Pesona Danau Siombak Membuat Anda Ketagihan Datang

Pesona Danau Siombak Membuat Anda Ketagihan Datang – Indonesia memang merupakan negara dengan sejuta pesona alam yang elok tiada habisnya, mulai dari Sabang sampai Merauke semua menyimpan pesona alam luar biasa. Begitu pula dengan Kota Medan di Sumatera Utara, juga menyimpan sejuta panorama alam yang indah dan menakjubkan salah satunya adalah Danau Siombak.

Lokasi danau ini tepatnya berada di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Medan, Propinsi Sumatera Utara. Danau ini, menurut cerita warga setempat merupakan danau buatan yang terbentuk dari bekas galian tanah pada tahun 1980-an karena adanya pengerjaan proyek pembuatan jalan tol yang dikenal dengan sebutan BELMERA yaitu Belawan–Medan–Tanjung Morawa.

 

Letak Keunikan Danau Siombak

Danau Siombak memiliki keunikan tersendiri yaitu terletak diantara dua sungai, Sungai Deli dan Sungai Terjun. Rasa air di kawasan danau ini merupakan air payau radak masam yang berwarna kehijauan namun jernih. Air danau berwarna hijau karena dasar dari danau ditumbuhi lumut dan ganggang hijau sehingga airnya danau berwana kehijauan namun bersih dan tidak bau.

 

Uniknya meski  air dari danau ini payau atau agak asin tapi tidak ditemui tanaman mangrove seperti muara pada umumnya. Pemandangan Di sana justru cenderung bersih dan luas, suasananya pun tenang karena Danau ini terletak jauh dari jalan raya sehingga terhindar dari keramaian sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata sembari mencari ketenangan jiwa.

 

Danau Siombak juga cukup luas yaitu sekitar 40 hektar dengan kedalaman danau kurang lebih 15 meter meski tak seluas Danau Toba yang terkenal itu tetapi wisata Danau Siombak tak kalah cantiknya. Bagi yang punya hobi memancing berwisata ke Danau ini merupakan pilihan yang tepat karena di sini Anda bisa memancing sepuasnya.

 

Fasilitas Wisata

Danau Siombak memiliki fasilitas wisata yang sudah cukup lengkap, berkonsep wisata keluarga di lingkungan danau ini sudah dilengkapi fasilitas seperti :

 

  • Pondok atau gazebo

Di sekeliling danau dibangun pondok = pondok kecil atau gazebo yang bisa digunakan oleh para pengunjung atau wisatawan untuk bersantai sembari menikmati keindahan pemadangan alam.

 

  • Kolam Pemancingan

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing tapi tidak ingin memancing di danau maka bisa memanfaatkan fasilitas kolam pemancingan yang sudah jelas pasti mendapatkan ikan. Di sini kita dapat memancing sepuasnya, dan ikan hasil pancingan bisa diolah dibakar atau digoreng cukup diserahkan pada pengelola kolam tersebut maka ikan hasil tangkapan siap diolah dan dinikmati.

 

  • Wahana Permainan Air

Di sini juga dilengkapi dengan wahana permainan air seperti sepeda air, paddle boat, perahu motor, perahu dayung, bebek sampan,  dan speed boat yang bisa Anda gunakan bersama keluarga untuk berkeliling mengitari danau menikmati keindahan pemandangan Danau Siombak.

 

  • Wahana Permainan Anak

Bagi Anda yang berwisata dengan keluarga tak perlu khawatir, di sini juga disediakan wahan permainan untuk anak – anak seperti kolam renang anak, komidi putar, dan area outbond.

 

  • Kafe dan Restoran

Menikmati indahnya alam di Danau ini tentu tak lengkap bila tanpa makanan. Anda dapat membeli makanan pada kafe – kafe dan restoran yang ada di sekitar danau ini. Tersedia aneka menu pilihan dengan harga yang cukup terjangkau.

 

  • Hotel  dan Penginapan

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota dan ingin menginap sehingga pengunjung  lebih lama bisa menikmati pemandangan Danau, maka carilah hotel atau penginapan di sekitar obyek wisata Danau Siombak sesuai budget dan pilihan Anda.

Danau ini kini tak hanya menyediakan fasilitas yang telah disebutkan di atas saja, tetapi kini juga menyediakan spot foto instagramable yang tentu sangat digemari oleh kaum muda milenial. Ada 10 spot foto kekinian sudah tersedia di Danau cantik tersebut.

Akses Tempuh Wisata Danau Siombak

Akses jalan menuju kawasan wisata ini tidaklah sulit, Anda cukup mengikuti Jalan Besar Marelan Raya, jalan terus lurus melintasi Pajak Marelan hingga bertemu dengan Gapura Museum Kota Cina. Tak jauh dari sana akan menjumpai Gapura Selamat Datang di Danau Siombak, setelah itu ambil akses jalan ke arah Jalan Pasar Nippon terus saja berkendara hingga ke ujung maka Anda akan menemukan kawasan wisata danau ini.

 

Bila Anda dari luar kota dan melakukan perjalanan ke Medan dengan jalur udara maka dapat menempuh akses jalan sebagai berikut, setelah tiba di Bandara Kuala Namu kita dapat berkendara dengan menempuh rute  Jalan Tol Medan menuju ke Jalan Tol Belmera lalu arahkan kendaraan ke Jalan KL Yos Sudarso kemudian Jalan Titi Pahlawan, ambil arah ke Jalan Pasar Nippon ikut jalan tersebut hingga Anda menemukan Kawasan Wisata Danau Siombak.

 

Selain dari Bandara, bagi yang menggunakan akses jalur laut juga dapat dengan mudah menuju ke kawasan wisata Danau ini yaitu dengan rute berikut Pelabuhan Pelabuhan Belawan – Jalan R. Pelabuhan lalu arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Tol Belmera kemudian menuju Jalan Raya Pelabuhan lalu Jalan Yos Sudarso kemudian Jalan Titi Pahlawan ambil arah menuju  Jalan Ps. Nippon, dari sini kita bisa berjalan lurus hingga ke ujung maka Anda akan menemukan Kawasan Wisata Danau Siombak.

 

Harga Tiket Masuk Danau Siombak

Harga tiket masuk ke kawasan wisata tidaklah mahal Anda cukup membayar sebesar Rp. 2.000 saja per orang dan ditambah biaya parkir Rp. 2.000 per kendaraan, sangat amat terjangkau untuk tiket kawasan wisata alam seindah Danau Siombak.

 

Bila Anda ingin menyewa pondok yang ada di sekitanya, cukup membayar sekitar 10 ribu hingga 20 ribu saja sudah bisa menikmati pemandangan alam di sekitar danau sembari bersantai di pondok.

 

Anda juga bisa menikmati pemandangan danau dengan berkeliling menggunakan perahau atau sampan yang sudah disediakan di area wisata  dengan membayar 15 ribu per orang. Ingin berkeliling dengan menggunakan speedboat juga bisa tetapi tarifnya agak lebih mahal sedikit dibandingkan dengan perahu yaitu sekitar 35 ribu per orang.

 

Kawasan Wisata danau ini memiliki jam buka yang terjadwal yaitu Hari Senin sampai Minggu mulai Pukul 8 pagi hingga 6 sore selebihnya kawasan ini akan ditutup dan tidak bisa diakses oleh para wisatawan.

 

Danau Siombak memang merupakan salah satu obyek wisata yang dapat Anda jadikan pilihan untuk berwisata dengan keluarga. Selain tempatnya masih alami dan bersih juga udara benar-benar sejuk dan jauh dari keramaian merupakan pilihan yang tepat untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga sembari menikmati panorama alam dengan keindahannya.

 

Sejenak Anda dan keluarga dapat melepas penat dari aktifitas serta kesibukan sehari – hari dengan sedikit menyisihkan waktu untuk menikmati alam, bersyukur untuk anugerah dan ciptaan Sang Maha Kuasa. Pilihan wisata ke Danau Siombak ini tentu adalah pilihan yang tidak merugikan, yuk silahkan mencoba!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *