Raiffeisen Bank Austria Bekerja pada Ujicoba Mata Uang Digital Nasional

Pasang Iklan Disini

Sementara yurisdiksi global mengalami kemajuan dengan mata uang digital bank sentral, lembaga swasta juga bekerja untuk mendigitalkan mata uang nasional. Raiffeisen Bank International (RBI), sebuah bank besar Austria, sedang mengerjakan bentuk baru tokenisasi mata uang nasional menggunakan teknologi blockchain.

RBI memperluas kolaborasinya dengan perusahaan fintech Polandia-Inggris, Billon, setelah uji coba sukses transfer mata uang digital digital secara end-to-end.

Seperti yang diumumkan pada 18 Mei, RBI dan Billon sedang mengerjakan tahap awal platform tokenization RBI, saat ini dijuluki RBI Coin. Uji coba ini direncanakan akan dilakukan hingga akhir tahun 2020 dan dirancang untuk mempercepat transaksi antar bank lintas batas atau antar perusahaan dan meningkatkan manajemen likuiditas, kata perusahaan.

Menurut pengumuman itu, RBI Coin dari Raiffeisen ini dikembangkan oleh Billon sebagai bagian dari kolaborasi RBI-Billon sebelumnya, program Elevator Lab. Dilaporkan selesai pada 5 Maret, program Elevator Lab mengimplementasikan teknologi blockchain Billon untuk memungkinkan transaksi e-money dengan euro digital.

Jika berhasil, proyek percontohan diharapkan untuk diluncurkan di negara-negara Eropa Tengah dan Timur (CEE) operasi Raiffeisen, kata bank. Negara-negara itu antara lain Belarus, Republik Ceko, Polandia, Rusia, dan Ukraina.

Seorang juru bicara RBI menjelaskan kepada Cointelegraph bahwa bank masih mendiskusikan dengan bank-bank cabang di CEE untuk menentukan bank mana yang akan berpartisipasi dalam uji coba. “Kami percaya tes pertama akan mencakup transfer uang antara Austria dan anak perusahaan RBI di negara CEE lain,” kata perwakilan tersebut.

Bergantung pada negara mana yang bergabung dengan pilot, RBI Coin akan dipatok 1: 1 ke euro atau mata uang nasional lainnya yang beroperasi di negara tertentu. Juru bicara RBI mengatakan:

“Mata uang yang digunakan akan tergantung pada negara-negara yang terlibat dalam uji coba, sehingga platform ini dapat mencakup euro dan mata uang nasional lainnya juga.”

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *