Putin Punya Harta Karun Rp2.867 T, Tersembunyi di Laut Hitam?

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Putin Punya Harta Karun Rp2.867 T, Tersembunyi di Laut Hitam? Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropanya sudah mengumumkan sanksi baru terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. Ini akan menargetkan kekayaan pribadinya pasca serangan Kremlin ke Ukraina.

Putin sendiri diyakini memiliki miliaran dolar dalam kekayaan pribadi. Meski tidak ada yang tahu jumlah pasti kekayaannya.

Di atas kertas, pemimpin Rusia itu memang terlihat seperti seorang birokrat yang rendah hati. Pada tahun 2018, Putin mengajukan deklarasi pendapatan resmi yang menunjukkan bahwa ia memiliki apartemen seluas 800 kaki persegi di St. Petersburg, bersama dengan dua mobil era Soviet dan sebuah truk off-road.

Kremlin mengatakan pendapatan tahunan Putin sekitar US$ 140.000 (sekitar Rp 2 miliar). Namun ini berbanding terbalik dengan gaya fesyen Putin yang selalu menggunakan jam tangan mewahnya.

“Koleksi jam tangan Putin yang terlihat bernilai berlipat ganda dari gaji resminya… Kekayaan itu berasal dari pemerasan dan pencurian besar-besaran dari dana negara,” kata Bill Browder, investor di Rusia yang menjadi kritikus sengit terhadap Putin, dikutip dari CNN International.

Browder bersaksi di depan Senat AS pada tahun 2017 bahwa ia memperkirakan kekayaan pemimpin Rusia itu berkisar sekitar US$ 200 miliar (sekitar Rp 2.867 triliun). Ini dalam bentuk aset yang akan menjadikannya salah satu orang terkaya di planet ini.

Satu teori tentang kekayaan Putin menunjukkan bahwa dia telah mempersenjatai oligarki Rusia. Ia mengancam mereka dengan penangkapan kecuali mereka menyerahkan uang tunai atau saham di perusahaan mereka kepadanya.

Namun, melacak kekayaannya terbukti hampir mustahil. Majalah Forbes, yang menghitung kekayaan pribadi elit dunia, mengatakan mencari tahu kekayaan bersih Putin adalah “teka-teki yang paling sulit dipahami dalam perburuan kekayaan.”

Mengutip laporan “Panama Papers” tahun 2016 oleh International Consortium of Investigative Journalists, Putin hampir tidak meninggalkan jejak untuk asetnya, yang diyakini sebagian besar adalah properti. Rata-rata, tersembunyi di balik skema keuangan kompleks yang diselenggarakan oleh orang kepercayaannya.

Pria berusia 69 tahun ini diklaim memiliki kemewahan seperti mega-yacht senilai US$ 100 juta. Ia juga disebut memiliki istana di Laut Hitam yang diduga dibangun untuk penggunaan pribadi Putin.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220307081739-4-320453/putin-punya-harta-karun-rp2867-t-tersembunyi-di-laut-hitam

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *