mobile yang berjalan lancar di setting HD dengan frame rate High. Layar juga memberikan respons yang gegas saat kami membabat musuh di COD:Mobile. Tidak ada rasa panas dari bodi saat bermain game dalam waktu cukup lama. Ini membuat OPPO A91 cocok bagi para gamer kasual yang tidak selalu menuntut setting grafis tertinggi.

Dari skor PCMark saat menguji ketahanan baterai, OPPO A91 cukup baik. Saat mencoba menggunakannya untuk keperluan sehari-hari seperti chatting, cek email, browsing, foto-foto cukup sering, baterainya mampu bertahan hingga sekitar 14-15 jam. Pengisian baterai cukup cepat; 50% dalam 30 menit, 100% dalam waktu sekitar 75 menit.

Kamera OPPO A91

Sesuai tren masa kini, OPPO A91 telah dilengkapi 4 kamera belakang. Tercatat ada kamera utama 48 megapixel dengan lensa 26mm f/1.7, kamera ultra lebar 8 megapixel dengan lensa 13mm f/2.25, kamera makro 2 megapixel dan kamera monokrom 2 megapixel yang sama-sama menggunakan lensa f/2.4. Untuk di depan, tersedia kamera selfie 16 megapixel dengan lensa f/2.0.

Hasil foto di kamera utamanya termasuk baik, sedikit meningkat dibandingkan hasil foto OPPO A9 2020. Di kondisi cahaya ideal, OPPO A91 mampu menghasilkan foto tajam dengan warna yang matang. Dalam kondisi cahaya yang kurang baik dan mengakibatkan warna di foto terlihat pudar, Anda bisa mengaktifkan Dazzle Color untuk meningkatkan saturasi warna.

Berikut hasil foto OPPO A91 dalam kondisi cahaya baik, tanpa penyuntingan.

IMG20200415110832

HDR

IMG20200413101112

IMG20200409160158

Untuk memotret subyek manusia, OPPO A91 juga memiliki Portrait Mode. Dengan mode ini, Anda bisa mengatur tingkat bokeh atau latar yang kabur. Hasilnya cukup rapi, walaupun tergantung jarak subyek ke latar dan tatanan rambutnya. Selain subyek manusia, Anda juga bisa menggunakan Portrait Mode untuk obyek lain selama jaraknya pas. Berikut contoh foto A91 dengan Portrait Mode.

portrait mode

portrait mode

Kondisi minim cahaya membuat hasil foto OPPO A91 juga menurun. Di dalam ruangan dengan pencahayaan remang-remang, detil gambar dan ketajaman menurun. Namun, hasilnya masih cukup memadai untuk dibagikan ke media sosial. Berikut contoh foto OPPO A91 dalam kondisi minim cahaya di dalam ruangan.

low light indoor

Untuk kondisi minim cahaya, kami anjurkan Anda menggunakan Night Mode. Hasil foto akan memiliki rentang dinamis yang lebih baik, dengan warna yang tetap matang dan tidak pudar. Berikut hasil foto dengan Night Mode tanpa penyuntingan.

night mode indoor

night mode

Hasil terbaik tentunya bisa didapat dengan beralih ke Expert Mode atau Mode Pakar. Di mode ini, Anda bisa mengatur ISO, kecepatan rana (shutter speed), fokus dan white balance. Berikut beberapa foto yang kami ambil dengan pengaturan manual dan ISO 100 untuk hasil foto minim cahaya lebih bersih.

low light indoor

OPPO A91 Expert mode

OPPO A91 Expert mode

Selain kamera utama, OPPO A91 juga punya kamera ultra lebar yang berfungsi ganda sebagai kamera ultra macro yang bisa fokus dari jarak amat dekat (sekitar 4cm). Kualitas hasil foto dengan kamera ultra lebar ini tidak sebaik kamera utama, terutama di kondisi minim cahaya. Kami merekomendasikan Anda memotret dengan lensa ultra lebar di kondisi cahaya ideal di luar ruangan. Berikut perbandingan foto dengan kamera utama dan kamera ultra lebar di saat bersamaan, tanpa penyuntingan.

ultra wide HDR

HDR

See also

Review Fujifilm X-T200: Kamera Mirrorless Pemula untuk Videografi 15 fujifilm, fujifilm X-T200, harga, spesifikasi

Untuk foto makro atau jarak dekat, hasilnya cukup bagus walaupun terbatas 2 megapixel saja. Perlu dicermati juga arah cahaya sehingga Anda tidak menangkap bayangan ponsel saat memotret dari jarak dekat. Berikut hasil foto OPPO A91 dalam mode ultra makro.

ultra wide macro

ultra wide macro

Mengingat ini adalah OPPO, tidak mengherankan jika hasil foto kamera selfie A91 juga baik. Fitur pemoles wajah digital OPPO juga telah berkembang, sehingga menghasilkan efek Beautify yang lebih alami. Kerut-kerut pada wajah serta kantung mata dapat diminimalisir sehingga hasil foto pengguna akan terlihat menawan saat mengambil foto selfie dengan A91. Berikut contoh hasil foto selfie dalam ruangan dengan OPPO A91.

selfie

Secara keseluruhan, kamera OPPO A91 mampu menghasilkan foto yang baik di kondisi cahaya ideal. Untuk kondisi minim cahaya, ada fitur Night Mode yang bekerja dengan baik jika Anda menggunakan kamera utama.

Pengganti A9 2020 yang lebih baik

Dengan harga jual Rp3.999.000, OPPO A91 memang identik dengan A9 2020 saat dijual perdana. Sebenarnya harga OPPO A91 ini lebih murah, mengingat nilai tukar USD yang berpengaruh pada kenaikan harga A91 dari rencana sebelumnya.

Layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ menjadi peningkatan paling signifikan yang didapatkan di A91, selain performa kamera yang sedikit lebih baik. Pemilihan prosesor Mediatek Helio P70 mungkin akan jadi ganjalan utama bagi sebagian pengguna, walaupun performanya masih memadai untuk berbagai kebutuhan.

 

Kelebihan OPPO A91

 

Kekurangan OPPO A91

 

OPPO A91 cocok untuk:

OPPO A91 kurang cocok untuk:

 

Review OPPO A91: Penerus OPPO A9 2020 dengan Layar Lebih Baik 16

Dengan harga jual Rp3.999.000, OPPO A91 memang identik dengan A9 2020 saat dijual perdana. Sebenarnya harga OPPO A91 ini lebih murah, mengingat nilai tukar USD yang berpengaruh pada kenaikan harga A91 dari rencana sebelumnya.Layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ menjadi peningkatan paling signifikan yang didapatkan di A91, selain performa kamera yang sedikit lebih baik. Pemilihan prosesor Mediatek Helio P70 mungkin akan jadi ganjalan utama bagi sebagian pengguna, walaupun performanya masih memadai untuk berbagai kebutuhan.

Share :

Wikimedan Group

https://www.wikimedan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *