Penyebab Tengah Bulan Kekurangan Padahal Rajin Menabung

Pasang Iklan Disini

WikimedanPenyebab Tengah Bulan Kekurangan Padahal Rajin Menabung. Semua orang tentu punya versi yang berbeda soal cara menabung yang baik. Namun realitanya tidak menutup kemungkinan di pertengahan bulan uang yang mereka miliki sudah habis tak bersisa. Apa penyebabnya?

Jika Anda sering mengalami hal ini, besar kemungkinan ada beberapa faktor dari diri sendiri atau orang lain yang menjadi penyebabnya.

Ketimbang Anda menerka-nerka kemana larinya uang Anda, bisa jadi tiga hal ini adalah penyebab Anda sulit menabung.

Tidak punya tujuan menabung

Jika alasan Anda dalam menabung hanya karena Anda ingin punya uang di rekening, maka jangan salahkan siapapun jika tabungan Anda mudah hilang begitu saja.

Menabung sejatinya adalah aktivitas mengumpulkan uang untuk tujuan jangka pendek, sebut saja untuk jangka waktu satu hingga tiga tahun.

Ketika Anda tidak memiliki tujuan dalam menabung, maka besar kemungkinan uang tabungan Anda tanpa disadari akan terpakai untuk hal yang bukan menjadi kebutuhan Anda.

Bisa saja, saat teman tiba-tiba mengajak pergi traveling dan Anda merasa punya uang yang cukup banyak, maka Anda pun akan menggunakan uang di tabungan Anda untuk pergi bersama teman Anda. Tanpa disadari uang itu pun habis.

Hobi mengalahkan segalanya

Apapun yang namanya hobi atau kesenangan, tentu berpotensi membuat Anda merelakan kesehatan keuangan. Pasalnya, kita rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang gak sedikit untuk hal yang satu ini.

Mereka yang hobi baca mungkin akan menghabiskan uangnya untuk beli buku. Mereka yang hobi olahraga akan mengoleksi pakaian dan aksesoris olahraga, belum lagi ada pengeluaran berupa membership gym atau pusat kebugaran. Begitu pun dengan hobi lainnya.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa melakukan pembatasan pengeluaran untuk hobi. Sebut saja dalam sebulan Anda hanya akan menyisihkan 10% dari penghasilan untuk pengeluaran ini.

Satu rekening untuk semua

Sejatinya, tidak salah untuk memiliki satu rekening untuk seluruh pengeluaran bulanan, asalkan Anda disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Jika Anda merasa aktivitas pencatatan keuangan rutin cukup membosankan, maka bukalah rekening bank lain dan gunakan rekening tersebut untuk pengeluaran yang berkaitan dengan keinginan atau yang lain.

Itulah tiga hal yang bisa jadi penyebab utama kenapa Anda sulit menabung. Mulai dari sekarang, Anda bisa belajar untuk memperbaiki kebiasaan menabung Anda diawali dengan menentukan tujuan terlebih dulu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *