Penampakan Berlian Pink dari Afrika, Terbesar dalam 300 Tahun

Wikimedan.com – Penampakan Berlian Pink dari Afrika, Terbesar dalam 300 Tahun. Sebuah berlian pink raksasa 170 karat telah ditemukan di Angola, Afrika Tengah. Berlian langka ini diklaim sebagai batu permata terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun.

Dijuluki “Lulo Rose,” berlian itu ditemukan di tambang berlian aluvial Lulo milik Lucapa Diamond Company.

“Hanya satu dari 10.000 berlian yang berwarna pink. Jadi, Anda pasti melihat artikel yang sangat langka ketika menemukan berlian merah muda yang sangat besar,” kata CEO Lucapa Stephen Wetherall, dikutip dari The Associated Press, Rabu (28/7/2022).

Batu permata merah muda itu diperkirakan akan bernilai tinggi saat dilelang, tetapi Wetherall mengaku tidak tahu berapa harga yang pantas untuk berlian raksasa tersebut karena keindahan warnanya.

Lulo adalah tambang aluvial di mana penambang mengambil batu dari dasar sungai. Perusahaan Lucapa sedang mencari deposit bawah tanah, yang dikenal sebagai pipa kimberlite, yang akan menjadi sumber utama berlian.

“Kami sedang mencari pipa kimberlite yang membawa berlian ini ke permukaan,” kata Wetherall.

Sekitar 400 staf dipekerjakan di tambang Lulo. Mereka telah menemukan dua berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola, termasuk berlian bening 404 karat.

Adapun berlian pink “Lulo Rose” adalah berlian terbesar kelima yang ditemukan di tambang tersebut. Mereka sebelumnya juga telah menemukan 27 berlian 100 karat atau lebih.

Berlian merah muda itu akan dijual melalui tender internasional oleh perusahaan pemasaran berlian di Angola, Sodiam. Tambang Angola menjadikannya salah satu dari 10 produsen berlian teratas dunia.

Berlian pink “Lulo Rose” yang langka termasuk dalam kategori raksasa karena ukurannya. Namun, ada banyak berlian bening yang ukurannya lebih besar.

Berlian Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 memiliki timbangan 3.106 karat dan sekarang menghiasi Tongkat Kerajaan Inggris.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220728094205-33-359218/penampakan-berlian-pink-dari-afrika-terbesar-dalam-300-tahun

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *