Piala Asia AFC 2019 Gunakan VAR

Daftar Indodax

Berita Bola, VAR, Liga Champions
Berita Bola – AFC akan perkenalkan sistem VAR di Piala Asia 2019 mendatang.

– Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berencana untuk memperkenalkan sistem Video Asisten Wasit (VAR) di putaran final Piala Asia tahun depan.

Liga kasta teratas di Spanyol, Italia dan Jerman saat ini telah menerapkan VAR, yang memungkinkan berbagai insiden menentukan dalam sebuah permainan ditinjau lewat tayangan ulang video, dan teknologi itu digunakan di Piala Dunia di Rusia tahun ini.

FIFA dan IFAB Setuju AFC Gunakan VAR

AFC mengaku telah dapat persetujuan Badan Sepakbola Dunia (FIFA) dan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) untuk gunakan VAR di ajang Piala Asia 2019 yang akan dimulai di Uni Emirat Arab pada 5 Januari.

“Sepakbola Asia bertekad merangkul teknologi demi kebaikan permainan, dan kami melihat pengenalan VAR di beberapa tahap selama kompetisi puncak AFC – Piala Asia AFC di Uni Emirat Arab,” demikian ungkap Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, dalam pernyataan resminya.

“Kami melihat VAR selama Piala Dunia 2018. Jelas bagi semua orang, perlu pelatihan dan investasi dalam fasilitas untuk pastikan sistem itu efektif serta menjadi tambahan positif untuk permainan,” lanjut pernyataan tersebut.

“Kami berterima kasih atas dukungan FIFA dan IFAB. Sekarang saya telah memastikan semua elemen logistik dan pengaturan praktis sudah ada, sehingga kami bisa memperkenalkan VAR untuk meningkatkan Piala Asia AFC,” ungkap presiden AFC.

Sistem VAR menggunakan wasit yang terlatih dengan akses ke monitor video, dan secara konstan akan berkomunikasi dengan para ofisial utama di lapangan serta dianggap sebagai alat dukungan yang efisien untuk wasit.

Piala Asia 2019 untuk pertama kalinya akan diikuti 24 negara, jumlah peserta bertambah dari empat kompetisi terakhir yang hanya diikuti 16 tim.

Advertisement

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *