Polisi Australia Menemukan Sindikat Pencucian Uang Melalui Kripto

Dilansir dari Cryptopolitan, laporan terbaru mengungkapkan bahwa polisi Australia dan lembaga penegak hukum negara tersebut telah melacak sindikat pencucian kripto. Ada kelompok kriminal yang terlibat dalam pencucian uang melalui aset kripto yang tidak dapat dilacak. Aset itu mencakup mata uang kripto dan mata uang digital.
Sesuai dengan siaran pers oleh Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC), Polisi Federal Australia (AFP) sedang melakukan penyelidikan terkait dengan penipuan dan sindikat pencurian identitas. Telah diduga oleh para pejabat Australia bahwa sindikat tersebut membeli data identitas yang dicuri dari pasar darknet (jaringan gelap), dan kemudian digunakan untuk melakukan pengambilalihan identitas.
Selanjutnya, sindikat tersebut membuka rekening bank palsu yang berbeda di beberapa bank Australia. Sindikat itu diduga juga terlibat dalam kejahatan dunia maya. Sementara itu, mereka juga mencuri mata uang dari akun dana pensiun korban dan akun perdagangan saham di perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa sekuritas Australia atau ASX (Australian Securities Exchange).
Setelah melakukan perampokan, dana yang dicuri kemudian dicuci oleh sindikat tersebut melalui aset yang tidak bisa dilacak seperti perhiasan dan uang yang ditransfer kembali ke Australia sebagai mata uang kripto. Penjabat Komandan dan Manajer AFP, Chris Goldsmid, menyatakan bahwa keprihatinan utama ASIC mencakup ancaman keamanan siber seperti serangan sistem keuangan dan pelanggaran data.
Goldsmid lebih lanjut mengatakan bahwa departemennya akan memastikan untuk menangani kejahatan tersebut terkait dengan dunia maya dan superannuation di masa depan juga. Mereka juga akan memastikan bahwa lembaga-lembaga dapat mempertahankan ketahanan sibernya.
Penipuan mata uang kripto dan sindikat pencucian dengan kripto berada di daftar sasaran di seluruh dunia karena Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) juga mendorong negara-negara Eropa untuk memperkuat keamanan mereka. Selain itu, Australia memiliki sikap tegas terhadap pencucian uang dan kejahatan dunia maya.
Sumber: Cryptopolitan
Like this:Like Loading…

Related

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *