Review Huawei Y7 Pro 2019: Smartphone Para Kreator

Huawei Y7 Pro 2019

Jakarta, Wikimedan – Usai menutup tahun dengan flagship Mate 20 Pro, Huawei memulai tahun 2019 dengan handset merakyat. Huawei Y7 Pro 2019 menjadi model pembuka perusahaan di Indonesia.

Sampai artikel ini diterbitkan, belum ada kepastian soal harga dari Huawei. Tetapi sesuai DNA Y series, Huawei Y7 Pro (2019) akan dibanderol cukup ramah di kantong.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut sekilas mengenai spesifikasi Huawei Y7 Pro 2019. Handset menampilkan layar LCD IPS 6,26, prosesor Octa core 1.8 GHz Snapdragon 450, RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB yang terbuka untuk ekspansi hingga 512GB melalui kartu microSD.

Smartphone dibekali dual kamera belakang 13MP + 2MP dan kamera depan 8MP yang sudah mendukung Face Unlock. Handset sudah mengadopsi Android 9.0 Pie berlapis MEUI 9.0 dengan dukungan kapasitas baterai 4000 mAh.

Sekarang, mari kita bahas lebih dalam mengenai fitur-fiturnya.

Desain

Huawei Y7 Pro (2019) diperuntukan bagi kalangan milenial yang aktif dan selalu bersemangat. Karena itu, smartphone hadir dalam dua opsi warna: Midnight Black dan Aurora Blue. Dua warna itu melekat indah di bodi bagian belakang keramiknya.

Perangkat ini dirancang dengan tubuh berbahan Polycarbonat untuk meningkatkan daya tahan terhadap goresan yang bakal merusak penampilan dan estetikanya.

Penempatan kamera ganda Y7 Pro 2019 meniru flagship Huawei P20 Pro. Jadi ketika diposisikan miring atau dipegang secara horizontal, setup kamera terlihat apik, Anda akan melihat bagian belakangnya begitu menyerupai kamera digital.

Anda bisa mengaktifkan dua kartu SIM dan memasukkan microSD sekaligus, karena Huawei Y7 Pro 2019 sudah mengusung tiga laci dalam satu slot. Sementara untuk keperluan mengisi daya, handset dibubuhi port micro USB standard.

Catatan: Tidak ada pemindai sidik jari. Pengguna bisa menggunakan fitur Face Unlock untuk keamanan selain metode standard PIN, kata sandi, dan pola.

Layar

Selain soal warna, untuk lebih memantapkan pengalaman penggunaan yang maksimal, Huawei Y7 Pro 2019 dibekali dengan bentang layar alias display yang luas yakni 6.26 inci resolusi HD (720x1520px) dengan rasio 19:9.

Bagian muka kian dipercantik dengan desain Dewdrop (tetes air) di layar bagian atas. Dengan begitu, layar makin lebar sehingga nyaman digunakan untuk menikmati konten multimedia. Serta, cocok bagi Anda yang suka bermain game online dari layar smartphone ketika mobile.

Kamera

Berbicara mengenai kualitas kamera, Huawei Y7 Pro 2019 cocok bagi pekerja seni terutama creator konten. Kameranya memiliki bukaan dengan rentang f-stop yang besar. Dimulai dari f/1.8 hingga f/16.

Dengan rentang nilai aperture seperti ini, pengguna akan bisa memanfaatkannya untuk mengambil foto bokeh dengan latar belakang buram yang sangat baik hingga foto landskap yang indah. Kemampuan itu tentu dibutuhkan bagi pembuat konten, baik itu video, foto, atau boomerang. Kemudian dengan mudah bisa di-share ke Instagram, TikTok, dan Snapchat dan lainnya.

Nah, kamera belakang Huawei Y7 Pro 2019 sendiri memilliki komposisi double yakni 13MP dan 2MP (dual kamera) dan sudah dilengkapi teknologi AI.

Kamera mampu mengenali 22 objek berbeda yang terdiri dari, langit, manusia, binatang dan pantai. Nantinya AI akan membantu memberikan adjustment untuk memperbagus hasil foto yang dikenalinya tersebut.

Pada kamera depan 8MP, Huawei menyiapkan fitur Easy Hands-Free Shooting, yang mampu membuat foto selfie menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan kontrol gerakan dan deteksi senyuman.

Baterai besar

Fitur wajib yang harus ada di smartphone kretaor juga adalah daya tahan. Ketersediaan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar menjadi sangat penting. Nah Huawei Y7 Pro 2019 ini menjanjikan power besar karena dibekali baterai berkapasitas 4000mAh.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan lebih dari sehari untuk sekali recharge, meski dengan penggunaan yang intensif. Bahkan, perusahaan mengklaim baterai akan bisa diandalkan sampai dua tahun lamanya dengan penggunaan normal.

Agar penggunaan baterai dapat dihemat, Huawei Y7 Pro, yang sudah memakai sistem operasi EMUI 9.0 berbasis Android P dan memiliki sistem management baterai yang pintar.

Sistem akan mendeteksi aplikasi yang menyedot banyak daya baterai di background dan segera mengingatkan pemiliknya. Penggunaan baterai pada tiap-tiap perangkat keras di dalam smartphone ini juga bisa dilihat.

Kinerja

Kinerja Huawei Y7 Pro ditopang chipset Qualcomm Snapdragon 450 octa-core. Chipset berteknologi 14nm ini mengandung delapan core ARM Cortex-A53 yang sangat efisien dengan kecepatan sampai 1.8GHz, untuk menyajikan performa multi-core yang luar biasa tapi dengan penggunaan baterai yang efisien.

Dengan pemroses grafis Andreno 506 GPU yang didukung oleh Vulkan, menghasilkan performa grafis yang mulus saat kamu memainkan game yang membutuhkan grafis tinggi. Keasyikan main game takkan terganggu panggilan telepon berkat fitur Do Not Disturb Mode.

Modem X6 LTE di dalam chipset Snapdragon 450 itu memungkinkan Huawei Y7 Pro mendukung konektivitas Dual 4G. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjalankan data pada satu SIM Card sambil melakukan panggilan telepon pada SIM Card yang satu lagi. Malah, kedua SIM Card bisa diisi operator yang berbeda.

Benchmark

Ditopang Qualcomm Snapdragon 450 menjadikan nyaman digunakan sehari-hari. Mulai dari bertelepon, chatting, social media, memotret, merekam video, sampai bermain game.

Untuk lebih Wikimedan menguji kinerja menggunakan Antutu Benchmark v7.1.4, Huawei Y7 Pro (2019) memiliki skor cukup tinggi yakni 68.840.

Skor Huawei Y7 Pro (2019) pada pengujian Geekbench 4.3.2 untuk single dan multi-core juga cukup baik, yakni 691 dan 2.989.

Dengan angka itu, artinya Huawei Y7 Pro (2019) berkemampuan baik untuk melakukan tugas harian.

Game Mode

Pada Do Not Disturb Mode, penelepon akan diberitahu bahwa si penerima sedang tidak bisa menerima panggilan, sambil mengabarkan si penerima melalui SMS tentang adanya panggilan telepon tersebut. Dengan mode ini juga, semua notifikasi (kecuali yang penting macam daya baterai yang tersisa, alarm, dan sebagainya) dibikin senyap.

Tak usah khawatir kehabisan tempat untuk menyimpan berbagai aplikasi dan file yang menarik dan menghibur, seperti dokumen, game, foto, musik, dan video. Sebab kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB bisa ditingkatkan dengan slot kartu MicroSD sampai 512GB.

Layak dibeli?

Smartphone Android Pie dengan baterai besar belum banyak di pasaran. Dua poin itu saja sudah bisa menjadi alasan kuat bagi Anda untuk memilih Huawei Y7 Pro 2019.

Ditambah, performa mengagumkan berkat kombinasi chipset dan GPU yang hebat tentu memuluskan apapun aktivitas Anda bersama smartphone. Apalagi Huawei akan menghadirkannya dengan harga terjangkau. Kira-kira akan dibanderol berapa ya cocoknya smartphone dengan fitur-fitur keren begini?

Spesifikasi Huawei Y7 Pro (2019)

Spesifikasi HUAWEI Y7 PRO (2019)
Dimensi 158,92 x 76,91 x 8,10mm
Bobot Sekitar 168 g
Warna Aurora Blue, Midnight Black
Layar HUAWEI Dewdrop Display
  IPS LCD 6,26 inci
  19:09
  HD+ (1520×720)
Chipset Snapdragon 450
  4x Cortex-A55 @1.8GHz
  GPU: Adreno 506
Operation
System
Android P-based EMUI 9
RAM dan
Storage
3GB+32GB
Kartu
Memori
512GB via Micro SD Card
Kamera Belakang: 13MP + 2MP f/1.8 + AI
  Depan: 8MP
Dual SIM Ya
Baterai 4000mAh
Charging 5V/2A
Tipe charge USB 2.0

Kategori : Berita Teknologi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *