Pengiriman Smartphone Bekas Mencapai 225 Juta Unit Secara Global di 2020


Jakarta, Wikimedan Kehadiran smartphone baru rupanya tak menggerus pasar ponsel bekas. Tercatat pengiriman smartphone bekas secara global cukup masif.

Menurut laporan terbaru dari IDC, pengiriman smartphone bekas secara global diperkirakan mencapai 225,5 juta unit. Ini adalah rekor yang dicatatkan tahun lalu, 2020. Dibandingkan dengan 2019, pengiriman smartphone bekas global meningkat sebesar 9,2%.

IDC menyatakan penjualan smartphone bekas pada tahun 2020 lebih rendah dari perkiraan. Namun, melihat pasar smartphone secara umum, pasar barang bekas masih berjalan dengan baik. Apalagi, akibat dampak pandemi virus corona, IDC memprediksi pasar ponsel baru justru akan turun 6,4% pada 2020.

IDC mengatakan bahwa sebagian besar pertumbuhan yang diharapkan dari smartphone bekas didorong oleh fakta bahwa kebijakan lama untuk produsen ponsel mendorong semakin banyak konsumen untuk menggunakan ponsel lama untuk mengimbangi biaya ponsel baru yang mahal.

Baca juga: HP dengan Snapdragon 460 Termurah

Perlu dicatat bahwa 225,5 juta smartphone bekas termasuk ponsel rekondisi resmi dan ponsel bekas untuk dijual, seperti dikutip dari Gizchina, Jumat (8/1/2021). IDC juga memprediksikan pada tahun 2024 pengapalan global smartphone bekas akan meningkat jauh mencapai 351,6 juta unit.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *