Presiden ECB Lagarde Mendorong Pengembangan CBDC

Pasang Iklan Disini

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde, mendukung keterlibatan aktif bank dalam pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC) untuk mengatasi permintaan pembayaran lintas batas yang lebih cepat dan lebih murah.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah bisnis Perancis Tantangan yang diterbitkan pada 8 Januari, Lagarde membahas kemungkinan ancaman terhadap ekonomi global pada tahun 2020, di antaranya ia menyebutkan penurunan dalam perdagangan dan serangkaian ketidakpastian, risiko geopolitik, dan perubahan iklim.

Lebih jauh, Lagarde mencatat bahwa “Uni Eropa masih merupakan wilayah ekonomi dan perdagangan paling kuat di dunia, dengan potensi yang sangat besar.”

Ketika ditanya tentang pengabdian ECB untuk eksplorasi dan pengembangan CBDC, Lagarde menekankan permintaan mendesak untuk pembayaran cepat dan berbiaya rendah , bidang di mana dia melihat mengambil posisi terdepan, bukan sebagai pengamat yang tersisa dari dunia yang berubah. Karena itu, Lagarde berkata:

“ECB akan terus menilai biaya dan manfaat dari penerbitan mata uang digital bank sentral yang akan memastikan bahwa masyarakat umum tetap dapat menggunakan uang bank sentral bahkan jika penggunaan uang tunai fisik pada akhirnya menurun.”

Lagarde ingat bahwa bank terus memeriksa kelayakan dan manfaat CBDC karena alat pembayaran seperti itu dapat memberikan pengaruh pada sektor keuangan dan transmisi kebijakan moneter. Dia menetapkan bahwa ECB membentuk gugus tugas ahli yang diatur untuk bekerja sama dengan bank sentral nasional untuk memeriksa kelayakan CBDC kawasan euro.

Ketika ditanya tentang inisiatif saat ini untuk meluncurkan CBDC di ECB, seorang perwakilan mengatakan kepada Cointelegraph dalam istilah yang agak kabur bahwa:

“Kami sedang mengerjakan semua aspek CBDC, dengan analisis mendalam tentang biaya dan manfaat bentuk uang bank sentral yang baru. Butuh beberapa saat sebelum kita berkomunikasi dengan kesimpulan kita. “

Lagarde sebelumnya telah menunjukkan sikap bersahabat terhadap mata uang digital, setelah mengatakan pada Desember tahun lalu bahwa ECB harus berada di depan kurva mengenai permintaan untuk stablecoin.

September lalu, ketika Lagarde masih kepala Dana Moneter Internasional (IMF) dan calon untuk menjadi presiden ECB berikutnya, dia mengklaim bahwa dia akan fokus pada memastikan bahwa lembaga-lembaga segera beradaptasi dengan lingkungan keuangan yang berubah dengan cepat.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *