Prediksi Harga PS5 2020 Dan Perbandingan Dengan PS 4

Daftar Indodax

Sony baru saja memperkenalkan desain dari PlayStation 5 miliknya tanpa mengungkap berapa harga yang dibanderol konsol gaming tersebut.

Hal ini sangat disayangkan sejumlah penggemar Sony. Sebagian diantaranya berharap Sony bakal merilisnya dalam waktu dekat. Namun, hingga saat ini masih belum ada informasi apapun.

Lantas berapa harga dari PS 5?

Para ahli memprediksi PS 5 bakal dibanderol berkisar $ 499 atau setara Rp7 jutaan jika dihitung dengan kurs rupiah saat ini, sebagaimana dikutip dari Techradar, Minggu (14/6). Itu merupakan harga yang akan dijual versi reguler, bukan PS 5 edisi digital yang juga diumumkan Sony.

Khusus versi digital, diharapkan datang dengan harga yang lebih murah. Menurut ahli, prediksi ini diperkirakan sesuai dengan XBox digital edition yang memiliki banderol harga lebih murah sebesar $ 50 atau setara Rp700 ribuan.

Namun, Jim Ryan, Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment baru-baru ini mengisyaratkan bahwa label harga PS5 kemungkinan tidak menawarkan ‘harga terendah’ ​​dalam pertempuran melawan Xbox Series X.

Dalam kesempatan lain, Ryan juga mengatakan harga PS5 kemungkinan menjadi ‘hit’ signifikan bagi penghematan gamer. Meski begitu, perusahaannya tetap yakin dengan penjualan PS5 nantinya walau di tengah pandemi.

“Saya pikir cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memberikan proposisi nilai terbaik yang kami bisa. Saya tidak selalu berarti harga terendah. Nilai adalah kombinasi dari banyak hal. Di wilayah kami ini berarti permainan, itu berarti angka permainan, kedalaman gim, luasnya gim, kualitas gim, harga gim. semua hal ini dan bagaimana mereka memanfaatkan rangkaian fitur platform.” tutur Ryan.

 

Perbandingan Antara PS4 Dan PS5

Adapun, sejumlah peningkatan atau upgrade diberikan pada PS 5 untuk melampaui generasi sebelumnya yaitu PS 4.

Dilansir dari artikel Kompas.com berjudul “Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya?”, Peningkatan ini tercatat dari segi hardwarre yang lebih bertenaga, kecepatan waktu loading, dan mampu melahap resolusi gambar dengan lebih tinggi.

PS 5 ditenagai dengan dapur pacu 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GH.

Dapur pacu milik PS5 ini lebih tinggi daripada milik PS4 yang hanya ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz.

Dari segi kapasitas RAM (Random Access Memory), PS 5 memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingakn dengan seri terdulunya, yakni 16GB.

Penggunaan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops membuat kemampuan olah grafis di PS5 mendapatkan peningkatan besar.

Pada seri PS4, kemampuan olah grafis yang dimiliki hanya dilengkapi dengan GPU PS4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.

Dari segi penyimpanan internal yang dimiliki, PS5 juga telah menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4.

Penggunaan SSD ini membuat waktu loading game bisa dipersingkat.

Lead System Architect of PlayStation 5 Mark Cerny mengklaim bahwa, berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game. Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

Perbandingan Spesifikasi PS 5 vs PS4
Perbandingan Spesifikasi PS 5 vs PS4 (Kompas.com)

 

Setelah melihat prediksi harga PS5 2020 Dan Perbandingan Dengan PS 4 , Apakah kamu tertarik untuk membelinya ?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *